23 Cara Mengatasi Wajah yang Berminyak dan Berjerawat

Cara mengatasi wajah yang berminyak dapat dilakukan dengan beragam cara. Anda mungkin sering mengeluh mengapa kulit wajah anda sering sekali berminyak. Hal tersebut disebabkan oleh kulit wajah anda yang memiliki kondisi terlalu banyak menghasilkan sebum. Sebum sendiri merupakan minyak alami yang bertugas untuk melapisi kulit dan kulit kepala. Produksi minyak pada kulit yang berlebihan membuat wajah anda terlihat mengkilap. Minyak pada kulit wajah anda memiliki manfaat untuk menjaga kulit tetap lembab. Namun, bila minyak tersebut diproduksi terlalu banyak malah akan menimbulkan jerawat. Sebab kondisi wajah yang memiliki minyak berlebih dapat memudahkan kotoran dan sel kulit mati untuk menyumbat pori-pori wajah anda.

Tips mengatasi wajah berminyak

Tips mengatasi wajah berminyak dapat anda lakukan dengan mudah. Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang terdapat di rumah untuk mengatasi masalah kulit wajah berminyak. Simak beberapa bahan yang dapat anda gunakan untuk mengatasi wajah berminyak:

  • Cara Mengatasi Wajah yang Berminyak dengan Lidah buaya

Anda tentunya dapat dengan mudah memperoleh lidah buaya di sekitaran area rumah anda. Lidah buaya memang dikenal memiliki segudang manfaat terutama dalam dunia kecantikan.  Lidah buaya dapat membantu kulit wajah untuk mengurangi produksi minyak. Selain itu, kandungan di dalam lidah buaya juga dapat membantu kulit anda untuk sembuh dari luka. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengaaplikasikan gel lidah buaya sesaat menjelang tidur.

  • Cara Mengatasi Wajah yang Berminyak dengan Madu

Madu juga dikenal sebaga bahan alami yang sering dimanfaatkan untuk merawat kulit wajah. Madu memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mengurangi minyak pada wajah anda. Anda juga dapat menggunakan madu untuk mencegah munculnya jerawat. Sebab madu memiliki kandungan antibakteri dan dapat membuat kulit lebih lembab. Anda hanya perlu mengaplikasikannya langsung pada wajah anda dan setelahnya bilas menggunakan air hangat.

  • Cara Mengatasi Wajah yang Berminyak dengan Putih telur

Kandungan pada putih telur tak hanya dapat digunakan untuk mengencangkan kulit. Namun putih telur dapat dimanfaatkan pula untuk mengatasi masalah kulit berminyak.

  • Cara Mengatasi Wajah yang Berminyak dengan Oatmeal

Oatmeal bisa membantu mengurangi kulit berminyak. Sebab oatmeal dapat menyerap minyak berlebih dan memiliki sifat sebagai eksfoliator. Oatmeal aman untuk kulit karena mengandung zat antiinflamasi.

  • Tomat

Tomat ternyata bisa dipilih sebagai bahan yang dapat mengurangi minyak berlebih. Tomat memiliki kandungan antioksidan dan vitamin B yang bisa merawat kesehatan kulit wajah anda. Anda hanya perlu mengombinasikan tomat dengan oatmeal sesuai takaran. Lalu oleskan pada kulit wajah selama kurang lebih 10 menit. Setelah selesai anda bisa membilasnya menggunakan air hangat.

 

Cara mengatasi wajah berminyak dan jerawat

Cara mengatasi wajah berminyak dan jerawat dengan  cara membersihkan wajah secara rutin. Anda dapat melakukan perawatan wajah secara rutin dengan rajin membersihkan wajah. Namun dalam membersihkan wajah tidak boleh berlebihan karena justru dapat merusak kulit wajah anda. Anda dapat melakukannya bersamaan saat waktu mandi. Anda dapat menerapkan metode double cleansing untuk membersihkan wajah. Anda dapat terlebih dahulu membersihkan make up dan kotoran yang menempel pada wajah anda menggunakan facial cleanser. Kemudian anda dapat mencuci wajah anda menggunakan facial foam. Pilih facial cleanser dan facial foam yang tepat untuk mengatasi kulit berjerawat dan berminyak.

