11 Cara Mengatasi Tenggorokan seperti Ada yang Mengganjal dengan Mudah

Cara mengatasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal

Sensasi rasa tidak nyaman seperti ada yang mengganjal di tenggorokan membuat seseorang kesulitan beraktivitas. Sensasi tersebut juga sering disebut sensasi globus. Banyak orang sering merasa ada benjolan yang terasa menghalangi atau seperti ada makanan yang tertaha di dalam tenggorokan. Selain itu, banyak orang yang merasakan tenggorokannya seperti gatal. Cara mengatasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal akan dipaparkan pad artikel kali ini.

Cara mengatasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal dan sesak

Cara mengatasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal dan sesak harus terlebih dahulu diketahui penyebabnya. Karena seringkali suatu kondisi memiliki gejala yang sama namun memiliki penyebab dan penamaan yang berbeda. Penyebab yang berbeda itulah yang akan menjadi diagnosa dan memudahkan dokter dalam memberikan perawatan atau pengobatan yang tepat. Berikut adalah faktor-faktor penyebab tenggorokan seperti mengganjal dan sesak:

  • GERD

GERD seringkali dikenal dengan penyakit refluks asam lambung. Naiknya asam lambung ke kerongkongan membuat seseorang merasakan sensasi mengganjal dan sesak. Asam lambung yang sering naik dapat membuat kerongkongan menjadi iritasi. Sensasi mengganjal disebabkan karena naiknya asam lambung yang akhirnya menekan otot-otot pada bagian kerongkongan sehingga menimbulkan sensasi seperti mengganjal hingga sesak. Kebanyakan orang yang merasa teggorokan seperti mengganjal dan sesak menderita asam lambung.

Sensasi seperti mengganjal dan sesak pada tenggorokan seringkali ditimbulkan karena adanya radang pada tenggorokan. Radang yang menyerang tenggorokan membuat tenggorokan seseorang menjadi sangat kering hal tersebut menyebabkan oto-oto di sekitarnya menjadi tertarik. Kondisi itulah yang memunculkan sensasi seperti mengganjal. Radang tenggorokan terjadi karena adanya infeksi bakteri atau virus yang menjadi penyebab radang di bagian tenggorokan. Selain itu, anda juga akan merasakan sensasi nyeri, perih, dan panas pada tenggorokan.

  • Gangguan cemas dan stres berlebih

Kondisi psikologi dianggap memiliki andil dalam munculnya sensasi gatal pada tenggorokan dan sesak. Faktor cemas dan stres membuat sensasi seperti tercekik dan mengganjal di tenggorokan muncul.

  • Menderita penyakit tiroid

Orang-orang yang menderita kelainan tiroid dan mengalami efek samping akibat menjalani operasi pengangkatan sebagian atau semua kelenjar tiroid sering mengalami gejala tenggorokan mengganjal.

Cara mengatasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal tapi tidak sakit

Cara mengatasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal tapi tidak sakit dapat dilakukan dengan cara sederhana di rumah. Namun pengobatannya tergantung pada penyebab rasa mengganjal yang diderita seseorang. Memang tidak ada cara pasti untuk mengobati sensasi mengganjal dan sesak. Akan tetapi jika mengetahui penyebabnya, kita akan lebih mudah memilih perawatan yang tepat.

  • Perawatan dengan cara medis.

Penyebab sensasi mengganjal dan sesak pada diri seseorang bisa disebabkan oleh faktor stres dan cemas. Untuk pernyebab yang demikian, anda baiknya memerlukan bantuan medis dengan menjalani terapi, konseling dan pengobatan. Sensasi tenggorokan mengganjal tapi tidak sakit bisa disebabkan karena gangguan psikologis dan radang tenggorokan. Jika disebabkan oleh faktor psikologis, maka dokter biasanya akan memberi obat antidepresan.

  • Perawatan sederhana di rumah

cara mengatasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal dapat dilakukan dengan perawatan di rumah. Rasa mengganjal yang diderita penderita GERD tidak berbahaya dan sensasi sesak pun akan menghilang tanpa perlu diobati. Sedangkan untuk radang tenggorokan dapat diberi obat antibiotik jika radang disebabkan oleh bakteri.

 Penyebab tenggorokan seperti ada yang mengganjal

penyebab tenggorokan seperti ada yang mengganjal dapat disebabkan oleh banyak faktor. Sensasi mengganjal dan sesak mungkin saja terjadi karena beberapa faktor. Namun, beberapa lagi muncul hanya sebagai sebuah sensasi yang akan hilang dengan sendirinya. Cara mengatasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal pun juga dapat dilakukan dengan sederhana. Namun ketahuilah terlebih dahulu penyebab-penyebabnya seperti berikut:

  • Menghilangnya koordinasi otot

Otot yang berada pada bagian kerongkongan atau tenggorokan secara alami dapat menegang dan mengendur. Kerjasama antar otot itulah yang menjadikan manusia dapat berbicara serta menelan dengan baik. Akan tetapi jika kerjasama antar otot tersebut tidak berjalan semestinya, maka akan terjadi ketegangan yang memunculkan sensasi sesak atau mengganjal pada tenggorokan.

  • Otot yang tegang

Saat anda tidak sedang melakukan aktivitas menelan, biasanya otot pada tenggorokan anda akan mengendur dengan sendirinya. Akan tetapi, jika proses tersebut tidak berjalan sesuai dengan semestinya, maka anda akan mengalami tegang otot. Hal tersebutlah yang menjadi penyebab seseorang merasa sesak atau mengganjal di tenggorokan.

