Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

Keluarga Sehat, kolesterol tinggi adalah ancaman yang tak terlihat dan butuh cara mengatasi kolesterol. Pada sadarnya kolesterol dibutuhkan tubuh, hanya saja jika tidak seimbang antara kolesterol jahat dan kolesterol baik maka efeknya tak bagus untuk tubuh. Untuk kadar idealnya, anak sampai 19 tahun adalah kurang dari 170 mg/dL. Sementara orang dewasa, maka angka kadar kolesterol total normalnya berkisar antara 125–200mg/dL.

Mengatasi Kolesterol dengan Cara yang Benar

Supaya bisa menyeimbangkannya, maka penerapan gaya hidup sehat sangat penting. Sebab ada banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka diancam kolesterol. Sehingga banyak yang baru menyadari hal itu setelah terkena penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi. Di bawah ini adalah perubahan gaya hidup yang bisa dilakukan :

Rutin Berolahraga

Kita harus melakukan olahraga ringan secara rutin setiap harinya, jadi total 2,5 jam dalam seminggu minimal. Itu bisa meningkatkan kolesterol baik dan turunkan kolesterol jahat lho. Contoh olahraga yang bisa dilakukan adalah berenang, bersepeda, dan juga jalan cepat.

Hentikan Merokok

Kita harus tahu jika kandungan zat kimia yang ada dalam rokok mampu tingkatkan kolesterol jahat. Jadi untuk perokok aktif, baiknya hentikan merokok sekarang juga dan terapkan saja pola hidup sehat. Kelak, kadar kolesterol jahat akan turun dan risiko penyakit yang disebabkan kolesterol tinggi pun bisa dihindari.

Pilih Makanan dengan Lemak Baik

Cara yang bisa digunakan untuk mengatasi kolesterol tinggi antara lain adalah konsumsi makanan seperti walnut dan almond, ikan dengan omega tiga dan lainnya yang mengandung lemak baik. Bisa juga memilih buah beri dan anggur, cokelat hitam atau mengonsumsi gandum.

Hindari Makanan yang Berlemak

Adapun jenis makanan yang wajib dihindari adalah makanan yang banyak lemak trans di dalamnya. Yakni lemak tak jenuh yang akan membuat kadar kolesterol baik jadi turun, dan kolesterol jahat pun naik. Misalnya adalah makanan fast food yang digoreng, keripik kentang, pizza, sosis, biskuit dan makanan yang digoreng ulang.

Pilih Minyak Goreng yang Aman

Karena memilih minyak goreng pun menjadi salah satu kriteria pemilihan jenis dan bahan makanan yang sehat. Sebab minyak yang salah bisa tingkatkan kolesterol lho. Yang harus jadi perhatian adalah titik asap yang dimiliki oleh merk minyak itu sendiri. Jika ingin makanan yang digoreng, maka pastikan minyak gorengnya memiliki titik asap yang tinggi alias tahan suhu yang panas. Nah jenis minyak yang tahan panas adalah minyak kedelai dan mengandung asam lemak tak jenuh dan fitosterol, di mana bisa turunkan kolesterol kita.

Mengatasi kolesterol bisa dilakukan dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, sama halnya dengan penderita diabetes dan obesitas. Terapkan gaya hidup yang sehat, makan makanan yang bergizi, lakukan olahraga yang teratur dan jangan lupa bahagia. Karena kolesterol bisa tanpa gejala, maka selalu rutin dalam mengontrol kolesterol ke dokter, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.