 

Cara mengatasi wajah berminyak pada pria

Cara mengatasi wajah berminyak pada pria sebenarnya tidak jauh berbeda seperti perawatan pada kulit wajah perempuan. Anda bisa memilih bahan alami atau produk yang beredar untuk mengatasi wajah berminyak. Simak beberapa cara berikut untuk mengatasi kulit berminyak:

  • Cara Mengatasi Wajah yang Berminyak dengan produk oil free moisturizer

Kulit wajah pria sama halnya dengan kulit wajah perempuan. Pria tetap memerlukan pelembab untuk membuat kulit wajahnya tetap lembut dan halus. Mostuirizer mengandung formula oil free yang bisa membuat wajah anda lembab tapi tidak mengkilap. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keseimbangan pH kulit. Pelembab yang berbentuk gel biasanya sering digunakan karena gampang meresap ke dalam kulit.

  • Cara Mengatasi Wajah yang Berminyak dengan Eksfoliasi kulit wajah

Pria juga harus eksfoliasi kulit wajah untuk menjaga kulit tetap segar dan sehat. Eksfoliasi scrub contohnya bisa memperbaiki dan membuat kulit lebih cerah, serta dapat menghilangkan jerawat dan komedo pada kulit wajah pria.

  • Cara Mengatasi Wajah yang Berminyak Menggunakan clay mask

Clay mask adalah bahan alami yang dapat mengatasi kulit berminyak. Anda hanya perlu mengaplikasikan clay mask selama 10 menit dan 2 kali selama seminggu. Clay mask bermanfaat untuk mendetoks kotoran yang ada pada kulit wajah pria. Clay mask memiliki manfaat untuk membuang sel kulit mati, mengecilkan pori-pori, dan mencegah kulit wajah berminyak.

  • Menggunakan face paper

Menghilangkan minyak berlebih pada wajah dapat dilakukan dengan cara instan. Anda bisa memanfaatkan face paper untuk mengontrol minyak pada kulit wajah anda.

 

Cara mengatasi wajah yang berminyak

Cara mengatasi wajah yang berminyak selanjutnya dapat dilakukan dengan memilih astringent dan toner. Astringent memiliki manfaat untuk mengontrol minyak, mengecilkan pori-pori dan menenangkan kulit. Namun bagi kulit wajah yang sensitif harus berhati-hati karena bisa menyebabkan gatal pada kulit. Selain itu, gunakan pelembab untuk mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah anda. Pelembab memiliki kandungan asam hyaluronate yang bersifat antibakteri. Pilihlah produk pelembab yang memiliki label nonkomedogenik bertekstur air supaya tidak membuat pori-pori tersumbat.

Cara menghilangkan wajah berminyak dengan air garam

Cara menghilangkan wajah berminyak dengan air garam mungkin belum banyak anda ketahui. Namun garam tak hanya digunakan sebagai bahan dapur. Garam dapat dimanfaatkan untuk scrub, dan menghilangkan kulit berminyak. Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

  • Menggunakan garam sebagai scrub

Anda bisa mengombinasikan garam dengan minyak zaitun atau virgin coconut oil dan perasan lemon. Anda tinggal mengaplikasikannya pada wajah dan membilasnya dengan air dingin untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah.

  • Mengompres wajah

Anda hanya perlu mencampurkan garam dengan air hangat selama beberapa menit. Lalu anda bisa mengompreskannya menggunakan kapas tersebut. Anda bisa melakukannya secara rutin setiap hari hingga jerawat mengering. Namun anda harus mencuci wajah terlebih dahulu sebelum mengompres jerawat.

  • Memadukannya menjadi masker

Selanjutnya anda bisa menggunakan garam dengan campuran madu untuk kemudian diaplikasikan pada wajah. Lalu anda bisa mencuci wajah anda menggunakan sabun anda lakukan secara rutin seminggu sekali. Selain itu, anda juga dapat memadukannya dengan belimbing wuluh. Anda perlu menghancurkan belimbing wuluh terlebih dulu sebelum mencampurkannya dengan garam. Kemudian aplikasikan pada wajah selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air hangat untuk membersihkan wajah.

