13 Cara Mengatasi Nyeri Haid yang Berlebihan

cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan

Perempuan seringkali merasakan sakit saat tiba masa haid. Nyeri haid yang dirasakan diantaranya yakni rasa kram. Rasa kram tersebut sering dirasakan di bagian bawah perut. Rasa kram tersebut kadang muncul menjelang haid atau saat haid. Dalam beberapa kasus, ada beberapa perempuan yang merasa sakit hingga tingkat yang lebih parah bahkan menggangu aktivitas sehari-hari. Terdapat beberapa cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan dengan melakukan beberapa cara atau mengonsumsi obat secara herbal. Nyeri pada saat haid dapat muncul karena adanya kontraksi pada otot rahim. Otot rahim melepaskan lapisan di dalam dinding rahim. Kontraksi yang terjadi menimbulkan penjepitan pada pembuluh darah. Sehingga mengakibatkan pasukan oksigen ke rahim menjadi kurang. Hal tersebut juga membuat munculnya rasa kram dan nyeri.

Cara mengatasi nyeri haid

Cara mengatasi nyeri haid dapat dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang mengonsumsi obat herbal, obat dari dokter, dan beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri haid yakni:

.

advertisement

  • Cara mengatasi nyeri haid dengan air hangat

Anda dapat mengurangi rasa nyeri akibat kram haid dengan mudah. Suhu hangat pada air dapat membuat pembuluh darah lebih lebar dan menjadikan aliran darah dan oksigen dapat lebih lancar mengalir ke rahim. Dengan mengompres menggunakan air hangat dipercaya dapat membuat otot yang kaku dan tegang menjadi lebih lemas. Anda dapat merendam kain atau handuk dengan air hangat. Kemudian memeras handuk tersebut dan menempelkannya pada perut anda. Atau anda dapat menaruh air hangat pada botol, lalu melapisinya menggunakan kain dan menempelkannya pada bagian perut bawah yang mengalami kram.

  • Cara mengatasi nyeri haid dengan Minum teh dan jahe

Nyeri haid dapat diredakan dengan mengonsumsi bahan alami dari tumbuhan seperti jahe. Jahe dipercaya memiliki zat antiperadangan yang dapat mengurangi nyeri dan peradangan. Sehingga dengan mengonsumsi teh jahe ini dapat menyembuhkan rasa nyeri karena haid. Anda hanya perlu menyeduh teh dengan air hangat dan memasukkan potongan jahe ke dalamnya. Jika ada, anda juga dapat menambahkan madu ke dalamnya.

 

Cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan

Anda tidak perlu lagi merasa bingung saat haid tiba. Rasa sakit atau nyeri pada bagian perut bawah dapat diatasi dengan beberapa cara. Sebelum memilih mengonsumsi obat0obatan dari dokter anda dapat melakukan tips-tips berikut untuk meredakan gejala haid. Cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan sebagai berikut:

  • Mengonsumsi teh chamomile

Teh chamomile terbukti memiliki kandungan hippurate yang bermanfaat untuk mengatasi peradangan. Teh chamomile dipercaya dapat meringankan nyeri saat haid. Sehingga anda yang sering merasakan nyeri saat haid direkomendasikan untuk mengonsumsi teh chamomile. Hippurate pada teh chamomile juga dapat meredakan prosuksi prostagladin sehingga nyeri haid dapat teratasi.

  • Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan magnesium

Saat nyeri haid melanda, anda disarankan banyak mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan magnesium. Magnesium pada makanan dapat meringankan nyeri dan mengatur fungsi otot dan syaraf.

  • Menjaga pola makan

Saat haid datang, jagalah pola makan agar tidak merasakan nyeri haid yang berlebih. Hindari makanan yang mengandung lemak dan perbanyak mengonsumsi sayuran agar nyeri yang anda rasakan menghilang.

  • Mengonsumsi suplemen

Saat haid tiba anda disarankan untuk mengonsumsi vitamin D, vitamin B1, vitamin B6, vitamin E dan omega 3. Kandungan zat-zat tersebut dapat meredakan nyeri haid yang anda alami.

 

Cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan secara alami

Meredakan nyeri haid dapat dilakukan dengan cara alami. Tidak selalu harus mengandalkan obat-obatan dari dokter. Anda dapat melakukan beberapa cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan secara alami sebagai berikut:

  • Terapi pijat

Anda dapat melakukan terapi pijat secara sederhana pada bagian perut bawah dan punggung yang merasa nyeri. Memijatnya dengan perlahan dan dengan cara memutar perlahan-lahan dipercaya akan mengurangi nyeri haid. Selain itu, cobalah untuk tidur terlentang sembari menaikkan kedua kaki ke atas. Anda juga bisa berbaring agak miring dan menekuk kedua lutut untuk meredakan nyeri haid secara alami.

  • Mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi

Saat haid anda direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3, vitamin B kompleks dan menghindari makanan berlemak. Dengan mengonsumsi makanan bergizi tersebut nyeri haid akan mereda. Hindari juga mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok. Sebab hal tersebut dapat membuat nyeri haid semakin parah.

