Ciri-Ciri Hamil Anak Kembar yang Unik

ciri-ciri hamil anak kembar

Keluarga Sehat, tahukah anda bagaimana ciri-ciri hamil anak kembar? Sekalipun tak jauh beda dengan hamil tunggal, namun ada ciri khusus. MBeberapa ciri hamil anak kembar perlu orang tua ketahui, apalagi bagi keluarga yang memang mengharapkan kehadiran anak kembar. Jika bisa mengetahui kehamilan kembar ini, maka keluarga pun bisa menjaga kehamilan supaya lebih sehat dan memastikan asupan nutrisinya cukup.

Adapun ciri-ciri kehamilan bisa diketahui sejak trimester ke satu, seperti hamil tunggal namun terasa dua kali lipat lebih melelahkan. Lebih mudah lapar, mual dan muntah, juga suasana hati yang terus berubah dengan cepat.

Ini Dia Ciri-Ciri Hamil Anak Kembar

Seperti yang telah tersebut sebelumnya, bahwa ciri-ciri kehamilan kembar itu memang tidak jauh berbeda dengan kehamilan tunggal pada umumnya. Akan tetapi, memang ada beberapa hal yang bisa membedakan kedua jenis kehamilan itu. Apa saja?

Mual Muntah yang Lebih Parah

Morning sickness adalah hal yang lazim bagi ibu yang sedang hamil. Namun untuk ibu yang hamil kembar, maka morning sickness yang terjadi lebih parah. Sebab dalam kehamilan kembar, HCG pada ibu hamil kadarnya lebih tinggi.

Berat Badan yang Naik Drastis

Ibu hamil harus mengalami kenaikan berat badan sebagai tanda bayi dalam rahim ikut berkembang, begitu pula kehamilan ganda. Ibu akan mengalami kenaikan berat badan yang terbilang drastis bahkan sejak awal kehamilannya. Salah satu perbedaan berat badan yang terjadi antara hamil kembar dengan hamil biasa sampai dengan 4,5 kilo dalam usia kehamilan yang sama lho.

Namun sekalipun berat badan naik dengan banyak, namun ibu dengan bayi kembar tak perlu khawatir, asalkan masih ideal menurut dokter maka semuanya baik-baik saja.

Perut Lebih Buncit dan Besar Ciri-Ciri Hamil Anak Kembar

Ukuran perut wanita hamil kembar terlihat jauh lebih besar, ketimbang hamil tunggal pada umumnya. Hal ini tentu saja karena ada dua janin, bahkan lebih yang tumbuh dalam perut ibu yang hamil bayi kembar. Sementara ibu hamil tunggal hanya membawa satu bayi dalam rahimnya.

Tubuh Lebih Cepat Lelah

Munculnya rasa lelah pada ibu hamil merupakan sebuah hal yang wajar. Namun pada ibu yang hamil bayi kembar, maka rasa lelah yang akan terasa lebih berat. Itu terjadi karena tubuh membutuhkan lebih banyak energi, dan kandungan juga memang lebih berat, sehingga membutuhkan tenaga lebih banyak dalam beraktivitas. Jadi ibu harus banyak istirahat dan mengonsumsi nutrisi yang cukup untuk tubuh ibu serta pertumbuhan janin.

Sering sesak Napas

Ketika hamil anak kembar, maka sesak napas akan terasa lebih buruk ketimbang hamil biasa. Bukan hanya tingginya kadar hormon progesteron yang jadi alasannya, namun juga adanya dua bahkan lebih janin, bisa mendorong otot diafragma ke atas. Hal itu menyebabkan ibu tak nyaman, bahkan sulit untuk bernapas normal.

Detak Jantung Lebih Cepat

Dengan bertambahnya berat badan, apalagi dengan mengandung janin kembar, tambah dengan meningkatnya volume darah 70% akan sebaskan jantung kerja lebih keras lho. Itulah mengapa detak jantung ibu yang sedang hamil kembar lebih kencang. Ciri-ciri hamil anak kembar bisa kita lihat dengan debaran jantung yang lebih kencang.

Demikian adalah ciri-ciri hamil anak kembar, semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.