Efek Samping Makan Kulit Ayam Terlalu Banyak

terlalu banyak makan kulit ayam

Keluarga Sehat, pernah mencicipi kulit ayam? Rasanya memang luar biasa lezat bukan? Tetapi tahukah di balik rasanya yang nikmat itu ada bahaya yang mengintai? Jika makan kulit ayam terlalu banyak, maka bisa membahayakan kesehatan, lho! lalu apa saja bahaya yang mengintai?

Memakan daging ayam beserta kulitnya adalah asupan kalori dan lemak yang berkali lipat. Di dalam 100 gram kulit ayam panggang, setidaknyaterkandung sekitar 130 mg kolesterol, dimana lemak total sekitar 45 gram. Lalu jika kulit ayam digoreng, maka sudah tentu kandungan lemak dan kolesterol di dalamnya pun akan jadi lebih banyak lho.

Bahaya Terlalu Banyak Makan Kulit Ayam

Maka karena itu, konsumsi kulit ayam sangat perlu dibatasi. Apabila tidak, maka bisa ada beragam bahaya kesehatan yang dapat mengintai, misalnya :

Berat badan berlebih

Karena kulit ayam mengandung banyak kalori, jangan heran kalau kita jadi mudah mengalami kenaikan berat badan, bahkan jadi obesitas. Apabila konsumsi kulit ayam itu tidak segera dibatasi, bersiaplah mengalami berat badan berlebih alias obesitas. Ketahuilah bahwa kedua kondisi ini bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, contoh penyakit jantung, stroke dan hipertensi.

Stroke

Apabila mengonsumsi kulit ayam yang berlebihan, bersiaplah untuk meningkatkan risiko terjadinya stroke. Adapun prosesnya sama dengan penyakit jantung, hanya saja jika stroke maka penyempitannya terjadi di pembuluh darah otak kita.

Dalam kondisi tersebut menyebabkan pasokan darah ke otak jadi berkurang, akhirnya sebagian jaringan otak tidak mendapatkan suplai darah yang cukup, sampai akhirnya terjadilah stroke itu.

Penyakit campylobacteriosis

Terlalu banyak makan kulit ayam berisiko terkena Campylobacteriosis, utamanya jika pengolahannya tidak benar. Sebab bakteri Campylobacter jejuni yang bisa sebabkan campylobacteriosis itu akan bertahan dan berkembang biak walau dalam freezer sekalipun.

Adapun gejala penyakit campylobacteriosis ini terlihat setelah 2 sampai 5 hari setelah infeksi. Jadi gejalanya bisa berupa diare dan kram atau bisa sakit perut serta demam.

Kemudian jika tidak dibersihkan dengan baik sebelum diolah atau sebelum dimasak, dalam kulit ayam juga bisa mengandung bakteri Salmonella lho. Jadi adanya bakteri ini dapat menyebabkan demam tifoid atau tifus.

Itulah kenapa terlalu banyak makan kulit ayam bisa sebabkan banyak gangguan. Tak apa jika suka makan kulit ayam, tapi batasi jumlahnya dan imbangi dengan aneka makanan yang tinggi serat. Terlalu banyak mengonsumsi kulit ayam dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Boleh-boleh saja kalau Anda ingin makan kulit ayam, asalkan jumlahnya dibatasi dan diimbangi dengan makanan yang tinggi serat. Pastikan juga terapkan pola hidup sehat, rutin olahraga salah satunya.

Kalau selama ini gemar mengonsumsi kulit ayam, segera menemui dokter supaya bisa memeriksa kadar kolesterol dan mengecek kondisi kesehatan keseluruhan. Jika ditemukan kadar kolesterol yang tinggi, maka akan diresepkan obat khusus juga saran pola makan yang teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.