Ciri-Ciri Bakteri Salmonella typhosa Penyebab Penyakit Tipes Pada Anak Usia 6 Tahun

ciri-ciri bakteri salmonella typhosa

Keluarga Sehat, ciri-ciri bakteri Salmonella typhosa ternyata unik, lho! Bakteri ini akan menyebabkan masalah kesehatan untuk si inang. Itulah mengapa seseorang yang terkontaminasi oleh bakteri ini, akan mengalami sakit yang cukup parah. Salah satunya adalah sakit tipes, tak hanya pada orang dewasa saja namun juga pada anak-anak usia sebelum 6 tahun. Beda kasus, beda gejala, beda pula penanganannya. Namun pada teorinya, gejala dan penanganannya terbilang masih sama.

Ciri-ciri Bakteri Salmonella typhose Secara Fisik

Untuk jenis bakteri yang satu ini, merupakan sebuah bakteri gram negatif dengan batang sebagai bentuknya. Adapun bakteri gram negatif memiliki dinding sel yang tipis, sehingga saat metode pewarnaan gram terjadi ia tidak mempertahankan pewarna kristal violet. Inang yang terinfeksi oleh bakteri gram negatif ini akan mengalami masalah kesehatan, itulah mengapa bakteri Salmonella sering jadi penyakit yang serius.

Adapun panjang dari bakteri Salmonella adalah antara 2 dan 5 mikrometer dan dengan diameter 0,7-1,5 mikrometer saja. Pada umumnya mereka memiliki flagela, merupakan sebuah proyeksi seperti ekor, berfungsi untuk bergerak dan terbuat dari protein.

Awas! Ini Gejala Penyakit Tipes Anak

Secara umum, gejala tipes pada anak enam tahun tak berbeda dengan tipus yang orang dewasa alami. Namun, ingatlah bahwa gejala tipes ini bisa saja berat namun ringan juga bisa saja terjadi. Hal itu akan bergantung pada usia si pasien, bagaimana kondisi kesehatan awalnya, sejarah vaksinasi dan sebagainya. Kemudian untuk masa inkubasi, ciri-ciri bakteri Salmonella typhosa adalah masa inkubasi selama satu atau dua minggu. Adapun masa ini mulai perhitungannya saat bakteri masuk tubuh kita, sampai gejala bermunculan.

Lantas apa saja gejala penyakit tipus pada anak 6 tahun ke bawah?

Muncul Demam jadi Ciri-Ciri Bakteri Salmonella Typhosa

Adapun gejala awal adalah demam dan perasaan badan yang tak enak. Selain itu terasa sakit perut dan panas nyaris 40 derajat Celcius. Adapun diare bisa terjadi saat penyakitnya makin parah.

Muncul Ruam Mawar

Banyak orang yang menyebutkan ruam ini sebagai bintik mawar, yaitu sekumpulan bintik yang akan muncul pada bagian dada dan perut, lalu menyebar.

Mimisan

Anak bisa mengalami mimisan, ketahui cara menangani mimisan dengan benar

Lemah, Letih dan Lesu

Gejala lainnya adalah anak merasa sangat lemah, letih dan juga lesu

Diare, Tetapi Kadang Ada yang Sembelit

Anak yang kehilangan nafsu makan, jadi susah makan dan sembelit. Tapi ada juga yang diare sehingga menyebabkan kekurangan cairan tubuh.

Halusinasi jadi Ciri-Ciri Bakteri Salmonella Typhosa

Anak bisa mengalami delinium, kebingungan, mendengar atau melihat hal yang tidak ada kenyataannya. Anak juga jadi tak fokus.

Selain gejala yang telah disebutkan di atas, penyakit tipes dengan ciri-ciri bakteri Salmonella typhosa adalah feses yang berdarah. Namun ingatlah bahwa gejala ini tak ada yang spesifik betul. Oleh sebab itu jika anak demam dan tak reda juga setelah empat atau lima hari, maka segera ambil langkah medis untuk perawatan selanjutnya. Biasanya dokter akan lakukan beberapa langkah awal, juga memeriksa sampel darah serta feses anak. Setelah dilakukan perawatan awal dengan dokter, maka pastikan orangtua menjaga anak tetap terhidrasi. Asupan makanannya perhatikan, jangan sampai kekurangan gizi sebab bisa memperparah kondisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.