Daftar Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Keluarga Sehat, apa saja penyebab asam urat tinggi? salah satunya ada;ah karena faktor makanan yang dikonsumsi. Jika kelebihan asam urat mampu menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan tubuh kita. Itulah kenapa harus mengenali apa saja makanan penyebab asam urat, supaya lebih cermat memilih.

Jadi asam urat akan dihasilkan tubuh secara alami, pada waktu tubuh memecah zat purin yang terdapat dalam makanan. Memang kadar purin dalam makanan berbeda-beda, namun makin banyak mengonsumsi makanan dengan purin, makin banyak juga asam uratnya.

Ini Dia Beberapa Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Di bawah ini merupakan daftar makanan penyebab asam urat yang harus dihindari, supaya tak mengalami lonjakan kadar asam urat. Apa saja?

Seafood

Yang pertama adalah makanan laut yang notabene banyak manfaatnya. Tetapi bagi orang dengan kadar asam urat tinggi, baiknya dihindari saja. Sebab makanan laut banyak mengandung purin, contohnya kepiting, tuna, kerang, udang, ikan teri, lobster dan sarden. Kalaupun ingin konsumsi makanan laut, maka pilih saja ikan salmon.

Daging-dagingan Merah

Memang daging merah seperti domba, sapi dan kambing tinggi akan protein, hanya saja purinnya tinggi. Sehingga dikategorikan sebagai makanan penyebab asam urat. Apabila ingin menghindari lonjakan asam urat, baiknya ganti sumber proteinnya menjadi daging ayam. Bisa juga menggunakan protein nabati saja.

Daging Unggas

Daging ayam dan daging bebek umumnya aman saja, tetapi pada angsa dan kalkun kadar purinnya tinggi. Maka penderita asam urat baiknya menghindarinya.

Jeroan

Memang jeroan memiliki rasa yang enak dan gurih, tetapi aneka jeroan termasuk usus ayam dan hati sapi menjadi penyebab asam urat. Jadi sebaiknya jangan dikonsumsi berlebihan dan konsumsi secukupnya saja.

Minuman yang Manis

Aneka minuman manis misalnya soda, mampu tingkatkan kadar asam urat. Mayoritas minuman mengandung fruktosa yang akan merangsang tubuh memproduksi lebih banyak asam urat.

Tak hanya itu saja, minuman yang beralkohol terutama bir bisa tingkatkan kadar asam urat juga. Tak hanya terkandung purin yang banyak di dalamnya, mengonsumsi bir membuat tubuh kesulitan dalam proses pengeluaran asam urat dalam darah kita.

Bukan cuma berbagai makanan yang ada di atas, sebab beberapa penyebab asam urat lainnya seperti susu, es krim dan keju pun harus dibatasi. Memang kelebihan asam urat jarang menunjukkan gejala yang berartu. Akan tetapi hal ini menjadi penyebab gout atau asam urat. Yakni radang sendi akibat kristal asam urat yang menumpuk. Bahkan bisa juga menumpuk jadi batu ginjal lho.

Itulah kenapa, harus membatasi makanan penyebab asam urat, apalagi jika kita miliki kadar asam urat dengan angka yang tinggi. Jika pada awalnya miliki riwayat asam urat, baiknya periksa ke dokter secara rutin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.