15 Cara mengatasi wajah yang berminyak dan kusam

Cara mengatasi wajah yang berminyak dapat dilakukan dengan berbagai cara. Banyak perempuan rela melakukan perawatan apa saja untuk mendapatkan kulit wajah yang halus dan lembab. Beberapa perempuan melakukan penggunaan skincare rutin, mengonsultasikan pada dokter, bahkan hingga mengonsumsi obat-obatan. Tak sedikit perempuan yang juga memilih untuk melakukan operasi untuk mendapatkan wajah yang sesuai dengan keinginan mereka. Hal tersebut disebabkan oleh beragamnya kondisi dan kasus yang menimpa kulit wajah para perempuan. Banyak kondisi kulit wajah yang sampai membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Ada yang memiliki noda hitam, bekas jerawat, jerawat, hingga kulit berminyak. Minyak pada kulit wajah membantu melembabkan, namun apabila produksinya berlebihan justru bisa memicu komedo hingga jerawat. Beberapa masalah kulit berminyak dapat disebabkan karena adanya masalah genetik, faktor usia, kondisi iklim atau cuaca, pori-pori wajah yang besar, salah memilih produk perawatan kulit, ketidakseimbangan hormon, sering mencuci kulit wajah, tidak suka memakai pelembab wajah, sering memakai scrub, stres dan pola makan yang kurang sehat.

Mengatasi wajah berminyak

Mengatasi wajah berminyak dapat anda lakukan menggunakan bahan-bahan sebagai berikut:

  • Cara mengatasi wajah yang berminyak Menggunakan madu

Siapa yang tidak mengenal manfaat madu bagi kesehatan tubuh? Madu sering juga dimanfaatkan untuk merawat kesehatan kulit. Tak terkecuali kulit wajah yang berminyak atau berjerawat. madu memiliki sifat sebagai humektan alami yang bisa membuat kulit menjadi lembab. Anda hanya perlu mengaplikasikan madu pada kulit wajah. Kemudian tunggu hingga 10 menit dan cuci muka anda hingga bersih dengan air hangat.

  • Cara mengatasi wajah yang berminyak  Memanfaatkan oatmeal

Oatmeal tak hanya bisa anda gunakan untuk menu sarapan. Oatmeal terbukti bisa membuat tenang permukaan kulit yang mengalami radang dan bisa membantu kulit wajah menyerap produksi minyak yang berlebih. Anda bisa menghancurkan oatmeal terlebih dahulu. Lalu kombinasikan dengan buah, madu serta yoghurt. Aduk hingga membentuk pasta, lalu aplikasikan pada kulit wajah. Tunggu hingga 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

  • Cara mengatasi wajah yang berminyak Memakai lemon dan putih telur

Untuk menghindari kulit wajah berminyak, anda bisa memanfaatkan lemon dan putih pada telur. Bahan-bahan tersebut bisa membuat pori-pori secara berlebihan. Lemon memiliki kandungan antibakteri. Namun, anda harus berhati-hati dengan telur. Sebab jika anda memiliki alergi dengan telur ada baiknya tidak menggunakan bahan tersebut. Anda hanya perlu mengombinasikan putih telur dengan jus lemon dan mengaplikasikannya sebagai masker. Tunggu selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

  • Cara mengatasi wajah yang berminyak Manfaatkan lidah buaya

Lidah buaya memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan kulit wajah anda. Lidah buaya terbukti bisa membantu anda untuk mengobati kulit wajah yang terkelupas karena produksi minyak yang berlebihan. Anda bisa memanfaatkannya sebagai masker setiap sebelum tidur dan membiarkannya hingga pagi hari, lalu bilas hingga bersih. Namun, anda tetap perlu waspada apakah lidah buaya ini membuat kulit anda alergi atau tidak.

Solusi muka berminyak

Solusi muka berminyak yang dapat anda lakukan dengan mudah di rumah yakni:

  • Facial steam di rumah

Anda bisa memusnahkan kulit wajah berminyak dengan cara facial steam di rumah. Anda hanya perlu menyiapkan air hangat dan memasukkan wajah pada ember dengan jarak beberapa centimeter dari air agar kulit wajah bisa terkena uap. Langkah ini dipercaya bisa dimanfaatkan untuk membuang kotoran dan senyawa berbahaya yang ada di kulit wajah termasuk minyak yang diproduksi secara berlebihan.

