Cara Menjaga Kesehatan Anak Supaya Sehat

Keluarga sehat berarti semua anggota keluarganya sehat dan juga memiliki kondisi fisik yang baik. Di musim pancaroba ini, anak-anak harus diberikan perlindungan ekstra supaya tak mudah sakit. Bagaimana cara menjaga kesehatan anak supaya tak gampang sakit?

Begini Langkah Menjaga Kesehatan Anak

Jika anak memiliki daya tahan tubuh yang kuat, maka mereka bisa terlindung dari bakteri, parasit dan virus penyebab berbagai penyakit. Nah, supaya daya tahan tubuh mereka terjaga dengan baik, maka ini langkah yang bisa dilakukan.

Ajari Anak Terbiasa Menjaga Kebersihan

Yang pertama adalah biasakan si kecil untuk menjaga kebersihan. Misalnya dengan mandi teratur sehari dua kali, menggunting kuku jika sudah panjang. Juga selalu menggunakan alas kaki jika pergi keluar.

Anak juga harus diajari cuci tangan sebhelum dan sesudah makan, setelah keluar dari toilet juga. Selain itu setelah batuk dan bersin, atau memegang hewan juga harus cuci tangan. Kondisi rumah juga tak boleh lembap dan kurang cahaya ya!

Biasakan Anak untuk Olahraga

Melakukan olahraga dengan rutin itu bisa menguatkan tulang anak, pertumbuhannya jadi maksimal. Selain itu juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Ajak anak-anak untuk olahraga setidaknya setengah hingga satu jam per hari dengan rutin.

Walau bukan olahraga yang ‘resmi’, misalnya senam atau gymnastic, setidaknya mereka tetap bergerak. Contohnya dengan berenang, kejar-kejaran dan bersepeda.

Jam Tidur Anak Cukup

Produksi sitoksin bisa berkurang jika kurang tidur. Sitoksin adalah penangkal radang dan infeksi. Maka karena itu, si kecil harus tidur cukup sesuai dengan usia mereka. Untuk batita dan balita sekitar 10 hingga 13 jam dalam sehari, untuk 6 hingga 13 tahun adalah 9 hingga 11 jam saja.

Berikan Makanan yang Bernutrisi

Penuhi nutrisi anak, supata daya tahan tubuhnya berkembang dengan baik. Utamanya saat cuaca sangat tak menentu seperti sekarang. Apabila masih bayi, pastikan ia juga mendapatkan ASI eksklusif hingga usianya 6 bulan.

Jika anak sudah bisa makan makanan keluarga, maka berikan buah dan sayur aneka warna. Maksudnya supaya bisa membuat anak tertarik menyantapnya. Orang tua juga harus pandai berkreasi supaya bisa memberikan makanan dengan tampilan yang menarik.

Boleh juga memberikan susu dengan nutrisi lengkap, mengandung kalsium, lemak omega 3, prebiotik, protein, juga vitamin mineral. Tak hanya untuk si kecil saja, seluruh anggota keluarga harus konsumsi makanan yang sehat. Pastikan setiap hari memakan buah dan juga sayuran, minum susu dan suplemen makanan jika dibutuhkan. Keluarga sehat terbentuk dari kebiasaan hidup sehat yang dilakukan setiap hari. Mari jaga kesehatan, utamanya di musim pancaroba seperti sekarang ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.