13 Cara Mengatasi Sakit Perut yang Tak Kunjung Sembuh

Cara mengatasi sakit perut yang tak kunjung sembuh

Cara mengatasi sakit perut yang tak kunjung sembuh tak selalu dengan mengonsumsi obat. Sakit perut pun memiliki banyak penyebab. Sakit perut dapat disebabkan karena gangguang pencernaan seperti diare, maag, atau masalah pada usus besar. Gejala sakit perut pun beragam, ada yang nyeri ekstrem yang tiba-tiba seperti tertekan atau nyeri tajam. Gejala seperti itu biasanya disebabkan karena adanya batu ginjal,batu empedu atau usus buntu. Selain itu, adapula sakit perut yang diikuti oleh mual dan muntah. Biasanya disebabkan oleh infeksi dari bakteri, virus ataupun parasit. Namun, apabila sakit perut disertai penurunan berat badan drastis bisa saja karena radang pankreas atau bahayanya terdapat sel kanker pada saluran pencernaan. Adapula sakit perut yang diikuti oleh demam di atas 38 derajat celsius. Hal tersebut juga menandakan anda terinfeksi bakteri ataupun virus. Apabila sakit perut disertai dengan BAB berdarah anda sebaiknya segera menghubungi dokter. Hal tersebut bisa menandakan adanya pendarahan dalam sistem pencernaan anda. Pendarahaan pada pencernaan anda bisa disebabkan oleh radang usus atau tukak lambung.

Cara mengatasi sakit perut yang tak kunjung sembuh

Cara mengatasi sakit perut yang tak kunjung sembuh dapat anda lakukan dengan langkah sebagai berikut:

  • Mengonsumsi jahe

Jahe merupakan bahan alami yang biasanya digunakan untuk mengatasi masalah pada pencernaan manusia. Jahe memiliki kandungan gingerol dan shogaols yang bisa membantu menghilangkan rasa mual dan menghentikan diare. Anda dapat mengonsumsinya dengan cara diminum ataupun dicampurkan pada makanan.

  • Diet BRAT

Diet ini direkomendasikan bagi seseorang yang sedang mengalami diare. BRAT merupakan singkatan dari Banana, Rice, Applesauce and Toast. Anda sebaiknya menghindari makanan yang memiliki kandungan tepung seperti BRAT tersebut untuk membantu mengikat makanan. Dengan demikian, jumlah feses yang dikeluarkan seseorang akan menurun sehingga membantu menyembuhkan diare. Diet BRAT akan membantu anda dari makanan yang dapat membuat iritasi tenggorokan, lambung, dan usus. Makanan saat diet BRAT biasanya mengandung makanan yang kaya akan magnesium dan potasium sehingga dapat mengganti makanan yang terbuang karena muntah atau diare.

  • Menjauhi rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol merupakan hal yang sebaiknya tidak anda konsumsi. Apalagi bagi anda yang menderita asam lambung. Alkohol menyebabkan kerusakan pada organ hati dan lapisan dalam lambung anda.

  • Menjauhi makanan yang sulit untuk dicerna

Makanan yang sulit dicerna justru dapat memperparah sakit perut yang anda derita. Makanan yang digoreng dan terlalu berlemak pun membuat perut anda semakin sakit.

Cara mengatasi perut yang sakit

cara mengatasi sakit perut yang tak kunjung sembuh dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana. Simak beberapa langkah yang bisa anda lakukan:

  • Teh kamomil

Anda dapat memilih teh kamomil untuk menghentikan sakit perut yang anda alami. Ada juga kamomil dalam bentuk suplemen yang dapat anda konsumsi lebih praktis.

  • Pepaya

Apabila sakit perut yang anda derita karena susah buang air besar, anda bisa mengonsumsi pepaya untuk mengatasinya. Enzim yang ada di dalam pepaya dapat mengatasi sembelit yang anda derita.

  • Pisang hijau

Pisang hijau dipercaya dapat mengayasi diare pada seseorang. Pisang memiliki kandungan yang dapat mengatasi diare pada sistem pencernaan anda. Kalium, folat, dan vitamin B6 yang ada pada pisang dapat menghilangkan kejang otot, nyeri, dan kram perut.

