Cara Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan panca indera yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Maka tak heran jika manusia selalu menjaga kesehatan matanya. Jika mata iritasi saja rasanya sangat tidak nyaman, bagaimana dengan luka serius? Maka dari itu jagalah mata anda dengan mengkonsumsi makanan bergizi serta rutin memeriksakan kesehatan mata.

Mencegah penyakit pada mata tentu lebih baik daripada mengobati mata yang sakit. Maka dari itu, rutinlah periksakan mata anda dan konsumsi suplemen serta makanan bergizi untuk menjaga kesehatan kedua bola mata anda.

Berikut beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk menjaga kesehatan mata yang berhasil kami rangkum :

Rutin Memeriksakan Mata

Setiap manusia tak terkecuali anak anak dianjurkan untuk memeriksakan mata secara rutin. Hal itu bertujuan untuk mencegah resiko penyakit mata. Dengan rutin memeriksakan kesehatan mata, mengurangi resiko masalah pada mata. Terlebih mata juga bisa mendeteksi penyakit tertentu seperti diabetes.

Bahkan bagi seseorang yang sudah berusia lanjut, disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali. Terlebih penyakit katarak sangat rentan menyerang seseorang yang sudah lanjut usia. Adapun untuk anak-anak harus diperiksa mengingat zaman sekarang tak bisa lepas dari gadget dan televisi. Terlebih jika si anak suka membaca dalam ruangan minim pencahayaan serta membaca dalam jarak yang dekat. Jika rutin memeriksakan mata maka penyakit sekecil apapun akan lebih mudah terdeteksi. Anda bisa memeriksakannya ke dokter mata di klinik atau di rumah sakit terdekat.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Tak kalah penting bagi kesehatan tubuh yaitu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti vitamin A, E, zinc, lutein, selenium serta asam lemaknomega 3 dipercaya dapat membantu menangkal masalah mata sepertj katarak dan degenerasi makula. Adapun makanan yang mengandung vitamin di atas adalah salmon, sayuran hijau, tuna, telur serta kacang-kacangan.

Kurangi Screen Time

Zaman serba digital seperti sekarang, setiap orang tak bisa lepas dari gadget. Jika terlalu sering bermain gadget maka mata akan sangat lelah. Hampir 24 jam menatap layar handphone, bermain laptop, dan menonton televisi merupakan kegiatan yang sangat melelahkan bagi mata. Maka dari itu jika anda ingin melindungi dan menjaga mata anda maka kurangilah screentime. Perbanyak senam mata dan biasakan melihat pemandangan agar mata menjadi lebih segar. Sering-seringlah mengistirahatkan mata anda selama 15 menit setiap kali screen time. Anda juga bisa meneteskan obat tetes mata untuk menyegarkan mata anda.

Menggunakan Kaca Mata Hitam

Jika anda sedang berada di luar ruangan, maka ada baiknya menggunakan kacamata hitam untuk melindungi mata anda dari efek berbahyaa sinar ultraviolet matahari. Jika mata terlalu sering terkena sinar ultraviolet maka kemungkinan terpapar katarak dan berbagai penyakit mata lainnya akan lebih besar. Dengan menggunakan kacamata hitam maka bisa memblokir sinar UVA dan UVB .

Konsumsi Suplemen

Selain mengkonsumsi makanan bergizi, jika perlu anda juga bisa mengkonsumsu suplemen vitamin penunjang kesehatan mata. Terdapat banyak pilihan suplemen dengan berbagai macam jenis seperti kaplet, sirup atau pil. Konsumsi sesuai dengan anjuran yang sudah ditentukan.

Olahraga

Hal lain yang tak kalah penting adalah berolahraga. Olahraga yang benar dapat mengurangi resiko darag tinggi, diaberes serta kolestrol. Jika terserang penyakit tersebut maka akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Maka dari itu, rutinlah berolahraga untuk menjaga tubuh dan mata anda.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan di rumah untuk menjaga kesehatan mata. Lebih baik mencegah daripada mengobati, karena mata adalah jendela dunia yang sangat penting bagi hidup anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.