  • Melakukan terapi es batu

Terapi es batu ini membantu anda mengatasi produksi minyak yang berlebihan, mengecilkan pori-pori dan menyegarkan kulit wajah anda. Caranya amat sangat mudah, anda hanya perlu mengoleskan es batu pada kulit wajah anda selama kurang lebih 30 detik.

 

Cara menghilangkan muka yang berminyak

Cara menghilangkan muka yang berminyak dapat anda lakukan menggunakan cara sebagai berikut:

  • Memanfaatkan alpukat dan oat

Oat dan alpukat dipercaya memiliki antioksidan yang bisa memusnahkan jerawat. Jika kedua bahan tersebut disatukan dapat mengatasi permasalahan kulit yang berminyak. Selain itu, kombinasi oat dan alpukat bisa membuat kulit wajah menjadi sehat. Anda hanya perlu menyiapkan oat dan alpukat, lalu rendam keduanya dan haluskan. Aplikasikan kedua bahan ke kulit wajah selama 10 menit. Lalu anda bisa membilasnya menggunakan air yang dingin.

  • Mengoleskan sunscreen

Sunscreen sangat diperlukan bagi orang-orang yang memiliki aktivitas yang terkena sinar matahari langsung. Pilihlah sunscreen yang memiliki tekstur gel, mengandung oil free, memiliki kandungan titanium oxide serta zinc oxide.

Solusi wajah berminyak

Solusi wajah berminyak dengan bahan alami dapat menjadi salah satu pilihan anda, simak bahan-bahan di bawah ini:

  • Memakai tomat

Tomat merupakan salah satu bahan yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan minyak berlebih. Sebab tomat bisa menolong kulit wajah anda untuk menyerap dan juga membuka pori-pori wajah anda. Anda hanya perlu mengombinasikan gula dan tomat yang telah dihancurkan. Kemudian aplikasikan pada kulit wajah anda dan diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat.

  • Memanfaatkan kacang almond

Anda bisa memilih kacang almond untuk mengatasi kulit wajah berminyak. Kacang almond memiliki manfaat untuk mengelupas kulit wajah dan membersihkan kotoran pada kulit wajah anda. Anda hanya perlu membuat scrub dari kacang almond. Hancurkan kacang almond dan masukkan tambahan madu. Aplikasikan pada wajah anda, diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

 

Cara mengatasi muka yang berminyak

Cara mengatasi muka yang berminyak yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari yakni dengan:

  • Memanfaatkan minyak zaitun

Minyak zaitun sangat terkenal dengan manfaatnya untuk kesehatan kulit anda. Minyak zaitun memiliki fungsi untuk menghilangkan minyak berlebih pada kulit wajah. Minyak zaitun memiliki kandungan yang dapat dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit. Kandungan yang ada di dalam minyak zaitun diantaranya yakni lemak omega 3, omega 6, vitamin k, vitamin e dan lemak. Bahkan minyak zaitun bisa mengobati jerawat anda serta membuat kulit wajah menjadi lebih cerah.

  • Menggunakan mentimun

Tak perlu khawatir, anda bisa memanfaatkan timun yang ada di rumah untuk merawat kesehatan wajah anda. Kandungan mineral dan vitamin yang ada pada mentimun bisa membuat wajah anda menjadi segar. Hal tersebut membuat wajah menjadi cerah dan terhindar dari kusam. Selain itu, mentimun bisa mencegah pigmentasi pada kulit dan memusnahkan lingkar hitam pada mata anda. Mentimun dipercaya bisa menyerap minyak pada wajah. Anda hanya perlu mengiris mentimun secara tipis-tipis. Lalu aplikasikan pada kulit wajah anda. Tunggu hingga 20 menit dan bilas hingga bersih. Dengan begitu produksi minyak berlebih akan hilang.

