Diet Ibu Menyusui yang Aman

Keluarga Sehat, begitu banyak wanita yang merasa tidak sabar untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. Jika harus ditegaskan, untuk masa tersebut dibutuhkan banyak energi untuk menyusui bayi. Namun banyak yang mencari diet ibu menyusui.

saat seorang ibu sedang menyusui bayi, maka sangat penting untuk memperhatikan pola makan sehat dan seimbang. Berbagai makanan yang dikonsumsi haruslah terdiri atas makanan yang empat sehat, lima sempurna.

Bagaimana Diet untuk Ibu Menyusui yang Paling Aman?

Lantas bagaimana jika seorang ibu menyusui sangat ingin diet untuk menurunkan berat badannya? Ada beberapa jenis makanan yang memang dianjurkan untuk ibu menyusui. Yakni :

Buah Segar

Jika ibu menyusui ingin diet, maka setidaknya konsumsi buah atau jus sebanyak dua kali dalam satu hari. Bisa memilih jeruk yang kaya akan vitamin C, bisa juga buah blueberry yang kandungan vitamin dan mineralnya banyak

Aneka kacang dan biji-bijian

Baiknya pilih yang berwarna gelap saja, contohnya seperti kacang merah, yang merupakan sumber protein nabati, selain itu kaya akan zat besi juga.

Beras merah

Ternyata beras jenis ini dapat menyediakan kalori yang dibutuhkan tubuh. Selain itu juga bisa mendukung produksi ASI yang baik dan berkualitas lho.

Aneka produk olahan susu rendah lemak

Untuk produk olahan susu misalnya adalah yogurt dan juga keju. Dalam susu mengandung protein, dan kalsium, selain itu ada vitamin B dan D, bagus untuk tulang bayi kita. Setidaknya minum susu minimal sebanyak 600 cc per harinya, maka kebutuhan kalsium ibu dan bayi akan tercukupi lho.

Daging tanpa lemak

Dalam daging ada kandungan zat besi, protein dan vitamin B12, dapat memenuhi energi yang dibutuhkan ibu utamanya saat menyusui bayinya.

Ikan salmon

Jenis ikan yang kaya akan kandungan lemak DHA, fungsinya untuk pertumbuhan sistem saraf bayi kita. Juga menjadi sumber energi yang baik untuk ibu menyusui. Hebatnya, ikan ini bisa dikonsumsi dalam bentuk sushi, pastikan pengolahannya higienis ya.

Telur

Yang satu ini merupakan sumber protein yang mudah ditemukan tiap hari. Kita bisa merebus atau menggoreng, bahkan mencampurkan dalam salad bahkan bisa juga membuat orak-arik telur.

Gandum

Dalam gandum dan biji-bijian, terkandung asam folat yang banyak. Merupakan sebuah nutrisi yang baik untuk produksi ASI bagi bayi. Bahkan bahan makanan ini juga terbilang tinggi kandungan serat dan zat besinya.

Aneka sayuran hijau

Di dalam sayuran hijau terkandung vitamin A dan vitamin C. Juga ada zat besi dan kalsium di dalamnya yang sangat baik untuk ibu dan bayi. Kemudian, aneka sayuran hijau juga sangat kaya dengan antioksidan.

Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter, jika memang ibu mengalami obesitas. Jika berkonsultasi terlebih dahulu, maka kita bisa menemukan metode yang tepat. Diet ibu menyusui yang tidak memengaruhi produksi ASI. Sebab dalam kondisi ini, anak adalah yang paling utama dan jangan sampai terabaikan kebutuhan nutrisinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.