Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi

Keluarga Sehat, pada umumnya, gigi pertama bayi akan tumbuh setelah menginjak 4-6 bulan usianya. Para orangtua perlu mengenali berbagai ciri-ciri bayi tumbuh gigi, sebab tidak jarang orang tua malah merasa bingung ketika bayi tiba-tiba lebih rewel.

Perlu diketahui bahwa ciri-ciri bayi tumbuh gigi akan berbeda antara satu bayi dengan yang lain. Juga rasa tak nyaman yang muncul. Biasanya bayi hanya merasa tidak nyaman selama beberapa hari saja, tetapi tak sedikit yang merasakannya hingga beberapa bulan, sebab giginya tumbuh secara kompak.

Bayi Tumbuh Gigi

Supaya tidak bingung apakah bayi rewel disebabkan oleh tumbuh gigi atau sebab lain, baiknya kita tahu ciri-ciri bayi tumbuh gigi, yaitu sebagai berikut :

Gusi Membengkak

Supaya yakin apakah bayi benar mengalami tumbuh gigi, usahakan untuk membuka mulutnya secara perlahan saja. Biasanya bayi yang sedang tumbuh gigi, akan mengalami gusi bengkak, memerah, dan bisa jadi tampak memar. Khususnya jika terlihat adanya calon gigi yang muncul secara samar di dalam gusinya. Biasanya berwarna putih samar.

Sering Menggigit dan Menghisap Berbagai Barang yang Dekat

Biasanya bayi yang tumbuh gigi suka menggigit atau juga mengisap benda yang berada di dekatnya, contoh seperti menggigit mainan bahkan gendongan bayinya. Hal itu dilakukannya sebagai respon atas gusi yang terasa gatal tak tertahankan.

Mengeces atau Keluar Air Liur

Memang belum diketahui alasan mengapa tumbuh gigi bisa menyebabkan produksi air liur bertambah pada bayi. Namun kemungkinan produksi air liur jadi berlebih terjadi dikarenakan peningkatan gerak otot di mulutnya selama tumbuh gigi. Jadi hal ini akan memicu kinerja kelenjar ludah supaya menjadi lebih aktif lagi, akhirnya produksi air liur pun menjadi lebih banyak dari hari biasa. Bahkan terkadang, juga bisa menyebabkan BAB bayi berwarna hijau lho.

Ada Ruam di Sekitar Mulut Bayi

Hampir semua bayi dapat mengalami ruam di sekitar mulut mereka. Hal ini terjadi sebab produksi air liur yang berlebih bisa membuat area sekitar mulut lembap dan memerah. Apabila kita melihat air liur sudah membasahi sekitar mulut bayi, baiknya segera bersihkan dengan menggunakan lap atau menggunakan tisu bersih untuk membantu mencegah ruam ya.

Tak Memiliki Nafsu Makan

Ada banyak ciri bayi tumbuh gigi lainnya, misalnya malas makan atau bahkan tidak nafsu makan sama sekali. Pada sebagian anak, dengan kondisi ini membuat mereka malah menolak untuk makan dan minum sama sekali lho.

Menjadi Rewel Saat Malam

Para bayi yang sedang tumbuh gigi akan rewel dan sulit tidur saat malam tiba. Karena laju pertumbuhan gigi mengalami peningkatan saat waktu malam hari.

Mengalami Demam

Bayi akan mengalami peradangan gusi saat gigi bayi mulai tumbuh, dan bisa menyebabkan bayi mengalami demam juga. Namun demam saat tumbuh gigi ini pada umumnya tidak lebih dari 38 derajat Celsius saja. Tapi sebaiknya periksakan bayi ke dokter anak apabila demam melebihi suhu tersebut atau jika berlangsung lebih dari dua hari ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.