Cara Menyembuhkan Asam Lambung Tanpa Obat

Keluarga sehat, pernahkah merasa jika ada rasa seperti terbakar dan tak nyaman di kerongkongan? Bisa jadi itu adalah gejala GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), alias asam lambung naik. Ingin tahu cara menyembuhkan asam lambung tanpa obat?

Yang dimaksud dengan GERD itu sendiri ialah saat terasa nyeri di ulu hati, juga terasa terbakar karena asam lambung yang naik ke esofagus kita

Kurang lebih sama dengan refluks asam lambung, dan itu adalah proses pencernaan yang normal. Namun jika sering terjadi dan membuat tubuh terasa tak nyaman, bisa jadi ada penyebab lainnya

Cara Mengatasi Asam Lambung

Ternyata asam lambung naik tak perlu selalu diobati dengan produk kimia, lho. Sebab kita juga bisa mencegah asam lambung naik dengan beberapa cara di bawah ini:

Jangan Makan Terlalu Banyak Sekaligus

Di dalam tubuh ada semacam cincin lambung yang mencegah asam lambung supaya tak naik, dan disebut dengan sfingter. Jika kita merasa sakit dan panas karena asam lambung naik, itu karena sfingter ini tidak berfungsi dengan baik.

Cara untuk merawatnya adalah dengan makan sedikit-sedikit, jangan dibiasakan sekaligus makan banyak karena akan menyakiti diri sendiri. Salah satunya dengan asam lambung yang naik.

Libur Minum Kopi

Bagi yang punya masalah dengan asam lambung, dan suka ngopi, bisa jadi itu disebabkan oleh kafein yang ada dalam kopi. Sebab konsumsi kafein yang banyak bisa mengurangi kinerja sfingter, demikian menurut para ahli.

Mengunyah Bubble Gum

Ternyata dengan mengunyah permen karet bisa mengurangi kadar asam pada kerongkongan kita, karena dengan mengunyah permen karet bisa merangsang produksi air liur lebih banyak, sehingga membasahi kerongkongan dan menurunkan kadar asamnya.

Jangan Minum Soda

Minum soda dingin memang sangat nikmat, namun jika memiliki masalah dengan asam lambung dan GERD, baiknya mulai hindari minuman yang satu ini. Karena berpotensi besar untuk memicu asam lambung naik.

Tidur dengan Kepala yang Lebih Tinggi

Saat tidur pun jangan sembarangan, biasakan untuk tidur dengan bantal yang agak tinggi (seperti bersandar) jika asam lambung dan GERD sedang kambuh.

Berbaring ke Kiri

Jika tidur bersandar terasa kurang nyaman, maka bisa memilih untuk tidur berbaring ke kiri supaya asam lambung dan GERD tidak menyiksa saat tidur. Tentu kita tak ingin hal ini terjadi, bukan? Apalagi jika tidur malam terganggu, esok hari pasti tak fit.

Jika tidur di sisi kiri, sfingter lebih tinggi daripada asam lambung sehingga tak akan ‘kecolongan’ dan membuat tidur jadi tak nyaman akibat asam lambung yang naik.

Demikian adalah cara menyembuhkan asam lambung tanpa obat, semoga bermanfaat ya untuk keluarga sehat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.