Cari Tahu Penyebab Pilek Tak Kunjung Sembuh, Bagaimana Mengobati Bayi Pilek Secara Alami?

Keluarga sehat, apa penyebab pilek tak kunjung sembuh? apalagi pada bayi yang pastinya membuat orangtua jadi sangat khawatir. Untuk bayi memang tak bisa sembarangan melakukan pengobatan, kita butuh konsultasi dengan dokter. Jangan sembarangan mengobati bayi, sebab ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelumnya.

Konsultasi dengan dokter anak adalah jawaban yang tepat, kita bisa tanyakan apapun tentang kondisi anak. Kita bisa tanyakan metode pengobatan yang tepat, solusi saat anak hidung mampet dan sebagainya. Kita juga akan tahu makanan serta minuman apa saja yang bisa mempercepat penyembuhan pilek (jika anak sudah MPASI).

Begini Cara Mengobati Penyebab Pilek Tak Kunjung Sembuh

Bagaimana caranya untuk mengatasi penyebab pilek tak kunjung sembuh pada anak bayi? Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan sebagai orang tua :

Jangan Sampai Dehidrasi

Karena pilek bisa membuat tubuh bayi jadi dehidrasi, hindari hal tersebut. Supaya bisa menghindari hal tersebut, baiknya berikan banyak cairan pada bayi kita. Bisa dengan memberikan ASI atau juga susu formula sesering mungkin, tujuannya agar bayi tidak kekurangan cairan. Namun harus pastikan orangtua tidak memberikan soda maupun jus, sebab dalam jenis minuman ini memiliki kandungan gula yang terbilang banyak lho. Bagaimana cara cek apakah bayi dehidrasi atau tidak adalah dengan melihat warna urinnya. Bila urinnya gelap, maka ia butuh lebih banyak cairan.

Gunakan Penyedot Cairan Hidung

Kemudian cara mengatasi penyebab pilek tak kunjung sembuh lainnya adalah mengeluarkan ingus. Caranya dengan gunakan bantuan penyedot khusus. Biasanya bayi merasa tidak nyaman dengan adanya sumbatan ingus di hidung mereka. Namun ia belum bisa mengeluarkannya sendiri dna akhirnya jadi rewel. Kita bisa menggunakan penyedot ingus yang banyak kita temukan pada berbagai toko keperluan bayi.

Atur Posisi Tidur

Ternyata dengan mengatur posisi tidur juga bisa menjadi cara meredakan pilek pada bayi lho. Kita bisa mengatur posisi kepalanya supaya lebih tinggi daripada badan bayi saat sednag tidur. Berada dalam posisi ini akan membuat tidurnya menjadi lebih nyenyak, sebab ingusnya tak akan menyumbat. Caranya dengan menggunakan tumpukan buku yang berbalut handuk tebal sebagai pengganti bantal. Sebab kita tak bisa gunakan bantal saat anak sedang pilek, hal itu karena bisa mengakibatkan sudden infanth death syndrome atau SIDS saat si kecil kesulitan bernapas akibat tertutup bantal.

Penyebab Pilek Tak Kunjung Sembuh yang Harus Orangtua Waspadai

Ada lebih dari 200 virus yang bisa sebabkan bayi terkena pilek dan orangtua harus memahami penyebabnya, supaya bisa memberikan perawatan yang tepat. Jangan sembarangan memberikan obat pada bayi. Jangan gunakan obat-obat bebas pada anak di bawah usia 6 tahun, sebab ada efek samping yang mengintai. Baiknya berikan obat dengan pengawasan dokter.

Saat bayi mengalami demam, segera konsultasikan pada dokter supaya bisa mendapatkan obat yang tepat. Jangan berikan aspirin pada bayi, sebab efek sampingnya sangat bahaya. Kemudian saat bayi mengalami beberapa gejala seperti demam lebih dari 39 derajat Celsius saat anak usia bawah tiga bulan. Lalu berbarengan dengan batuk dan pilek, dan demam lebih dari dua hari. Selain itu jika matanya berair dan kotoran mata keluar, batuk yang makin parah dan mengi. Anak bayi juga jadi sering rewel dan mengantuk, pola tidur dan makannya juga berubah. Kemudian jika bayi menyusu sambil menangis, menggosok dan menarik telinganya. Juga saat pilek tak kunjung membaik juga. Segera bawa bayi ke dokter untuk dapatkan pengobatan penyebab pilek tak kunjung sembuh..
Pilek tidak membaik setelah 7-10

Leave a Reply

Your email address will not be published.