15 Cara mengatasi sinusitis yang kambuh

Cara mengatasi sinusitis yang kambuh

Cara mengatasi sinusitis yang kambuh dapat anda lakukan menggunakan bahan alami dan langkah mudah. Sinusitis merupakan kondisi meradang pada lapisan dinding sinus. Sinus berbentuk rongga yang di dalamnya berisi udara, terletak tepat di belakang tulang dahi, mata serta pipi. Penyakit yang menyerang sinus bisa menjangkiti siapa saja dan usia berapa saja. Sinus yang ada di dalam hidung berfungsi untuk memproduksi cairang lengket yang bernama mukus. Sinusitis ditandai dengan produksi cairan yang terlalu berlebih yang disebabkan oleh infeksi atau peradangan. Sinusitis yang biasanya kambuh sering ditandai dengan flu, demam dan batuk. Sinusitis memiliki beberapa gejala yakni ingus yang memiliki bau tajam, cairan tersebut bisa masuk ke tenggorokan dan membuat gatal. Sehingga keadaan tersebut membuat seseorang tidak bisa membaui dan hidungnya terasa mampet.

Mengatasi sinusitis

Mengatasi sinusitis dapat anda lakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut ini:

  • Banyak konsumsi air putih

Bagi anda penderita sinus ada baiknya mengonsumsi banyak air putih. Selain itu, konsumsi juga buah-buahan yang memiliki banyak asupan cairan. Hal tersebut bisa membantu tubuh untuk membuat encer lendir sehingga lebih mudah keluar dari rongga sinus yang tengah meradang dan bengkak. Anda juga disarankan untuk tidak mengonsumsi alkohol ataupun minuman yang mengandung kafein. Kedua minuman tersebut bisa membuat tubuh kekurangan cairan. Bahkan mengonsumsi alkohol bisa membuat sinus bertambah menjadi bengkak.

  • Membilas hidung

Bilas hidung atau irigasi nasal dapat berfungsi untuk menghilangkan lendir dan juga kotoran pada rongga sinus. Dengan demikian pembengkakan pada sinus bisa lebih berkurang. Anda hanya perlu membuat larutan garam yang berasal dari air hangat, garam, baking soda. Lalu masukkan campuran larutan tersebut ke dalam wadah atau teko kecil. Terlebih dahulu bersihkan teko tersebut. Kemudian miringkan kepala anda dan tuangkan pelan-pelan larutan tadi ke salah satu lubang hidung. Saat melakukan hal tersebut sebisa mungkin jangan menghirup udara agar larutan tidak masuk ke tubuh, anda bisa bernapas menggunakan mulut. Biarkan larutan tadi keluar mengalir dengan sendirinya melalui lubang hidung yang lain.

  • Menjaga ruangan tetap lembab

Untuk meredakan sinusitis dapat dilakukan dengan menggunakan alat pelembab udara. Alat pelembab udara tersebut bisa diletakkan di ruangan tempat anda banyak melakukan aktivitas. Menjaga ruangan tetap lembab dapat membantu menyembuhkan dan mencegah sinusitis semakin parah. Sebab udara yang kering bisa membuat iritasi sinus.

  • Menghirup uap hangat

Lakukan terapi yang bisa anda lakukan dengan mudah di rumah ini. Cobalah menghirup uap dari air panas selama 3 kali dalam sehari. Hal tersebut bisa meredakan sinusitis anda. Anda hanya perlu meyediakan ember dan air hangat, kemudian hirup secara perlahan-lahan. Tetapi, jangan pernah menghirup uap pada kondisi airnya masih berada di atas kompor karena bisa membahayakan diri anda sendiri. Cara yang lainnya, anda dapat memanfaatkan handuk untuk megompres hidung dan kening anda.

  • Rajin mengonsumsi makanan yang bernutrisi

Cara ini sangatlah mudah. Anda bisa mengonsumsi sup ayam yang hangat karena makanan tersebut mengandung antioksidan, antiperadangan dan protein yang bisa membantu mengatasi flu dan sinusitis. Anda bisa meracik sup ayam dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mengandung sifat antibakteri yakni seperti jahe, bawang bombay dan bawang putih untuk membantu meredakan sinusitis.

