Cara Ukur Lingkar Pinggang di Rumah

infokeluargasehat.com – Cara Ukur Lingkar Pinggang di Rumah.

Tidak sedikit orang yang ingin bentuk tubuh ideal. Salah satu komponen yang diperhatikan ketika menghendaki punyai tubuh ideal adalah ukuran pinggang.

Ukuran pinggang bisa diketahui bersama mengukur lingkar pinggang alias lingkar perut, yaitu garis yang menyentuh tempat bawah tulang rusuk dan bagian atas tulang pinggul.

Pria dan wanita memiliki lingkar pinggang ideal yang berbeda. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes Ri), lingkar perut pria idealnya adalah 90 cm atau kurang. Sementara, ukuran lingkar pinggang wanita ideal adalah 80 cm atau kurang.

Tak hanya membantu penampilan, ukuran lingkar pinggang ideal dapat kurangi risiko terjangkit penyakit, lho. Di bawah ini fungsi dan juga cara mengukur lingkar pinggang yang bisa anda coba di rumah.

Alasan Pentingnya Mengukur Lingkar Pinggang

Cara Ukur Lingkar Pinggang di Rumah

Menurut dr. Devia Irine Putri, lingkar pinggang mesti diukur secara berkala. Menurutnya, ukuran lingkar pinggang dapat membantu mengetahui risiko mengalami masalah kesehtan.

“Soalnya, semakin lebar ukuran lingkar pinggang, semakin rentan pula kamu mengalami masalah kesehatan. Sebab, hal ini menandakan adanya kelebihan lemak di perut,” jelas dr. Devia.

Menurut studi yang dimuat jurnal Circulation, lemak perut berlebih dapat meningkatkan risiko mengidap penyakit jantung. Soalnya, lemak perut bisa melepaskan senyawa penyebab peradangan.

Senyawa ini bisa menyebabkan pembuluh darah jantung meradang dan menyempit agar risiko gangguan jantung semakin besar.

Risiko mengidap penyakit jantung bahkan bisa dialami orang dengan lemak perut berlebih, tapi punya indeks massa tubuh yang sehat.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (Cdc), Amerika Serikat, lemak perut berlebih juga dapat menambah risiko mengidap gangguan kesehatan lainnya, seperti obesitas, diabetes jenis 2, dan tekanan darah tinggi.

Sebab itu, penting mengetahui cara mengukur lingkar pinggang agar anda bisa mengubah pola hidup dan menahan risiko terjangkit penyakit.

Cara Mengukur Lingkar Pinggang

Mengukur lingkar pinggang tidaklah sulit. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah, lho.

Anda hanya harus  menyiapkan alat seperti pita meteran, benang, penggaris, dan cermin. Berikut cara mengukur lingkar perut:

1. Mengukur Lingkar Pinggang dengan Pita Pengukur

Sebelum mengukur lingkar pinggang mengenakan pita meteran, penting bagi anda untuk menyingkap baju sampai di bawah dada. Jikalau dirasa tidak cukup nyaman, anda juga bisa melepaskan baju ketika mengukur lingkar perut.

Tujuannya adalah supaya penghitungan lingkar pinggang jadi lebih tepat. Lalu, siapkan pita meteran sambil berdiri di hadapan cermin.

Lakukan sederet langkah-langkah di bawah ini:

  • Berdiri tegak dalam keadaan relaks
  • Bernapaslah dengan normal dan jangan mengencangkan perut
  • Lingkarkan pita meteran di sekeliling perut, tepat di atas tulang pinggul dan sejajar dengan pusar
  • Pastikan pita meteran tidak melingkar tidak terlalu ketat ataupun kendur
  • Tempelkan ujung meteran angka 0 di pusar, sementara sisanya melingkari perut
  • Ukur pinggang tepat setelah kamu mengembuskan napas. Caranya, dengan mengambil angka yang berpotongan dengan angka 0 di pita meteran

2. Mengukur Lingkar Pinggang dengan Benang

Jikalau Tidak mempunyai pita meteran di rumah, anda bisa gunakan benang untuk mengukur lingkar pinggang. Tak hanya itu , siapkan juga penggaris dan spidol.

Simak cara mengukur lingkar pinggang pakai benang berikut:

  • Lingkarkan benang di sekeliling pinggang hingga ujungnya saling bertemu
  • Lingkarkan benang sejajar dengan pusar dan tepat di atas tulang pinggul
  • Apit benang menggunakan telunjuk dan ibu jari untuk menyesuaikan ukurannya pada pinggang
  • Bernapaslah dengan normal dan jangan mengencangkan perut
  • Buang napas dengan lembut ketika mengukur lingkar perut
  • Gunakan spidol untuk menandai titik akhir benang
  • Gunakan penggaris untuk mengukur tanda pada benang

Cara mengukur lingkar pinggang sangatlah mudah . Terapkan langkah-langkah di atas untuk mengetahui ukuran lingkar pinggang anda, ya!

Jika ukuran lingkar perut melebihi batas ideal, penting anda harus mengubah gaya hidup. Caranya, dengan berolahraga dan konsumsi makanan sehat bergizi seimbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.