  • Memanfaatkan pisang

Pisang dipercaya memiliki kandungan vitamin c yang sangat banyak. Kandungan tersebut bisa membantu mengurangi produksi minyak yang berlebih pada wajah anda. Anda hanya perlu mengupas pisang dan menghaluskannya. Anda bisa menambahkan madu dengan pisang. Hancurkan dan aduk hingga rata. Anda lalu bisa mengaplikasikannya pada kulit wajah anda.

  • Menggunakan astringent

Astringent terbukti memiliki konsentrasi alkohol yang lebih daripada toner. Astringent tersebut bisa mengontrol produksi minyak pada kulit wajah anda. Astringent memiliki fungsi untuk mengangkat minyak berlebih yang menjadi penyebab utama munculnya komedo dan jerawat. Anda bisa memilih astringent alami dari mentimun dan witch hazel agar tidak memunculkan efek samping.

  • Menggunakan charcoal

Siapa yang tidak tahu manfaat masker charcoal yang memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit wajah. Charcoal bisa menolong kulit wajah anda untuk membuang kotoran, sebum, dan sisa make up dari pori-pori wajah anda. Menggunakan charcoal setiap hari bisa membuat pori-pori anda mengecil serta mencegah kulit memproduksi minyak berlebih pada kulit wajah anda.

Cara mengatasi kulit wajah yang berminyak

Cara mengatasi kulit wajah yang berminyak juga dapat anda lakukan dengan cara yang lebih mudah. Lakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Menjauhi konsumsi makanan berminyak

Anda perlu memahami bahwa setiap makanan yang anda konsumsi memiliki pengaruh besar bagi kesehatan tubuh anda. Mengonsumsi makanan dengan kandungan minyak tinggi bisa menjadi penyebab beberapa masalah pada tubuh. Tak terkecuali masalah kulit berminyak, berjerawat dan beberapa peradangan lainnya pada tubuh. Maka sebaiknya anda mulai mengurangi konsumsi makanan yang berminyak. Anda bisa mencoba mengalihkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayur-sayuran dan buah.

  • Memakai pelembab

Salah satu faktor yang memunculkan minyak berlebihan pada wajah adalah kadar kelembaban kulit anda. Anda bisa mulai memakai pelembab yang memiliki tekstur ringan untuk diaplikasikan pada kulit anda yang berminyak. Pelembab yang berbentuk gel memiliki bahan utama air sehingga terbebas dari minyak. Hal tersebut bisa membantu kulit lebih cepat menyerapnya.

 

Cara mengatasi wajah berminyak dengan air garam

Cara mengatasi wajah berminyak dengan air garam dapat menjadi salah satu pilihan anda. Simak langkah-langkah berikut:

  • Campuran madu dan garam laut

Anda bisa mengombinasikan madu dengan garam laut untuk menjaga kesehatan wajah anda. Bahan-bahan tersebut juga sangat mudah ditemukan di dalam rumah. Anda hanya perlu  mengombinasikan garam laut dengan air hangat dan madu. Aduk semua bahan tersebut, lalu oleskan pada kulit wajah anda secara merata.

  • Kombinasi kulit jeruk bali dan garam laut

Siapa yang tidak tahu kandungan antioksidan dan vitamin yang ada dalam jeruk bali. Jeruk bali memiliki manfaat untuk mengontrol warna kulit wajah serta bisa membantu menangkal radikal bebas yang sering menjadi penyebab kulit anda bermasalah. Anda bisa memilih bahan alami yang satu ini untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Anda hanya perlu menyiapkan gula pasir, garam laut, perasan jeruk bali, minyak kelapa, dan ampas dari jeruk bali. Haluskan hingga berbentuk pasta. Aplikasikan pada kulit wajah anda secara merata. Lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan langkah ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Campuran minyak zaitun dan garam

Siapa yang tidak mengenal kandungan minyak zaitun yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit anda. Anda hanya perlu mencampurkan garam dan minyak zaitun. Sebelumnya, bersihkan terlebih dahulu wajah anda. Lalu aplikasikan kedua campuran bahan tersebut pada kulit wajah. Diamkan selama 15 menit dan cuci hingga bersih.