  • Hindari asap rokok

Bagi anda penderita sinusitis, sebaiknya hindarilah asap rokok. Sebab, zat-zat yang ada pada rokok dapat memperparah sinusitis anda. Bahkan asap rokok bisa membuat sinusitis lebih sering kambuh dan justru bertambah parah.

  • Sediakan ventilasi dalam ruangan

Bagi penderita sinusitis hendaknya selalu berada pada ruangan yang memiliki banyak ventilasi. Jangan berada pada ruangan yang tertutup rapat. Hal tersebut akan membuat pengap dan udara menjadi tidak segar yang bisa memperparah sinusitis anda. Hendaknya bukalah jendela setiap bangun di pagi hari agar sirkulasi udara bisa lancar.

  • Mengonsumsi obat

Anda juga bisa memilih untuk mengonsumsi obat yang dijual secara bebas. Contohnya obat dekongestan yang bisa menyembuhkan sinus yang meradang. Dengan demikian lendir yang menumpuk bisa keluar dan membuat hidung tidak lagi tersumbat.

Cara mengatasi sinusitis saat kambuh

Cara mengatasi sinusitis saat kambuh dapat anda lakukan dengan beberapa cara berikut ini:

  • Mengompres menggunakan air hangat

Anda bisa mengompres area sinus menggunakan air hangat untuk meredakan sinus yang meradang. Cara tersebut bahkan dipercaya dapat membantu meredakan sinusitis yang sangat mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja.

  • Menggunakan humidifier

Alat humidifier adalah alat yang bisa membantu anda untuk mengantur suhu atau kelembaban dalam ruangan. Langkah ini dinilai bisa membantu meredakan sinusitis karena bisa mengurangi sinus menjadi kering dan bisa membuat anda lebih mudah bernapas terutama saat tidur malam.

  • Meninggikan posisi bantal

Penderita sinusitis hendaknya meninggikan posisi bantal saat hendak tidur. Langkah ini dianggap sebagai salah satu langkah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi permasalahan sinusitis dan berfungsi mengurangi tekanan yang ada pada area sekitar sinus, serta menghilangkan rasa sakit yang anda rasakan.

  • Mencampurkan lemon dengan madu

Anda dapat memanfaatkan kedua bahan alami yang sangat mudah ditemukan di rumah ini. Madu sudah sangat terkenal dengan kandungan antiseptiknya, sedangkan lemon memiliki kandungan vitamin c yang bagus untuk merawat kesehatan tubuh. Anda hanya perlu mengombinasikan madu dan air perasan lemon serta air hangat. Anda bisa langsung mengonsumsinya untuk meredakan sinusitis.

Cara mengatasi sinusitis kambuh

Cara mengatasi sinusitis yang kambuh dapat anda lakukan dengan mudah di rumah. Simak cara mengatasi sinusitis kambuh sebagai berikut ini:

  • Mencuci tangan

Rajin mencuci tangan bisa menghindarkan anda dari bakteri dan birus yang bisa masuk melalui mata, mulut atapun hidung. Sehingga bisa mencegah tubuh mengalami infeksi bakteri dan virus. Dengan demikian, mencuci tangan bisa membantu anda terhindar dari penyebaran virus dan bakteri kepada orang-orang lain. Mencuci tangan sangat membantu anda untuk mencegah kambuhnya sinusitis.

  • Jangan stres

Berbagai penyakit bisa bersumber dari kondisi stres yang dialami seseorang. Saat stres, sistem imun anda akan turun dan mudah terinfeksi virus dan bakteri. Saat anda stres, hormon kortisol akan melonjak dan memudahkan tubuh anda mengalami infeksi dan peradangan. Selain itu, kondisi stres dapat menurunkan sel darah putih pada tubuh anda. Padahal, sel darah putih memiliki fungsi yang sangat penting yakni melawan infeksi yang ada pada tubuh anda. Saat sistem imun anda turun, maka anda akan mudah membuat sinusitis kambuh. Anda bisa melakukan meditasi atau yoga minimal 15 menit dalam sehari dan bisa anda lakukan sebanyak tiga kali selama seminggu. Hal tersebut akan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

  • Mengonsumsi makanan yang bergizi

Jangan lupa untuk rajin mengonsumsi buah dan sayur-sayuran untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh anda. Anda bisa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak omega 3 seperti ikan tuna, alpukat, kacang-kacangan dan ikan salmon. Selain itu konsumsi juga makanan yang mengandung vitamin c seperti paprika, jeruk, lemon, stroberi, tauge, dan sayur-sayuran hijau.

