Gejala Alergi Dingin pada Anak

gejala alergi dingin

Keluarga sehat, ketahui gejala alergi dingin pada anak. Pada umumnya gejala alergi dingin akan muncul setelah kulit terpapar suhu dingin. Bisa karena air, udara, atau benda yang dingin. Selain itu, alergi dingin juga bisa berisiko muncul saat kondisi udara berangin dan lembap lho.

Nah, berikut adalah gejala alergi dingin pada anak yang dapat terjadi, silahkan disimak:

Bagian tubuh yang terpapar udara dingin akan timbul bilur-bilur gatal
Perlahan tangan jadi bengkak jika memegang objek yang dingin
Kulit berubah warna jadi agak kemerahan
Kondisi bibir dan tenggorokan jadi membengkak, saat konsumsi minuman atau makanan dengan rasa yang dingin

Walaupun jarang terjadi, namun ada kasus dimana penderita alergi dingin mengalami syok anafilaktik. Adapun ini adalah reaksi alergi berat yang ditandai dengan pingsan dan tekanan darah menurun. Selain itu detak jantung cepat, dan dada berdebar-debar juga dibarengi sesak napas.

Bagaimana Pengobatan terhadap Alergi Dingin

Memang tidak ada obat khusus untuk menyembuhkan alergi dingin ini. Adapun pengobatan lebih ditujukan supaya meredakan gejala alergi dingin yang muncul, serta mencegah supaya gejala tidak datang kembali. Biasanya dokter meresepkan obat golongan antihistamin untuk pasien yang menderita alergi dingin.

Di bawah ini adalah obat-obatan yang bisa digunakan supaya meredakan dan mencegah munculnya gejala alergi dingin pada dewasa dan anak:

Antihistamin

Obat ini bekerja dengan cara mencegah zat histamin di dalam tubuh untuk memicu reaksi alergi. Adapun obat yang termasuk antihistamin adalah chlorpheniramine, loratadine, cetirizine, dan desloratadine.

Antagonis leukotrien

Yang satu ini adalah zat yang berperan dalam munculnya gejala alergi dan serangan asma. Memang biasanya obat antagonis leukotrien biasanya digunakan untuk mengobati asma, tetapi bisa diberikan kepada penderita alergi dingin juga.

Antidepresan

Pada umumnya akan diberikan pada penderita gangguan kecemasan dan juga depresi. Tetapi jika dalam kasus alergi dingin yang tidak membaik juga, maka obat antidepresan juga bisa diberikan untuk membantu pasien meredakan gejala alergi dingin.

Supaya bisa mengobati alergi dingin dengan obat-obatan, maka perlu disesuaikan dengan kondisi dari masing-masing anak. Lihat juga gejala alergi dingin dan tingkat keparahan gejala yang muncul, serta indikasi medis yang sesuai dengan hasil pemeriksaan dokter yang berwenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.