Cara mengatasi wajah berminyak dan bekas jerawat

Cara mengatasi wajah berminyak dan bekas jerawat dapat anda lakukan dengan mengeringkan wajah secara perlahan-lahan dan lembut. Langkah ini dapat kamu lakukan untuk mengangkat sisa-sisa kotoran pada wajah agar benar-benar hilang. Jangan menggeseknya secara keras. Anda bisa menepuk-nepuk kulit wajah secara lembut untuk mengeringkan wajah anda. Menggosok kulit wajah secara keras dapat melebarkan pori-pori dan justru membuat kotoran masuk ke dalam kulit. Hal tersebutlah yang bisa menyebabkan jerawat mudah muncul di wajah anda. Selain itu, lakukan eksfoliasi setiap hari agar sel kulit mati terangkat. Dengan eksfoliasi, kulit wajah anda akan terhindar dari radikal bebas. Lakukan perawatan tersebut dengan benar dan tidak berlebihan.

 

Cara mengatasi wajah berminyak

Cara mengatasi wajah berminyak dinilai susah-susah gampang. Jika memilih produk atau langkah yang kurang tepat bisa saja justru memperparah kondisi kulit wajah anda. Anda dapat melakukan langkah berikut untuk mengatasi wajah berminyak:

  • Gunakan make up yang ringan

Untuk mengatasi wajah yang berminyak, gunakan make up yang tidak terlalu tebal. Sebab untuk menghindari wajah semakin berminyak. Anda juga sebaiknya mengurangi foundation yang bisa membuat pori-pori wajah tersumbat.

  • Rajin menggunakan masker wajah

Untuk mengendalikan minyak pada kulit wajah anda, rutin menggunakan masker wajah bisa menjadi solusinya. Memilih gaya hidup yang sehat jeli dalam memilih produk masker yang sesuai dengan kondisi kulit wajah anda akan membantu mengurangi jumlah minyak pada wajah.

Cara mengatasi wajah berminyak dengan bahan alami

cara mengatasi wajah yang berminyak dapat dilakukan dengan beragam cara. Anda bisa menggunakan produk yang ada di swalayan atau menggunakan bahan alami. Cara mengatasi wajah berminyak dengan bahan alami sangatlah mudah. Simak beberapa tips berikut:

  • Menggunakan blotting paper

Blotting paper merupakan kertas minyak yang tipis. Kertas ini tidak bisa mencegah produksi minyak berlebih. Namun blotting paper bisa menolong anda untuk menghilangkan minyak pada kulit wajah anda. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalkan kulit wajah yang berminyak dan terlihat berkilau. Cara menggunakannya mudah, blotting paper pun juga mudah ditemukan di berbagai swalayan dan supermarket bahkan apotek. Namun, dalam menggunakannya anda tidak boleh berlebihan.

  • Gunakan oatmeal

Manfaatkan oatmel untuk menenangkan kulit wajah anda yang tengah meradang. Oatmeal menolong kulit anda untuk membuang sel-sel kulit mati. Haluskan terlebih dahulu oatmeal dan kombinasikan dengan madu, yoghurt atau bahkan buah yang telah halus seperti pepaya, apel, dan pisang. Pertama-tama anda perlu mencampurkan oatmeal dengan air panas. Lalu aduk hingga berbentuk pasta dan masukkan madu. Kemudian aplikasikan ke wajah dan pijat-pijat selama beberapa menit. Setelah itu anda bisa membilasnya dengan air hangat. Anda bisa melakukannya secara rutin.

  • Gunakan madu

Madu sudah lama dikenal sebagai bahan yang dapat digunakan untuk mengobati masalah kulit. Madu memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri yang bisa mengatasi masalah kulit berminyak bahkan berjerawat. Kandungan  humektan dalam madu bisa membuat kulit lembab. Anda bisa mengoleskan madu secara tipis-tipis pada kulit wajah. Tunggu hingga kering, yakni selama kurang lebih 10 menit. Anda bisa membilasnya dengan air hangat dan melakukannya secara rutin.

  • Membuat masker dari lemon dan putih telur

Lemon dan putih telur terbukti dapat mengatasi kulit berminyak dengan cara membuat kencang pori-pori. Kandungan asam yang ada dalam lemon bisa menyerap minyak berlebih pada kulit wajah anda. Namun, jika anda alergi telur sebaiknya tidak memilih tips ini. Langkah membuat masker dari lemon dan putih telur sangatlah mudah. Anda hanya tinggal mencampurkan putih telur dengan air perasan lemon. Kemudian tinggal mengaplikasikannya pada wajah dan tunggu sampai mengering. Bilas menggunakan air hangat.

