Cara Mengobati Flu Pada Bayi Baru Lahir, Khawatir Pilek Berkepanjangan

Keluarga Sehat, bagaimana cara mengobati flu pada bayi baru lahir? Sebab orangtua khawatir pilek berkepanjangan. Apalagi pada bayi baru lahir, yang notabene imunnya belum terbentuk dengan sempurna. Saat bayi terkena virus, sistem imun mereka belum berkembang dengan baik sehingga virus sepele pun bisa menyebabkan kematian. Itulah mengapa kita sebagai orang dewasa harus hati-hati dengan kondisi kesehatan si keci.

Orang dewasa pun tak menyukai saat flu, hidung tersumbat dan sakit kepala. Bayangkan jika terjadi pada bayi, mereka tak bisa mengekspresikan perasaan. Sehingga yang terjadi adalah ia terus menerus rewel. Sebagai orangtua baru, mengurus bayi baru lahir yang sehat saja kadang bingung, apalagi yang sedang sakit. Itulah mengapa orangtua baru harus banyak mencari informasi mengenai bayi yang baru lahir dan bagaimana merawatnya.

berikut adalah beberapa cara mengobati flu pada bayi baru lahir, silahkan simak :

Baluri dengan Minyak Telon

Bayi baru lahir bisa menggunakan minyak telon untuk menghangatkan tubuhnya. Tapi pastikan hanya menggunakannya sedikit saja, sesuaikan dengan usia si kecil. Sebab dengan kulitnya yang masih sangat ringkih, tentu minyak telon yang terlalu banyak akan membuatnya merasa terbakar. Maka karena itu, saat si kecil mulai flu dan hidungnya tersumbat, maka gunakan minyak telon untuk menghangatkan dada serta perutnya. Cukup satu atau dua tetes minyak telon, lalu baluri seluruh tubuh bayi, telapak kakinya jangan lupa.

Manfaatkan Aromaterapi

Selain menggunakan minyak telon, orangtua juga bisa menggunakan minyak aromaterapi untuk melegakan saluran napas anak. Banyak sekali aromateraphy oil yang tersedia, misalnya untuk tidur yang lebih nyenyak, meredakan stres, melegakan tenggorokan dan hidung, serta masih banyak lagi. Demikian pula untuk flu si kecil, cara mengobati flu pada bayi baru lahir bisa dengan memanfaatkan aromaterapi ini. Caranya bisa dengan menggunakan baskom berisi air panas, lalu tetes dengan minyak aromaterapi, letakkan di dalam kamar si kecil. Bisa juga menggunakan air difuser atau pemanas khusus untuk aromaterapi yang banyak dijual di pasaran.

Gunakan Pipet untuk Sedot Ingus

Cara mengobati flu pada bayi baru lahir lainnya adalah dengan mengatasi ingusnya. Hidung bayi pasti tersumbat dan ia akan rewel. Untuk memperlancar saluran napasnya, juga membuatnya lebih nyenyak untuk tidur, gunakan pipet untuk menyedot ingusnya. Kita bisa membeli pipet khusus untuk menyedot ingus bayi. Cara menggunakannya juga cukup mudah, hanya pastikan si kecil tak rewel saat menggunakannya. Masukkan pipet ke dalam hidung si kecil, dengan posisi karet pipet sudah kita pencet. lalu setelah berada dalam hidung bayi, buka pencetan jari pada karet pipet. Setelah ingusnya tersedot, keluarkan pipet dan bersihkan menggunakan tisu atau air hangat.

Demikian adalah beberapa cara mengobati flu pada bayi baru lahir. Pastikan untuk selalu memberikan ASI pada si kecil, supaya ia bisa terus mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Apalagi pada bayi baru lahir, ASI adalah satu-satunya makanan yang bisa ia konsumsi. Ibu bisa lebih sering menyusui si kecil, pastikan ibu juga dalam kondisi prima supaya kualitas ASInya terjaga.

Bukan hanya ibu yang memiliki kewajiban untuk menjaga si kecil saat sakit, ayah pun sama. Pastikan juga orangtua menjaga kondisinya, ya. Supaya bisa maksimal dalam menjaga si buah hati terutama saat si kecil sedang tak sehat. Konsumsi makanan yang sehat dan vitamin, konsumsi minuman hangat yang sehat juga istirahat yang cukup supaya imunnya baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.