  • Melakukan olahraga

Saat haid datang, anda hendaknya tetap harus berolahraga. Biasanya saat haid akan membuat seseorang malas beranjak dari kasur. Namun saat anda berolahraga, rasa nyeri haid justru akan mereda. Hormon endorfin akan keluar saat anda berolahraga sehingga rasa nyeri pun akan hilang. Anda dapat berolahraga dengan melakukan jogging, yoga, renang dan bersepeda.

Cara mengatasi nyeri haid 

Cara mengatasi sakit menstruasi dapat dilakukan untuk membuat rasa nyeri anda berkurang. Anda dapat melakukan akupuntur saat nyeri haid tiba. Akupuntur dapat meringankan nyeri tanpa mengonsumsi obat. Kram saat haid pun dapat diatasi dengan akupuntur. Selain melakukan akupuntur, anda harus mengurangi timbulnya rasa stres berlebihan. Stres yang berlebihan terutama saat haid datang justru akan membuat parah kram yang anda alami. Hindari stres dapat anda lakukan dengan mudah, contohnya dengan mendengarkan musik, menonton film, jalan-jalan atau bahkan dengan yoga dan meditasi.

Cara mengatasi nyeri haid secara alami

Cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan bisa menggunakan cara yang alami. Cara mengatasi nyeri haid secara alami dapat dilakukan dengan mudah dan di mana saja. Jika anda merasakan kram berlebihan maka segera lakukan beberapa tips berikut:

  • Menggunakan aromaterapi

.

advertisement

Anda tidak perlu mengonsumsi obat saat nyeri haid datang. Gunakan aromaterapi sebagai langkah alami yang dapat anda lakukan. Gosokkan minyak aromaterapi pada bagian tubuh yang nyeri dan kram.

  • Perbanyak minum air putih

Dehidrasi dapat terjadi saat anda haid, dan hal tersebutlah yang membuat nyeri haid semakin parah. Dengan mengonsumsi air putih secara cukup anda akan terhindar dari nyeri saat haid.

  • Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi

Konsumsilah makanan yang mengandung zat besi. Karena dengan demikian dipercaya dapat meredakan nyeri haid. Anda dapat mengonsumsi ubi merah, kacang-kacangan dan bayam saat haid. Zat besi pada makanan juga dapat menghindarkan anda dari anemia.

Cara mengatasi nyeri datang bulan

Cara mengatasi nyeri datang bulan dapat dilakukan dengan mengonsumsi ibuprofen. Ibuprofen dipercaya dapat digunakan untuk meredakan nyeri saat haid datang. Ibuprofen memiliki kandungan yang dapat menurunkan hormon prostaglandin yang membuat seseorang merasa kram perut. Namun apabila anda memiliki riwayat asam lambung lebih baik tidak mengonsumsi ibuprofen. Selain itu, bagi anda yang mengalami gangguan hati dan ginjal juga tidak disarankan mengonsumsi obat ini. Anda juga dapat mengonsumsi naproxen sebagai salah satu obat NSAID yang dapat menghilangkan nyeri saat haid. Kandungan dalam naproxen dapat meredakan hormon prostaglandin yang menjadi sebab peradangan dan memicu nyeri kram saat haid.

Mengatasi nyeri haid yang berlebihan

Tak perlu lagi khawatir untuk dapat mengatasi nyeri haid yang berlebihan. Anda hanya perlu mengoleskan essensial oil pada area bawah perut yang mengalami kram. Pijatan yang anda lakukan harus pelan-pelan dan halus. Hal tersebut dikarenakan menekan terlalu keras dapat menimbulkan kontrasi pada otot perut. Selanjutnya apabila nyeri haid atau kram dirasa tak kunjung mereda anda dapat mengonsumsi NSAID untuk dapat meredakan sakit perut yang berlebihan seperti ibuprofen.

Penyebab sakit haid yang berlebihan

Penyebab sakit haid yang berlebihan dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Jika rasa sakit yang berlebihan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari ada baiknya anda periksakan ke dokter. Karena terdapat beberapa penyebab sakit haid seperti berikut:

  • Endometriosis

Sebuah kondisi yang membuat jaringan yang melapisi rahim tumbuh di daerah lain di luar rahim. Gejala yang sering muncul adalah nyeri pada panggul dan periode haid yang lebih dari tujuh hari.

  • Sindrom PCOS

Sindrom ini merupakan kelainan pada hormon yang menyerang perempuan pada masa subur. Gejalanya ditandai dengan jerawat, berat badan yang meningkat dan periode haid yang panjang.

Cara-cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan seperti di atas dapat anda lakukan dengan teknik yang sederhana. Anda tidak perlu khawatir hingga mengonsumsi obat-obatan. Namun, jika telah melakukan cara-cara di atas nyeri haid belum teratasi dan semakin parah. Anda lebih baik segera mendatangi dokter terdekat untuk mencegah hal buruk terjadi.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.