Cara mengatasi tenggorokan ada yang mengganjal

cara mengatasi tenggorokan ada yang mengganjal dapat dilakukan dengan pengobatan medis ataupun pengobatan di rumah. Cara mengatasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti berikut:

  • Menghindari mengonsumsi makanan yang menjadi penyebab iritasi pada tenggorokan contohnya seperti makanan pedas, lemak dan bersantan

  • Rajin mengonsumsi air putih minimal 2 liter perhari

  • Menghindari mengonsumsi rokok dan alkohol

  • Lakukan kumur-kumur untuk menghilangkan gejala mengganjal pada tenggorokan

  • Senantiasa menjaga kebersihan pada mulut

  • Makan secara teratur dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bersih

  • Jangan stres

Penyebab tenggorokan terasa ada yang mengganjal

Sensasi seperti ada yang mengganjal pada tenggorokan sering mengganggu aktivitas seseorang. Seringkali orang yang menderitanya bingung harus mengobati dengan cara apa. Penyebab tenggorokan terasa ada yang mengganjal dapat disebabkan oleh faktor berikut:

  • Kemasukan benda asing

Ketika ada benda asing yang masuk ke dalam tenggorokan tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Bahkan sensasi tersebut masih terjadi meskipun benda asing sudah diambil. Jika hal tersebut anda alami, ada baiknya segera mengunjungi dokter terdekat untuk mendapatkan pertolongan yang tepat.

  • Postnasal drip

Sensasi seperti ada yang mengganjal di tenggorokan dan sesak dapat disebabkan oleh postnasal drip. Kondisi tersebut terjadi saat lendir yang berlebih terperangkap di dalam tenggorokan. Kejadian seperti itulah yang memunculkan sensasi sesak dan rasa mengganjal pada tenggorokan.

Penyebab tenggorokan ada yang mengganjal                          

Penyebab tenggorokan ada yang mengganjal dapat pula disebabkan oleh Mononukleosis. Mononukleosis merupakan sebuah penyakit yang dapat menular dan disebabkan oleh virus Epstein Barr. Virus tersebut dapat menyebar melalui cairan yang ada pada tubuh seperti air liur. Salah satu gejalanya yakni tenggorokan terasa sakit dan panas. Gejala lain yang juga dapat terjadi pada tingkat yang lebih parah yakni demam, sakit kepala, ruam, kelelahan yang parah dan membengkaknya kelenjar di area leher atau ketiak.

Cara mengatasi tenggorokan yang terasa mengganjal

Cara mengatasi tenggorokan yang terasa mengganjal dapat dilakukan dengan langkah sederhana seperti berikut.

  • Menghindari makanan atau minuman yang mengandung pengawet, perasa dan pewarna
  • Sering mengonsumsi minuman yang hangat
  • Hindari gorengan
  • Mengonsumsi makanan yang lembut
  • Hindari stres
  • Banyak istirahat
  • Dan makan makanan yang bergizi

 Cara mengobati tenggorokan seperti ada yang mengganjal

cara mengobati tenggorokan seperti ada yang mengganjal akibat makanan yang tersangkut:

  • Minum-minuman bersoda

Jika anda mengalami tenggrorokan mengganjal, ada baiknya cobalah mengonsumsi minuman bersoda untuk mengeluarkan makanan yang tersangkut pada tenggorokan anda.

  • Obat simetikon

Obat simetikon dapat mengeluarkan makanan yang tersangkut pada kerongkongan. Obat yang mengandung simetikon memudahkan seseorang memproduksi gas pada perutnya. Sehingga makanan akan terdorong masuk dan tidak tersangkut lagi.

Mengatasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal

mengatasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal dapat dilakukan dengan cara minum air dengan sedikit-sedikit. Hal tersebut dipercaya dapat membantu mendorong makanan yang tersangkut di kerongkongan. Air liur akan melumasi dan membuat makanan tidak lagi tersangkut di kerongkongan. Meminum air dengan cara sedikit-sedikit akan membuat makanan menjadi lembab dan mudah tenggelam.

Cara menghilangkan tenggorokan seperti ada yang mengganjal

Cara menghilangkan tenggorokan seperti ada yang mengganjal dapat dilakukan dengan cara menggunakan baking soda kue. Obat seperti alka seltzer membuat anda dalam memecah makanan yang tersangkut di dalam tenggorokan. Obat yang berbuih ini dapat larut apabila terkena cairan. Mirip dengan minuman yang mengandung soda, gelembung tersebut akan memudahkan makanan hancur. Sehingga anda tidak akan lagi merasakan sensasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal.

Mengapa tenggorokan seperti ada yang mengganjal

Mengapa tenggorokan seperti ada yang mengganjal? Tenggorokan seperti ada yang mengganjal karena disebabkan oleh radang amandel. Radang amandel merupakan radang pada amandel yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Radang amandel dapat menyebabkan tenggorokan nyeri, panas, dan membuat amandel membengkak sehingga seseorang akan susah menelan makanan, merasa demam, sakit di telinga bahkan kelelahan ekstrim.

Berbagai cara mengatasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal telah dipaparkan pada artikel ini. Sensasi seperti ada yang mengganjal dan sesak sebaiknya juga harus diwaspadai. Karena berbagai penyakit berbahaya dapat juga diawali dengan perasaan sesak dan tenggorokan mengganjal. Sehingga apabila kondisi tersebut terus berlanjut dalam waktu lama dan tidak segera sembuh, anda disarankan untuk berkonsultasi pada dokter. Semoga dapat membantu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.