  • Melakukan vaksin flu

Anda bisa melakukan pencegahan sinusitis dengan langkah melakukan vaksin flu. Vaksin ini dapat anda suntikkan pada anak usia 6 hingga 18 tahun, lansia yang berusia lebih dari 65 tahun, dan tenaga medis.

  • Menghindari penyebab alergi

Bagi anda yang memiliki penyakit sinusitis sebaiknya menjauhi lingkungan yang bisa membuat kondisi sinus anda menjadi lebih parah. Jauhi orang-orang yang merokok, jauhi lingkungan yang dekat dengan cerobong asap karena bisa membuat radang sinus anda semakin parah. Anda sebaiknya juga menjaga jarak pada orang yang sedang menderita flu dan mempunyai riwayat infeksi pada saluran pernapasannya. Jangan lupa rajin mencuci tangan pada air yang mengalir.

  • Menghindari lingkungan yang terlalu kering

Bagi anda penderita sinus sebaiknya tetap menjaga hidung agar tetap lembab untuk menyembuhkan sinus anda. Anda harus rajin membersihkan rongga hidung menggunakan semprotan yang berfungsi untuk membersihkan hidung. Anda bisa membeli semprotan hidung dengan kandungan air saline tersebut di apotek. Anda harus menghindari lingkungan yang terlalu kering untuk mencegah sinus kambuh.

  • Jangan mengeluarkan ingus terlaku keras

Mungkin hal ini terdengar sepele, namun hal ini bisa membuat sinus semakin parah. Anda harus mengeluarkan ingus dengan perlahan-lahan dan jangan terlalu keras. Hal tersebut berguna untuk mencegah agar tidak terjadi iritasi pada saluran hidung anda. Selain itu, tidak mengeluarkan ingus dengan keras dapat mencegah lendir kembali masuk ke dalam hidung yang akhirnya membuat bakteri dan virus kembali masuk ke hidung.

Mengatasi sinusitis yang kambuh

Mengatasi sinusitis yang kambuh dapat anda lakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut:

  • Mengonsumsi makanan antibakteri

Konsumsilah makanan yang memiliki kandungan antibakteri untuk mengatasi sinusitis yang anda derita. Anda bisa mengonsumsi makanan dengan campuran bahan-bahan alami sebagai berikut yakni madu, jahe, gingseng, dan bawang putih. Bahan-bahan alami tersebut dipercaya mampu menaikkan sistem kekebalan tubuh anda sehingga bisa membantu menangkal bakteri dan virus yang menjadi penyebab utama sinus.

  • Menghirup minyak kayu putih

Anda bisa memilih salah satu langkah yang satu ini, yakni menghirup uap minyak kayu putih. Cara ini dianggap sebagai langkah tradisional yang bisa anda lakukan di rumah. Uap yang berasal dari minyak kayu putih bisa membuat hidung anda menjadi lega dan tidak lagi tersumbat. Anda hanya perlu memasukkan minyak kayu putih ke dalam air panas. Lalu dekatkan hidung anda beberapa centimeter dari air dan hirup uap tersebut. Setelah itu anda bisa beristirahat untuk menyembuhkan sinusitis. Anda juga disarankan memakan makanan yang memiliki kandungan vitamin c dan vitamin d. Jangan lupa berjemur di bawah matahari secara rutin selama kurang lebih 10 menit.

  • Konsumsi buah nanas

Buah nanas sangat terkenal dengan kandungan vitamin c nya yang sangat tinggi. Kandungan tersebut bisa membantu anda menjaga sistem kekebalan tubuh terutama untuk mengatasi penyakit sinusitis. Nanas juga dikenal sebagai buah yang kaya antioksidan, protein dan bromlain yang bisa mencegah peradangan pada saluran pernapasan anda.