Cara mengatasi wajah kusam berminyak

Cara mengatasi wajah kusam berminyak dapat anda lakukan dengan salah satu langkah berikut:

  • Melakukan perawatan rutin dengan skincare

Sebelum melakukan skincare rutin, anda harus memilih skincare yang tepat untuk kulit anda. Jangan asal menggunakan skincare pada kulit anda. Anda bisa mengatasi kulit wajah yang berminyak dengan memakai produk-produk skincare yang dibuat khusus untuk kulit wajah yang berminyak. Hal tersebut memiliki manfaat untuk menyeimbangkan produksi minyak pada kulit wajah anda.

  • Membersihkan wajah

Anda bisa merawat kulit wajah anda agar tidak kusam dan berminyak dengan cara rajin membersihkan kulit wajah sebanyak 2 kali dalam sehari yakni saat pagi dan malam hari. Namun, jangan terlalu sering mencuci wajah karena justru bisa menghilangkan minyak alami yang bertugas melembabkan kulit wajah anda. Membersihkan wajah pada malam hari bertujuan untuk menghilangkan kotoran, keringat dan riasan selama aktivitas sehari penuh. Sedangkan untuk membersihkan wajah pada pagi hari bermanfaat untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada wajah anda selama tidur malam hari. Anda bisa menggunakan loreal paris revitalift hyaluronic acid gel cleanser untuk membersihkan wajah. Selain itu, formula yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengecilkan pori-pori dan kotoran yang ada pada kulit wajah anda. Kandungan di dalamnya juga bisa melembabkan kulit wajah.

  • Menggunakan esens untuk menutrisi kulit

Pilihlah produk esens yang memiliki kandungan bahan aktif. Anda bisa memilih loreal paris micro essence untuk menutrisi dan merawat kulit wajah anda. Selain itu, produk ini juga bisa membuat kulit menjadi cerah.

  • Gunakan serum pada wajah

Serum memiliki kandungan nutrisi yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit yang berminyak. Serum bisa membuat kulit terhidrasi dengan cukup sehingga masalah kulit berminyak akan teratasi. Pilihlah produk yang memiliki kandungan hyaluronic acid karena bisa membuat kulit wajah terhidrasi. Karena formulanya sangat ringan dan bisa mencegah kulit wajah anda berminyak.

  • Memakai pelembab

Pelembab menjadi salah satu pilihan perawatan kulit wajah. Sebab pelembab bisa membuat kulit anda terhidrasi dengan sempurna. Hampir sama dengan serum, pelembab yang memiliki kemampuan menghidrasi bisa membuat kulit terhindar dari produksi minyak berlebih. Pelembab membuat kulit lebih kenyal dan membuat garis-garis halus semakin hilang.

  • Pakai sunscreen

Sunscreen sering dijadikan sebagai penutup dalam rangkaian skincare rutin. Anda harus melindungi kulit anda dari paparan langsung sinar matahari yang membuat kulit menjadi kering dan tidak lembab. Sebab hal tersebut bisa menyebabkan kulit memproduksi minyak yang berlebihan. Maka sangat penting untuk menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas seharian di luar rumah. Anda bisa memilih produk sunscreen yang memiliki kandungan airlicium yang bermanfaat untuk menyeimbangkan produksi minyak pada kulit wajah anda. Selain itu, sunscreen dengan kandungan tersebut bisa menyamarkan pori-pori pada wajah anda.

  • Eksfoliasi kulit wajah

Anda bisa mengatasi kulit wajah yang kusam dengan cara eksfoliasi. Langkah tersebut bisa membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan segar. Selain itu, pilihlah produk yang memiliki kandungan brightening actives yang bisa membantu kulit wajah anda menjadi lebih cerah dan bersih.

Cara mengatasi wajah yang berminyak dapat anda lakukan dengan berbagai langkah di atas. Anda hanya perlu melakukannya dengan rutin setiap harinya. Pilihlah cara dan bahan-bahan yang aman untuk kulit wajah anda. Sebab jika tidak, anda bisa saja membuat kulit wajah menjadi alergi dan bahkan bisa merusak kulit wajah anda. Apabila kondisi wajah tak kunjung mengalami perubahan, anda bisa mengonsultasikannya dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published.