Daftar Makanan Rendah Kalori

Keluarga Sehat, ada yang sedang mencari daftar makanan rendah kalori? bagi yang mau menurunkan berat badan tentunya sangat penting. Memang makanan rendah kalori sangat baik dalam menjaga berat badan ideal. Dalam setiap makanan mengandung sejumlah kalori yang tubuh butuhkan, tetapi jika berlebihan maka akibatnya tubuh jadi obesitas. Jika tak ingin berat badan bertambah, maka baiknya kita konsumsi makanan yang kalorinya rendah saja.

Daftar Makanan Rendah Kalori yang Mudah Kita Dapatkan

Tak perlu khawatir jika ingin menurunkan berat badan sebab dengan menjaga pola makan hal itu bisa terjadi. Berikut adalah beberapa daftar makanan rendah kalori yang bisa kita temukan. Dengan harga yang terjangkau sehingga tak perlu khawatir tentang biaya makanan sehat yang harus kita keluarkan.

Apa saja jenis-jenis makanan tersebut?

Aneka sayuran dan buah

Rahasia umum yang sudah tersebar luas, jika aneka buah dan sayur menjadi dua jenis makanan yang sehat, serta baik sekali bagi tubuh kita. Karena dalam 100 gram sayuran, mayoritas hanya mengandung kalori 100 dan ada juga yang kurang dari itu. Contohnya timun, asparagus, kembang kol, wortel, brokoli, tomat, kubis dan juga seledri.

Sementara itu untuk buah-buahan yang memiliki kandungan kalori yang rendah dan enak, antara lain bluberi, semangka, stroberi, kismis, anggur, jeruk bali, lemon, dan juga jeruk nipis. Buah tersebut bisa kita konsumsi langsung atau kita jadikan jus dan smoothie. Jika ingin jadikannya sebagai camilan atau snack sehat, maka engan mengonsumsi secangkir atau sekitar 175 gram buah anggur sudah cukup. Ketimbang mengonsumsi kismis, lebih baik konsumsi anggur segar, sebab kalori seperempat gelas kismis sama dengan satu cangkir penuh anggur segar.

Aneka kacang-kacangan dan biji-bijian

Bukan hanya aneka sayur dan buah saja, sebab berbagai kacang-kacangan dan biji-bijian juga menjadi makanan rendah kalori yang lezat. Contohnya saja dalam segenggam kacang almond, yang kurang lebih isinya sekitar 10 hingga 15 kacang almond kalorinya hanya 80 kkal saja. Kemudian dengan mengonsumsi sebanyak 10 biji kacang pistachio akan memberi kalori sekitar 40 kalori saja untuk tubuh. Jadi jika lapar di antara jam makan besar, maka kita bisa mengonsumsi popcorn yang memang sangat rendah kalorinya, yang penting jangan tambahkan gula maupun mentega. Ketahuilah dalam tiga setengah cangkir popcorn, kalorinya hanya 100 kkal lho.

Ikan adalah Daftar Makanan Rendah Kalori

Ternyata ikan juga termasuk ke dalam makanan yang rendah kalorinya. Bahkan selain itu, dengan kandungan omega-3 yang memang terkandung dalam ikan banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan kita. Salah satunya termasuk untuk mengurangi peradangan dan bisa juga memperbaiki kesehatan jantung kita. Ada beberapa jenis ikan yang sangat rendah kalorinya, contoh adalah salmon yang hanya 116 kalori per 100 gramnya, atau ikan kod yang hanya 82 kalori per 100 gramnya, ikan tongkol, dan ikan tuna juga rendah kalori. Yang pasti, ikan yang akan kita konsumsi harus kita olah dengan cara yang sehat, caranya dengan menumis gunakan sedikit minyak, atau kita kukus saja. Jangan olah ikan dengan cara kita goreng, sebab bisa menambah kalori dalamnya.

Apabila kurang suka dengan ikan, maka bisa mengonsumsi daging rendah lemak lainnya. Misalnya adalah dada ayam, tapi jangan konsumsi dengan kulitnya sebab lemaknya sangat tinggi. Jangan lupa olah juga dengan cara memasak daftar makanan rendah kalori yang tepat. Cara mengolah makanan yang rendah kalori adalah dengan mengukusnya, memanggang, atau merebus. Jangan gunakan terlalu banyak bumbu, apalagi bumbu buatan yang notabene mengandung pemanis dan bahan pengawet lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.