  • Gunakan scrub kacang almond

Kacang almond memiliki manfaat untuk membuat kulit mati terkelupas. Selain itu, kacang almond juga bisa menyedot minyak dan kotoran pada kulit wajah anda. Anda perlu menghancurkan almond hingga halus, lalu masukkan madu dan aduk hingga tercampur rata. Kemudian aplikasikan secara perlahan-lahan dengan gerakan memijit melingkar. Setelah kering basuh dengan air hangat. Namun, jangan menggunakan cara ini jika anda memiliki alergi dengan kacang-kacangan.

  • Gunakan minyak jojoba

Minyak jojoba terbukti dapat membuat kulit memproduksi minyak lebih sedikit. Minyak jojoba juga membuat kadar minyak pada wajah anda agar lebih seimbang.

Cara menghilangkan wajah yang berminyak

Cara menghilangkan wajah yang berminyak dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • memilih foundation yang aman untuk kulit wajah. Pemilihan foundation yang tidak sesuai dengan kondisi wajah anda justru akan membuat wajah terlihat makin berminyak dan mengkilap. Pilih foundation yang oil free agar bisa menyerap air seperti halnya spons. Selain itu, hilangkan kebiasaan menyentuh wajah. Kebiasaan yang satu ini dapat memicu wajah berjerawat atau berminyak. Kotoran, bakteri dan minyak yang terdapat pada tangan akan berpindah saat tangan anda menyentuh wajah.
  • Makanan juga memiliki andil besar menjadi penyebab muka berminyak. Anda yang gemar mengonsumsi junk food sebaiknya segera menguranginya. Makanan yang mengandung lemak dan minyak seperti gorengan dan junk food bisa membuat kulit wajah anda makin berminyak. Selain itu, jauhi mengonsumsi makanan yang pedas dan jangan mengonsumsi alkohol. Beralihlah ke makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Sayur dan buah mampu mengontrol kadar minyak pada kulit anda. Selain itu, sayur dan buah dapat membuat kulit wajah anda lebih cerah dan sehat. Perbanyak konsumsi air putih karena juga dapat mengontrol minyak pada kulit wajah.
  • Konsumsi buah pisang

Anda perlu tahu bahwa buah pisang memiliki kandungan potasium yang jika anda konsumsi rutin dapat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan potasium dalam pisang bisa membantu anda untuk mengatur pelepasan cairan dan menjaga keseimbangan natrium. Hal tersebut baik untuk mencegah produksi minyak pada wajah anda. Anda hanya perlu menghancurkan pisang hingga seperti pasta. Kemudian aplikasikan pada wajah. Pisang yang anda gunakan sebaiknya pisang matang yang memiliki warna kuning dan ada bintik hitamnya. Lalu bilas hingga bersih.

  • Gunakan bengkoang

Bengkoang sudah dikenal sebagai bahan alami yang bagus untuk kesehatan kulit. Bengkoang tak hanya dikenal sebagai bahan yang bisa membuat kulit lebih cerah. Namun, bengkoang bisa membantu mengatasi kulit berminyak. Bengkoang memiliki kandungan vitamin c dan vitamin b yang membuat kulit wajah anda makin segar. Anda hanya perlu menggunakan masker dari bengkoang atau bisa juga dengan memakan bengkoang setiap hari untuk mengatasi masalah kulit berminyak pada wajah anda.

Cara mengatasi wajah yang berminyak memang tidak mudah. Sebab untuk mengontrol minyak berlebih pada wajah harus tetap memperhatikan kadar kelembaban pada kulit. Anda harus memilih bahan alami atau produk yang sesuai dengan jenis kulit berminyak anda. Supaya saat menggunakan bahan atau produk tersebut tidak menimbulkan masalah kulit lainnya. Kulit yang berminyak sebaiknya mendapat perawatan yang  tepat dan dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Apabila anda merasa memerlukan konsultasi dengan dokter, sebaiknya segera mendatangi dokter yang ahli. Sebab terkadang perawatan kulit wajah memerlukan tindakan yang tepat oleh profesional yang ahli dalam bidang kecantikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.