Cara mengatasi sakit perut berhari hari

Cara mengatasi sakit perut berhari hari dapat dilakukan dengan mengonsumsi bahan-bahan alami yang ada di sekitar anda. Simak beberapa bahan yang dapat anda konsumsi berikut:

  • Kayu manis

Kayu manis dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang dapat melancarkan sistem pencernaan anda. Selain itu, kayu manis dapat mencegah iritasi dan kerusakan pada sistem saluran cerna anda. Kayu manis mengandung Eugenol Cinnamaldehyde Linalool Kamper yang dapat menghentikan kram perut, kembung dan produksi gas berlebih. Zat tersebut bahkan bisa membuat asam lambung menjadi netral. Lakukan setiap hari secara rutin untuk mengatasi sakit perut anda.

  • Cengkeh

Cengkeh terbukti dapat menghilangkan gas yang ada dalam lambung. Cengkeh juga dapat membantu pencernaan yang lambat, sehingga bisa menghilangkan tekanan pada perut.  Anda hanya perlu menambahkan cengkeh pada segelas air hangat untuk menyembuhkan sakit perut anda.

  • Jus lidah buaya

Lidah buaya dapat membantu pergerakan usus dan membuang racun, menyembuhkan peradangan dan menjaga keseimbangan bakteri. Orang dengan gejala asam lambung bisa mengonsumsi jus lidah buaya untuk mencegah refluks gastrointestinal.

Cara mengatasi sakit perut hilang timbul

Cara mengatasi sakit perut hilang timbul dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah. Simak beberapa langkah berikut:

  • Mengompres dengan air panas

Anda dapat menaruh kain yang telah dicelupkan di air hangat atau menaruh botol berisi air panas dan meletakknya di perut yang sakit. Hal ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri pada perut. Air panas tersebut dapat melancarkan aliran darah yang ada di permukaan kulit. Sehingga, dapat mengurangi rasa nyeri di perut.

  • Memijat kaki

Anda dapat mencoba melakukan beberapa pijitan di kaki. Pijat kaki kiri dan telapak kanan anda lalu berikan tekanan perlahan-lahan. Syaraf yang ada di dalam tubuh akan merasa rileks ketika mendapat pijitan di titik tersebut. Untuk bagian perut tepatnya di lengkungan tengah pada kaki kiri. Anda bisa menggerakkan maju dan menekan satu titik. Kemudian gerakkan ke arah depan. Anda bisa mengulanginya pada kaki dan tangan kanan.

  • Makan-makanan hambar

Saat perut sakit, sebaiknya anda mengonsumsi makanan yang terasa hambar. Contohnya saja seperti pasta, bubur, oatmeal dan roti. Anda harus menghindari mengonsumsi makanan pedas, perasa dan bumbu penyedap yang berlebihan. Hindari juga memakan makanan yang tinggi lemak, karena bisa memicu mual dan makanan bisa kembali naik ke tenggorokan sehingga menyebabkan muntah.

  • Konsumsi yoghurt

Anda bisa mengonsumsi yoghurt untuk mencegah kram perut terus berlanjut. Bakteri baik yang ada di dalam usus bisa anda dapatkan dari yoghurt. Dengan mengonsumsi yoghurt dapat diharapkan mampu memperbaiki kondisi pencernaan anda.

  • Konsumsi air putih

Saat anda diare, anda harus mengonsumsi banyak air putih untuk menggantikan cairan yang hilang dari tubuh anda. Jika tidak, anda akan dehidrasi dan lemas. Hal tersebut akan berakibat buruk. seseorang yang kehilangan cairan dalam jumlah banyak membuat tubuh tidak terhidrasi dengan baik. Sehingga dengan mengonsumsi air putih diharapkan mampu mengembalikan cairan yang hilang saat anda mengalami sakit diare tersebut.

 

cara mengatasi sakit perut yang tak kunjung sembuh seperti di atas dapat anda lakukan untuk meredakan sakit. Anda dapat melakukannya secara rutin hingga sakit perut mereda. Namun, apabila sakit perut anda sudah berlangsung lebih dari seminggu sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Anda akan diberikan terapi obat yang sesuai agar sakit perut anda segera teratasi.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.