Cara Mengatasi Perut Kembung

Keluarga Sehat, pasti pernah merasakan perut kembung bukan? Bagaimana cara mengatasi perut kembung? Ada beberapa kondisi yang menyebabkan perut kembung, contohhnya seperti maag, dan masuk angin, bahkan juga kekurangan enzim. Kemudian bagaimana cara untuk mengatasi perut kembung?

Saat saluran pencernaan terisi udara atau gas yang berlebihan, maka menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Juga bisa menyebabkan perut terasa lebih besar.

Apa Penyebab Perut Kembung?

Umumnya perut kembung disebabkan karena kebiasaan yang bahkan tak sengaja dilakukan. Misalnya makan terlalu cepat dan terlalu banyak. Bisa juga karena tiduran setelah banyak makan, konsumsi makanan yang berlemak dan pedas, minum pakai sedotan dan bahkan mengenakan gigi palsu yang longgar.

Bisa juga disebabkan oleh gangguan kesehatan, dan beberapa di antaranya adalah :

Maag

Dispepsia atau Indigestion, kondisi yang membuat penderitanya merasa nyeri secara terus menerus di bagian perut atas dan berulang-ulang. Sakit maag akan menyebabkan perut kembung dan mual, bahkan sampai muntah. Ada beberapa gejala maag lainnya misalnya cepat merasa kenyang saat makan, walau baru makan sedikit. kerongkongan terasa sakit dan juga sendawa terus menerus.

Masuk angin

Walau sebenarnya masuk angin tidak ada dalam istilah dunia medis, namun banyak orang percaya jika angin terlalu banyak masuk ke dalam tubuh maka terjadi masuk angin. Jika terlalu banyak menelan udara saat makan, bicara, minum dan tertawa, dalam istilah medis disebut aerofagia. Adapun gejalanya hampir sama dengan maag, jadi bersendawa berkali-kali, nyeri perut dan kembung.

Bagaimana Cara Mengatasi Perut Kembung?

Di bawah ini adalah cara mengatasi perut kembung yang bisa dilakukan di rumah, apa saja?

Makan perlahan dan dalam jumlah yang wajar. Jangan terlalu cepat, kunyah perlahan dan pastikan makanan benar-benar lumat sebelum ditelan.

Jangan terlalu sering makan permen karet, atau makan sambil bicara dan jangan minum menggunakan sedotan karena bisa membuat perut kembung

Jangan mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan gas alami, misalnya kacang-kacangan dan kubis, serta minuman yang bersoda.

Intoleran laktosa? Sebaiknya pilih olahan susu yang tidak mengandung laktosa ya! Ada banyak di pasaran, jika perlu konsultasi pada dokter.

Konsumsi minuman probiotik

Jangan merokok

Jika harus mengenakan gigi palsu, pastikan ukurannya pas supaya tidak ada sela-sela gusi dan gigi yang bercelah untuk masuk udara

Tak hanya dengan cara di atas, cara mengatasi perut kembung lainnya adalah dengan mengonsumsi jahe dan kunyit yang direbus. Boleh juga dengan mengonsumsi buah nanas karena mengandung enzim bromelain yang bisa atasi perut kembung.

Leave A Reply

Your email address will not be published.