Cara Menghilangkan Bau Kaki

Keluarga Sehat, [unya masalah dengan bau kaki? Aroma yang tak sedap dari kaki disebabkan oleh kondisi kaki yang lembap. Juga karena keringat yang berlebih pada kaki kita. Secara mendasar, fungsi dari kelenjar keringat adalah menjaga kelembapan kulit. Juga mengatur suhu tubuh saat cuaca panas atau saat aktivitas fisik. Hanya saja kelenjar keringat yang ada di kaki lebih banyak, jika dibandingkan di bagian tubuh yang lain. Itulah kenapa keringat pada kaki jadi lebih banyak dari seharusnya, apalagi jika sedang stres atau mengenakan sepatu seharian.

Penyebab Bau Kaki

Selain yang telah disebutkan di atas, ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan bau pada kaki, misalnya adalah :

Kurang higienis

Semua keringat yang menempel di sepatu, akan membuat sepatu ikut menimbulkan bau tak sedap. Jadi kaki malah bisa makin bau jika sepatu yang sama digunakan terus. Maka gantilah sepatu secara rutin, cuci dan jemur sepatu setelah digujnakan beraktivitas berat.

Perubahan hormon

Biasanya terjadi pada anak remaja dan juga ibu hamil, sehingga menyebabkan keringat pun jadi berlebihan pada kaki kita.

Infeksi jamur

Hal lainnya yang menyebabkan bau kaki adalah adanya infeksi jamu, kondisi itu akan membuat kaki menjadi berbau busuk dan membuat minder.

Umumnya kita kurang peduli dengan kondisi ini, bahkan ada yang tidak sadar akan bau kaki. Kita harus mengetahui hal apa saja yang bisa sebabkan hal itu. Supaya bisa dicegah atau diobati untuk menghindari kaki dengan aroma yang tidak sedap.

Cara yang Bisa Dilakukan untuk Hilangkan Bau Kaki

Biasakan mencuci kaki tiap hari, lalu keringkan hingga ke sela-sela jarinya.
Tak cuma mencuci kaki, biasakan merendam kaki ke dalam air garam bisa juga air campuran cuka. Setidaknya selama 10 hingga 20 menit. Larutan air garam dan cuka bisa menghalau bakteri penyebab bau pada kaki kita.
Selalu jaga kebersihan kuku kaki dengan baik, yakni rutin memotong kuku kaki kaki.
Usahakan menggunakan sepatu dari bahan kanvas atau dari kulit, sebab lebih memungkinkan kaki supaya bisa bernapas. Jika cuaca sedang panas, maka gunakan alas kaki yang terbuka seperti sandal saja.
Baiknya jangan menggunakan sepatu yang sama berhari-hari. Sepatu pun harus dicuci teratur.
Letakkan sepatu di tempat yang kering dan terang supaya bakteri tidak tumbuh.
Bisa juga dengan membungkus soda kue menggunakan kain kasa, masukkan dalam sepatu supaya tidak bau setelah digunakan.

Selain itu gunakan kaus kaki bersih tiap hari, apalagi jika cuaca sedang panas atau sedang melakukan olahraga. jika cara di atas tidak ampuh dalam mengatasi bau kaki, maka sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk tindakan yang lebih lanjut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.