15 Cara Mengatasi Selangkangan yang Gatal dan Hitam

Cara Mengatasi Selangkangan yang Gatal

 

Cara mengatasi selangkangan yang gatal dapat dilakukan dengan berbagai langkah. Anda juga bisa memanfaatkan berbagai bahan alami yang ada di sekitar anda atau di rumah. Namun ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu penyebab selangkangan anda menjadi gatal. Sebab jika anda memberi pengobatan yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan penyebabnya, maka kesembuhannya akan lama. Penyebab selangkangan gatal bisa disebabkan karena area selangkangan sangat lembab. Selangkangan menjadi salah satu bagian tubuh yang jarang terkena udara dan sinar matahari. Terutama saat haid, bagian tersebut akan lebih sering memakai lebih dari satu lapisan pakaian. Apabila anda tidak membersihkannya dengan rajin makanarea tersebut akan sering berkeringat dan menjadi sangat lembab. Terlebih ditambah dengan rambut di kemaluan yang sangat mudah menjadi sarang kuman, sel kulit mati juga keringat. Hal tersebut bisa menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit. Sehingga jika muncul ruam dan gatal-gatal hingga mirip kulit yang bersisik. Selangkangan juga rentan dihinggapi jamur karena jamur mudah hidup di area yang lembab.

Cara mengatasi gatal pada selangkangan

Cara mengatasi gatal pada selangkangan bisa dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

  • Mengompres menggunakan air

Sebelum anda memutuskan untuk pergi ke dokter, ada baiknya anda mencoba beberapa langkah alternatif dengan mengompres memakai air. Sebab ada beberapa masalah gatal pada selangkangan yang bisa hilang dengan beberapa pengobatan alami. Anda bisa mengompres selangkangan yang gatal menggunakan es batu. Hal tersebut menjadi pilihan perawatan yang dapat anda lakukan untuk menyembuhkan iritasi, gatal dan perih pada kulit anda.

  • Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini memang dinilai memiliki segudang manfaat yang dapat anda manfaatkan. Salah satunya dapat mengobati gatal pada selangkangan anda. Bawang putih memiliki senyawa antiinflamasi yang dapat menyembuhkan berbagai masalah peradangan yang ada di tubuh manusia. Hal itu mencangkup menyembuhkan infeksi yang terjadi pada selangkangan anda. Bawang putih terbukti dapat mematikan bakteri dan kurap seperti candida dan trichophyton pada selangkangan anda. Anda hanya perlu mengaplikasikan bawang putih yang telah dihancurkan pada kulit yang gatal dan ruam. Anda bisa mengombinasikannya menggunakan minyak kelapa dan minyak zaitun. Lakukan perawatan ini dengan rutin hingga gatal pada selangkangan sembuh.

Cara mengatasi selangkangan yang gatal

Cara mengatasi selangkangan yang gatal dapat dilakukan dengan bahan sederhana seperti:

  • Memanfaatkan aloevera

Lidah buaya mengandung aloevera yang sangat terkenal untuk perwaatan kesehatan kulit anda. Aloevera dipercaya dapat menyembuhkan gatal-gatal pada selangkangan anda. Gatal-gatal di area vagina karena kulit yang meradang bisa anda aplikasikan aloevera di bagian luar bagian vagina untuk menyembuhkan gatal-gatal. Kandungan antiseptik yang ada di dalam lidah buaya bisa membuat kulit anda terasa dingin dan nyaman. Aplikasikan lidah buaya pada kulit anda sebanyak tiga kali sehari untuk mendapat kesembuhan.

  • Menggunakan minyak tea tree

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak tea tree terbukti mengandung antimikroba dan antiperadangan. Hal tersebut bisa membantu anda menghilangkan infeksi yang ada di selangkangan anda. Dengan demikian gatal dan ruam pada kulit anda bisa disembuhkan. Anda hanya perlu menetaskan minyak tea tree dan mencampurkannya dengan air hangat. Anda bisa mengaplikasikannya pada kulit yang gatal dan diamkan selama 30 menit. Lakukan langkah ini sebanyak tiga kali sehari agar gatal segera teratasi.

