Gejala Awal Penyakit Jantung yang Harus Diwaspadai

Keluarga Sehat, waspada dengan gejala awal penyakit jantung. Sebab mungkin saja berbeda-beda pada setiap orang satu sama lain. Bahkan gejala juga sangat tergantung pada jenis penyakit jantung yang dialami seseorang. Di dalam beberapa kasus yang terjadi, ternyata gejala awal penyakit jantung bahkan tidak mengganggu sama sekali.

Walau demikian, tetap ada gejala awal khusus untuk tanda waspada bahwa jantung mengalami masalah. Jika kita mengetahui hal ini, maka bisa mengambil penanganan yang tepat. Sehingga kemungkinan sembuh jauh lebih besar.

Beberapa Gejala Awal Penyakit Jantung

Di bawah ini adalah gejala awal dari penyakit jantung yang harus diwaspadai, antara lain adalah :

Terasa Nyeri di Dada

Yang pertama adalah terasa nyeri di dada atau angina pektoris. Merupakan gejala awal dari jantung koroner. Bisa saja rasa sakitnya berbeda satu sama lainnya. Ada yang merasakan seakan dada ditimpa oleh sesuatu yang berat dan besar, ada juga yang merasa seperti terbakar.

Hal ini bisa terjadi karena tak cukup oksigen yang masuk ke dalam jantung. Untuk tahap awalnya, bisa jadi nyerinya terjadi saat olahraga atau sedang emosi, pada saat itu kebutuhan oksigen tubuh meningkat. Biasanya jika didiamkan dan istirahat hingga 10 menit bisa kembali tenang.

Mudah Merasa Lelah

Jika kita melakukan aktivitas fisik yang berat, maka sangat wajar jika merasa lelah. Tetapi jika rasa lelah itu muncul tanpa alasan, dan bahkan terasa sangat lelah, maka bisa jadi itu karena penyakit jantung tahap awal.

Tersengal-Sengal

Sama halnya dengan rasa lelah, napas yang tersengal bisa terjadi saat kita melakukan hal yang berat. Namun jika aktivitas ringan saja sudah membuat kita jadi tersengal, bisa jadi ini gejala awal dari penyakit jantung. Jangan sampai menganggap enteng gejala ini ya.

Detak Jantung Tak Teratur

Apabila kita merasa jika detakan jantung terasa tak normal dan tak menentu, maka kita harus waspada. Misalnya saja detak jantung terasa lebih lambat, atau bisa juga dalam dua detak jantung normal ada detak yang menyelip .Umumnya hal ini bisa terjadi jika kurang tidur, atau karena terlalu banyak minum kopi. Tetapi jika tanpa alasan yang jelas, maka baiknya segera cek ke dokter.

Pembengkakan

Bengkak bisa terjadi pada punggung kaki dan juga pada pergelangan kaki. Hal ini terjadi saat jantung tak memompa darah dengan baik, akhirnya baik aliran darah ke seluruh tubuh dan juga aliran darah balik ke jantung menjadi tak maksimal. Untuk tahap awal, biasanya darah yang tertahan pada bagian kaki bisa sebabkan cairan yang menumpuk. Cairan ini biasa terlihat jelas, pada punggung kaki dan juga pergelangannya. Kemudian lama-lama, seluruh tubuh akan ikut bengkak.

Demikian adalah beberapa gejala awal penyakit jantung yang harus diwaspadai. Jika mengalami kondisi tersebut, segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.