  • Konsumsi madu

Siapa yang tidak kenal dengan madu yang memiliki kandungan antiinflamasi dan bisa membantu tubuh menjaga sistem imun. Anda harus mengonsumsi madu untuk membantu menyembuhkan peradangan yang ada pada tubuh anda, termasuk sinus.

  • Mengonsumsi Kunyit

Kunyit dikenal sebagai salah satu bahan alami yang bisa menyembuhkan sinus. Kurkumin yang ada dalam kunyit memiliki manfaat untuk antioksidan. Sinus juga terbukti bisa membuang kotoran pada saluran pernapasan anda. Bahkan, kunyit juga bisa membantu menyembuhkan peradangan pada saluran-saluran sinus. Anda hanya perlu mengombinasikan kunyit dengan madu untuk membantu membuat encer lendir yang ada pada saluran pernapasan anda.

  • Konsumsi jahe

Jahe juga dikenal sebagai bahan alami yang bisa menyembuhkan peradangan pada tubuh seseorang. Kandungan antiinflamasi pada jahe tersebut terbukti bisa meredakan pembengkakan yang terjadi di dalam hidung. Selain itu, jahe juga bisa membantu tubuh untuk menurunkan produksi lendir yang berlebihan. Kandungan yang ada dalam jahe diantaranya yakni kalium, vitamin c, zat besi, karbohidrat dan magnesium yang sehat bermanfaat bagi tubuh anda. Anda juga bisa menjadikan jahe sebagai terapi uap. Menjadikan jahe sebagai rempah dalam terapi uap dapat membantu anda meredakan hidung yang tersumbat oleh lendir.

  • Melakukan pijat sinus frontal

Untuk mengatasi sinus, anda bisa melakukan pijatan pada frontal sinus yang berada di antara dahi. Hal tersebut bisa menolong anda dari rasa nyeri pada bagian kepala yang diakibatkan sinusitis. Ada baiknya anda menggosokkan kedua telapak tangan anda terlebih dahulu agar terasa hangat. Hal tersebut bisa membuat lunak jaringan yang ada pada sinus. Anda bisa juga mengoleskan lotion atau minyak untuk membuatnya lebih nyaman. Anda hanya perlu menggunakan jari telunjuk dan jari tengah anda, taruh di tengah dahi tepatnya pada ujung alis. Perlahan-lahan pijat area tersebut dengan arah memutar selama 20 menit. Anda bisa merasakan perubahan sakit yang mulai hilang.

  • Melakukan pijat sinus maksila

Pijat ini dilakukan pada area maksila. Dengan teknik ini anda bisa mengatasi nyeri yang terasa pada sinus dan menyembuhkan hidung yang tersumbat. anda hanya perlu menggunakan jari tengah dan jari telunjuk tepatnya di antara rahang atas dan tulang pipi. Anda bisa memijatnya dengan perlahan-lahan dan lakukan gerakan seperti memutar selama 15 menit. Anda bisa memakai jempol untuk memijat pada area sinus maksila untuk mendapatkan tekanan yang lebih maksimal.

  • Melakukan pijat sinus sphenoid

Anda yang sedang mengalami hidung yang terus tersumbat bisa mencoba teknik pijatan yang satu ini. Melakukan pijatan pada area tersebut bisa menolong tubuh untuk melancarkan aliran udara pada hidung. Sehingga, anda bisa bernapas lega. Anda bisa menaruh jari telunjuk anda pada ujung hidung, yakni di tengah kedua sudut mata anda. Lalu berikan tekanan pada titik tersebut selama 10 detik. Pijit perlahan-lahan dengan arah memutar. Anda bisa memijat hidung anda dari tengah kedua sudut mata ke arah lebih bawah di sepanjang area hidung anda. Anda bisa mengulangi gerakan ini selama 15 detik untuk bisa melegakan sinus. Lakukan secara rutin dan kombinasikan dengan melakukan pengobatan alami menggunakan terapi uap dan mengompres dengan menggunakan air hangat.

Cara mengatasi sinusitis yang kambuh dapat anda lakukan dengan berbagai langkah di atas. Anda harus memilih langkah yang tepat agar sinus bisa segera sembuh. Jika sudah melakukan langkah-langkah di atas namun tidak kunjung membaik, ada baiknya anda mengonsultasikannya pada dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.