  • Menggunakan madu

Siapa yang tidak kenal manfaat madu untuk kesehatan kulit. Madu memiliki kandungan antijamur yang bisa menyembuhkan anda dari infeksi yang membuat selangkangan anda ruam dan gatal. Anda hanya perlu menyiapkan kapas dan sesendok madu. Lalu celupkan kapas pada madu tersebut dan lakukan minimal dua kali selama sehari.

  • Gunakan calendula

Anda bisa memanfaatkan ekstrak dari calendula untuk menyembuhkan gatal pada selangkangan. Calendula dipercaya memiliki kandungan antijamur sehingga bisa menyembuhkan gatal-gatal di selangkangan yang diakibatkan oleh infeksi jamur. Anda hanya perlu menyelupkan kapas pada minyak calendula. Lalu aplikasikan kapas pada permukaan kulit yang gatal. Lakukan langkah ini setiap hari dan rutin.

  • Gunakan petroleum jelly

Bahan yang satu ini memiliki kandungan petrolatum yang antimikroba dan mengurangi kelembaban pada area kulit. Hal tersebut bermanfaat untuk menyembuhkan rasa gatal pada kulit anda. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mengoleskan petroleum jelly pada permukaan kulit yang ruam dan gatal. Lalu tutupi dengan kapas atau plester selama semalaman. Gunakan langkah ini secara rutin setiap hari.

Cara mengatasi gatal di selangkangan

Cara mengatasi gatal di selangkangan dapat dilakukan dengan langkah mudah seperti berikut:

  • Memanfaatkan oatmeal

Anda bisa memilih oatmeal sebagai pilihan untuk menyembuhkan iritasi pada kulit selangkangan anda. Oatmeal memiliki kandungan yang sifatnya humektan sehingga dapat membuat kulit menjadi lembab. Selain itu, oatmel juga memiliki kandungan avenantharamide yang dapat menyembuhkan peradangan pada tubuh. Anda bisa memasukkan oatmeal dan campuran garam di ember saat anda akan mandi. Kombinasikan juga menggunakan air hangat agar lebih maksimal. Anda bisa menggunakannya untuk mandi atau berendam untuk menyembuhkan gatal-gatal di tubuh anda. Namun, dalam menggunakan airnya harus dalam kondisi hangat sebab air yang terlalu panas bisa merusak kulit anda.

  • Menggunakan kunyit

Kunyit sudah terbukti memiliki kandungan kurkumin yang bersifat antimikroba dan menyembuhkan peradangan dalam tubuh. Anda bisa meghancurkan kunyit dan mengombinaiskan dengan minyak kelapa serta air hangat. Kemudian aplikasikan pada permukaan kulit yang gatal dan meradang.

 

Cara mengatasi gatal di selangkangan saat hamil

Cara mengatasi gatal di selangkangan saat hamil harus memperhatikan kandungan yang aman di dalamnya. Gunakan beberapa bahan dan langkah yang aman bagi ibu hamil berikut ini:

  • Menggunakan krim antijamur

Jika gatal pada area selangkangan disebabkan karena infeksi jamur, anda bisa memilih krim antijamur untuk menyembuhkan ruam tersebut. Anda perlu tahu jangan menggunakan obat yang memiliki kandungan fluconazol sebab obat antijamur yang satu ini bisa memicu resiko keguguran pada ibu hamil. Sehingga ibu hamil tidak boleh menggunakan obat dengan kandungan tersebut.

  • Mengompres dengan air dingin

Cara ini dinilai lebih aman dilakukan pada anda yang sedang hamil. Sebab tidak ada efek samping yang ditimbulkan. Anda bisa rutin mengompres area yang gatal menggunakan air dingin untuk meredakan gatal-gatal.

  • Menggunakan antibiotik

Apabila ibu hamil terkonfirmasi memiliki infeksi saluran kencing, infeksi menular seksual atau terkena bakteri vaginosis biasanya akan membutuhkan antibiotik. Namun bagi ibu hamil harus mengonsultasikannya pada dokter mana antibiotik yang aman bagi ibu hamil.

