Cara Mengatasi Stretch Mark Saat Hamil

cara mengatasi stretch mark saat hamil

Keluarga Sehat. Pasti tahu dengan stretch mark disebabkan oleh peregangan yang terjadi di kulit, pada orang obesitas dan ibu hamil. Cara mengatasi stretch mark saat hamil sesuai dengan keparahannya. Adapun tingkat keparahan stretch mark yang terjadi pada masing-masing ibu hamil berbeda satu sama lainnya. Penyebabnya pun beragam pula antara satu ibu hamil dengan yang lain.

Yang pertama bisa saja karena janin yang besar, atau bahkan janinnya kembar. Ketuban yang berlebih juga bisa menyebabkan peregangan kulit lho! Apalagi jika dalam keluarga ada riwayat stretch mark juga, atau hamil di usia yang masih muda

Cara Mencegah Stretch Mark pada Kehamilan

Untuk mencegah strecth mark bisa dilakukan dengan banyak konsumsi buah dan sayur, dan jangan terlalu banyak makan makanan yang tinggi gula dan lemak. Minum air setidaknya 8 gelas dalam satu hari dan lakukan olahraga rutin supaya kulit elastis. Menggunakan losion yang melembapkan pun sangat dianjurkan dan konsumsi vitamin E supaya kulit lebih sehat.

Apabila guratan tersebut tak kunjung hilang juga dan terus bertambah selama kehamilan, atau bahkan setelah melahirkan. Maka baiknya segera hubungi dokter. Cara mengatasi stretch mark saat hamil yang akan dilakukan oleh dokter adalah :

Gel asam hialuronat dengan ekstrak bawang merah

Ternyata dalam penelitian menunjukkan bahwa ibu yang menggunakan gel yang mengandung campuran asam hialuronat dan ditambah ekstrak bawang merah, memudarkan gurat stretch mark setelah 12 minggu pemakaian rutin lho, coba saja!

Retinoid (vitamin A)

Dengan menggunakan Retinoid (vitamin A) diketahui mampu merangsang pembentukan sel baru. Yang secara otomatis bisa mempercepat pertumbuhan kolagen baru juga. Lakukan dengan rutin, maka kulit akan menjadi lebih sehat lagi. Akan tetapi, ingat bahwa penggunaan retinoid harus sesuai resep dokter, apalagi bagi ibu yang sedang hamil dan sedang menyusui juga.

Laser

Menggunakan sinar laser sudah terbukti jadi cara mengatasi stretch mark saat hamil. Adapun efek sinar panas dari laser diketahui bisa meningkatkan pertumbuhan kolagen kulit. Hal itu bisa mengecilkan pembuluh darah yang melebar dan menyebabkan peregangan kulit.

Memang tidak akan hilang sepenuhnya, stretch mark mungkin akan tetap ada. Walau demikian, bisa disamarkan seiring berjalannya waktu dan perawatan yang tepat. Namun apabila merasa terganggu dengan stretch mark tersebut, guratan tersebut tak kunjung pudar setelah melahirkan sekalipun, bisa konsultasi ke dokter untuk penanganan stretchmark saat hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.