Cara Mengonsumsi Jus Sehat untuk Hasil Optimal


Keluarga Sehat, bagaimana cara mengonsumsi jus sehat? Sebab untuk hasil optimal butuh cara yang tepat. Dalam mengonsumsi buah dan sayur berbentuk jus, banyak yang kurang tepat sehingga hasilnya tak maksimal. Padahal jus keuntungannya banyak bagi tubuh, apalagi jika orang itu tak suka makan buah secara langsung. Ada beberapa hal yang memang harus kita perhatikan sebelum konsumsi jus.

Bagaimana Cara Mengonsumsi Jus Sehat?

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kita perhatikan jika ingin rutin minum jus, supaya hasil yang optimal kita dapatkan.

Perhatikan Kandungan Kalori

Karena mengira jus sudah sangat sehat, ternyata dalamnya ada kalori yang berlebihan. Biasanya hal itu terjadi karena campuran buah yang masuk dalam jus tersebut, belum lagi gula maupun kental manis yang masuk. Padahal aneka macam buah yang masuk dalam jus pun memiliki kalori, sehingga saat bercampur semua bisa membuat kalorinya meningkat.

Supaya bisa mengontrol kalori jus sehat kita, baiknya gunakan sayuran sebagai bahan utamanya. Apabila memerlukan perasa, maka cukup menambahkan satu jenis buah saja ya. Kemudian untuk mendapatkan asupan protein dalam jus, bisa masukkan beberapa bahan yang bisa jadi pilihan, contoh biji rami, yoghurt, atau susu kacang almond sekalipun.

Habiskan Segera adalah Cara Mengonsumsi Jus Sehat

Supaya bisa mendapatkan hasilnya yang optimal, pastikan langsung mengonsumsi jus setelah kita buat sampai habis. Supaya selalu langsung habis, maka usahakan untuk membuat jus sehat sesuai kebutuhan. Jangan terlalu banyak supaya tak mubazir. Juga jangan menyimpan jus untuk kita minum besok-besok sebab bisa basi dan jadi sarang bakteri berbahaya.

Konsumsi Ampas Jus

Buah dan sayur yang kita buat jus akan berkurang kandungan seratnya, memangnya kemana pergi serat-serat itu? Ternyata hilangnya sebagian serat buah dan sayuran tersebut karena tertinggal dalam ampasnya. Baiknya jangan buang langsung ampas jus, sebab seratnya banyak ada dalamnya. Kita bisa olah ampas jus untuk bahan masakan lainnya, misal untuk saus pasta dan sebagainya.

Kita bisa mengonsumsi jus sehat untuk menjaga kesehatan, bahkan baik untuk kita lakukan apalagi dengan mengikuti gaya hidup sehat lainnya. Adapun gaya hidup sehat adalah tetap mengonsumsi berbagai makanan sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Jangan lupa untuk berolahraga secara teratur, dan juga lakukan istirahat cukup setia hari. Apabila jus sehat akan digunakan untuk tujuan pengelolaan penyakit khusus, baiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter gizi kita.

Berikut ini adalah manfaat yang akan kita rasakan jika rutin konsumsi jus sehat :

Sistem Pencernaan Lancar

Nutrisi dalam jus sehat mudah tubuh serap dan kuman baik dalam usus pun akan berkembang dengan baik. Organ pencernaan pun akan tetap sehat dan berfungsi dengan maksimal. Supaya lebih banyak konsumsi serat, biasakan untuk mengonsumsi buah dan sayuran ya.

Bisa Menurunkan Berat Badan

Dengan mengkonsumsi jus sehat yang terbuat dari buah dan sayuran, mampu menurunkan berat badan. Tetapi dengan syarat tidak mengonsumsi makanan dan minuman berkalori tinggi.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan cara mengonsumsi jus sehat yang benar, maka tubuh akan dapatkan sumber makanan yang kaya akan vitamin dan mineral lengkap. Jadi dengan mengonsumsi jus secara rutin, maka sangat bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Juga bagus untuk membantu melawan virus penyebab penyakit apapun.

Bisa Meredakan Peradangan

Manfaat lainnya tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh saja, tapi juga meredakan peradangan pada penderita arthritis lho. Sebab jus buah dan sayur diketahui mengandung antioksidan yang tinggi, ingga mampu membantu tubuh untuk redakan radang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.