Mengobati selangkangan yang gatal

Cara mengatasi selangkangan yang gatal bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat dokter atau menggunakan bahan alami yang ada di rumah. Mengobati selangkangan yang gatal dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

  • Minyak kelapa

Sebuah penelitian membuktikan bahwa minyak kelapa dinilai bisa menyembuhkan gatal yang ada hubungannya dengan eksim. Bahkan minyak kelapa dianggap lebih manjur dari minyak mineral dalam menyembuhkan gatal di selangkangan. Bahkan minyak kelapa bisa menyembuhkan jamur candida albicans yang menjadi sumber adanya infeksi jamur pada vagina anda. Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa pada kulit yang ruam dan diamkan selama semalam. Lakukan secara rutin setiap hari.

  • Lemon

Siapa yang tidak tahu kalau lemon memiliki kandungan antimikroba. Kandungan tersebut tentunya bisa mengobati infeksi pada kulit yang gatal. Anda hanya perlu mengombinasikan lemon dengan air lalu dioleskan pada permukaan kulit yang gatal. Lakukan hal tersebut minimal sekali dalam sehari.

  • Cuka apel

Bahan yang satu ini dikenal dengan kandungan antijamur di dalamnya. Cuka apel bis menjadi pilihan bagi anda yang ingin menyembuhkan gatal di selangkangan dengan bahan alami. Anda hanya perlu mencampurkan cuka apel dengan air hangat. Lalu celupkan kapas dan aplikasikan pada kulit yang gatal selama 10 menit.

Cara alami mengatasi selangkangan yang gatal

Cara alami mengatasi selangkangan yang gatal dapat dilakukan dengan tips berikut:

  • Gunakan minyak lavender

Minyak yang satu ini terkenal dengan sifatnya yakni antijamur. Kandungan tersebut bisa menyembuhkan infeksi yang ada pada kulit anda. Kulit selangkangan menjadi bagian yang sangat lembab dan mudah terkena jamur. Anda tinggal meneteskan minyak lavender pada kapas, bisa juga mengombinasikannya dengan minyak kelapa. Lalu tempelkan kapas pada bagian kulit yang ruam. Lakukakn minimal 3 kali dalam sehari.

  • Pilih daun mimba

Daun mimba sangat terkenal dengan kandungan antiinflamasi dan antijamurnya. Cara mengaplikasikannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu merebus satu daun mimba dalam air. Tunggu hingga dingin dan saring airnya. Lalu tunggu hingga 72 jam, dan celupkan kapas pada air ekstrak daun mimba tersebut. Kemudian oleskan pada area kulit yang gatal.

Cara mengatasi gatal pada selangkangan dan miss v

Cara mengatasi gatal pada selangkangan dan miss v bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Memanfaatkan bawang bombay

Kandungan allicin dalam bawang bombay memiliki sifat antijamur. Senyawa bioaktif tersebut dapat menghambat laju infeksi jamur pada kulit selangkangan dan area di sekitar miss v anda. Sehingga anda bisa memilih bawang bombay menjadi bahan yang tepat untuk mengatasi gatal. Anda hanya perlu memarut bawang bombay dan memeras sarinya. Lalu ambil kapas dan celupkan pada air sari bawang bombay. Kemudian tempelkan kapas pada kulit yang gatal selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

  • Menggunakan tepung jagung

Anda pasti baru mengetahui bahwa tepung jagung bisa dijadikan obat untuk menyembuhkan gatal-gatal yang ada di selangkangan. Tepung ini bersumber dari biji jagung yang juga dijadikan bahan baku utama pembuatan bedak bayi. Kulit anda akan merasa lebih segar dan tidak lembab sehingga anda tidak akan menggaruk area gatal lagi. Sehingga infeksi bisa diminimalisir.

  • Minyak oregano

Minyak esensial yang satu ini memiliki kandungan antijamur yang bisa menyembuhkan rasa gatal pada kulit anda. Caranya pun sangat mudah, anda bisa menggunakan minyak oregano dengan kombinasi minyak kelapa, minyak zaitun, minyak jojoba sebagai pelarut. Kemudian oleskan pada kulit yang gatal di area sekitar vagina dan selangkangan.

