Cara Menyembuhkan Sariawan Tanpa Perih

Semua orang sepertinya pernah mengalami sariawan, Keluarga Sehat juga pasti pernah mengalaminya bukan? Karena sariawan seringkali membuat mulut terasa tidak nyaman dan sakit, banyak cara menyembuhkan sariawan yang dicari.

Ada banyak penyebab sariawan, salah satunya karena panas dalam, tergigit saat bicara atau makan, infeksi, terjadi perubahan hormon, kekurangan vitamin dan bisa juga karena alergi.

karena penyebabnya juga beragam, maka cara menyembuhkan sariawan pun berbeda-beda. Mengapa perlakuannya harus berbeda? Sebab beda penyebab, beda pula penyembuhannya, alias tak bisa disamaratakan.

Obat Sariawan yang Ampuh

Pada dasarnya sariawan bisa sembuh sendiri walaupun tanpa pengobatan apapun. Hanya saja rasa perihnya membuat kita tak bisa makan dan minum dengan leluasa, juga tak bisa bicara dengan benar. Hal itu tentu saja terasa sangat menyiksa bukan?

Maka karena itu, berikut adalah beberapa obat sariawan yang ampuh dan bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan dengan cepat :

Daun Saga dan Akar Manis

Sejak zaman dahulu kala, baik daun saga dan licorice atau akar manis berkhasiat mengobati sariawan. keduanya juga dijadikan obat herbal karena kandungan anti bakterinya dan juga anti radang. Selain itu kedua bahan ini mengandung antioksidan. Itulah mengapa kombinasi dari kedua bahan ini bisa mempercepat tubuh melakukan penyembuhan dari sariawan yang menyiksa.

Daun sirih

Sejak zaman dahulu kala, daun sirih biasa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Biasanya orang zaman dahulu mengunyah daun sirih dengan kapur, membuat gigi mereka tetap bersih dan kuat. Tanaman ini umumnya dijadikan obat herbal, kandungannya anti radang dan antibakteri serta antioksidan. Tak heran jika daun sirih begitu diidolakan untuk menjadi herbal yang berkhasiat untuk mulut dan gigi.

Madu

Jika kita menggunakan madu yang sudah dipasteurisasi, maka khasiatnya untuk pengobatan sariawan lebih tinggi. Untuk menggunakan madu sebagai obat sariawan, maka gunakan empat kali sehari. Caranya dengan mengoleskan sedikit madu pada luka sariawan, gunakan cotton buds supaya lebih mudah.

Minyak Kelapa

Kandungan antibakteri dan juga bisa mencegah penyebaran sariawan karena infeksi, membuat minyak kelapa cocok sekali untuk menyembuhkan sariawan di mulut dan lidah.

Es Batu

Supaya bisa merasa lebih nyaman untuk makan dan minum, gunakan es batu. Caranya juga sangat sederhana, yaitu dengan mengulum es batu selama beberapa saat. Hal itu akan membantu kita untuk melemaskan mulut dan lidah, sehingga tak terasa sakit saat digunakan untuk makan.

Obat Kumur Chlorhexidine

Zat ini digunakan untuk membunuh bakteri yang menyebabkan mulut bermasalah. Bahkan obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi pembengkakan, pendarahan, juga radang gusi. Itulah kenapa obat yang satu ini digunakan masyarakat untuk mengobati sariawan. Hanya saja ada efek samping buruknya, yaitu membuat lidah dan gigi jadi agak cokelat.

Obat Oles

Cara menyembuhkan sariawan lainnya adalah dengan menggunakan obat oles dengan bahan aktif kortikosteroid, benzocaine, atau fluocinonide. Semuanya bisa mengurangi rasa sakit akibat sariawan dan bisa mempercepat penyembuhannya.

Bagaimana? Keluarga sehat harus tahu cara menyembuhkan sariawan dengan cepat. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.