Cara mengatasi gatal pada selangkangan secara alami

Cara mengatasi gatal pada selangkangan secara alami yakni dengan memanfaatkan kentang. Kentang memiliki enzim yang dapat mengobati gatal pada kulit. Selain itu, kentang juga bisa membantu mencerahkan dan memutihkan kulit anda. Namun, baiknya anda melakukan pengetesan pada kulit anda, apakah alergi atau tidak pada kentang. Jika tidak, anda bisa memotong-motong kentang dengan tekstur yang tipis dan menempelkannya pada permukaan kulit yang gatal dan ruam. Lakukan secara rutin agar proses penyembuhannya lebih cepat.

 

Cara menghilangkan selangkangan hitam gatal

Cara menghilangkan selangkangan hitam gatal pada tubuh anda bisa dilakukan dengan cara mudah seperti berikut:

  • Menggunakan lidah buaya

Area gelap pada kulit anda bisa dikurangi dan dicegah dengan cara mengoleskannya menggunakan lidah buaya. Mengoleskan selangkangan menggunakan lidah buaya dapat membantu menyembuhkan gatal-gatal pada selangkangan. Anda tinggal mengaplikasikannya pada area kulit yang mengalami ruam atau gatal. Anda juga bisa mengombinasikannya menggunakan minyak zaitun dan lemon. Lidah buaya pun bisa membuat kulit anda lebih lembab dan cerah. Diamkan selama 20 menit dan lakukan perawatan ini secara rutin. Cara yang lainnya, anda bisa menambahkan lidah buaya dan madu untuk membuang sel-sel kulit mati yang ada di kulit anda. Hal tersebut dapat menjadi scrub alami yang bisa menghilangkan selangkangan hitam. Menambahkan oatmeal dan yoghurt sebagai scrub juga dapat menghilangkan selangkangan yang hitam.

  • Menggunakan laser

Anda bisa memanfaatkan tenaga laser jika obat atau bahan alami sudah tidak bisa membantu mencerahkan kulit anda. Jangan sembarangan menggunakan pemutih yang tidak terdaftar di BPOM jika tidak ingin kulit anda menjadi rusak. Anda harus mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter jika ingin melakukan perawatan laser ini agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Menggunakan air lemon dan minyak kelapa

Lemon merupakan salah satu bahan alami yang memiliki kandungan vitamin c yang dapat mencegah hiperpigmentasi. Minyak kelapa bisa melembabkan kulit anda dan membuatnya terasa kenyal. Jika kedua bahan tersebut dikombinasikan makan bisa membantu mencegah kulit selangkangan menjadi hitam. Anda hanya perlu mengombinasikan minyak kelapa dan air lemon lalu oleskan pada bagian selangkangan yang hitam. Lalu diamkan selama 15 menit, basuh hingga bersih. Gunakan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Memanfaatkan gula sebagai scrub

Sugar scrub bisa dimanfaatkan sebagai eksfoliasi kulit tubuh anda. Metode perawatan ini terbukti bisa mencegah kulit menjadi hitam dan mencegah penumpukan sel kulit mati. Anda hanya perlu memasukkan perasan air lemon, sesendok gula dan madu. Aplikasikan sebagai scrub pada bagian selangkangan yang terlihat hitam lalu cuci hingga bersih. Namun anda harus memastikan bahwa kulit anda tidak mengalami alergi pada bahan-bahan yang digunakan tersebut.

  • Memanfaatkan oatmeal sebagai scrub

Oatmeal bisa anda gunakan untuk mencegah inflamasi pada kulit tubuh anda. Oatmeal mampu dimanfaatkan sebagai eskfolian yang bersumber dari gula. Yoghurt memiliki kandungan lactic acid yang mampu menjaga kesehatan kulit anda. Bahan-bahan alami tersebut bisa mencegah kulit selangkangan yang hitam. Buatlah adonan dari kedua bahan tersebut lalu aplikasikan dengan perlahan-lahan. Kemudian bilas hingga bersih, lakukan secara rutin setiap hari.

 

Cara mengatasi selangkangan yang gatal dapat anda lakukan dengan langkah-langkah seperti di atas. Anda perlu memperhatikan mana bahan-bahan yang cocok pada kulit anda. Karena jika pemakaian bahan tersebut menimbulkan alergi ada baiknya anda hentikan penggunaannya. Anda bisa juga mengonsultasikan masalah kulit gatal di area selangkangan pada dokter untuk mendapat perawatan yang lebih tepat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.