Hari Yoga Internasional 2022: Yoga Membantu Menyeimbangkan Hormon yang Memainkan Peran Penting Dalam Kesuburan

Infokeluargasehat.com – Hari Yoga Internasional 2022: Yoga Membantu Menyeimbangkan Hormon yang Memainkan Peran Penting Dalam Kesuburan. Yoga memberikan banyak keuntungan mental dan fisik. Ini dapat membantu dengan fleksibilitas dan kekuatan, serta perhatian dan pelepasan ketegangan. Ladies, Anda akan terkejut mengetahui bahwa selain semua manfaat ini, ia juga memiliki beberapa keuntungan signifikan jika Anda mencoba untuk hamil. Yoga membantu menyeimbangkan hormon yang berperan penting dalam kesuburan wanita. Hari Yoga Internasional 2022 sedang dirayakan di seluruh dunia hari ini untuk menyebarkan kesadaran tentang manfaat yoga bagi kesehatan dan kesejahteraan. Jadi, inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang yoga dan perannya dalam kesuburan.

Bagaimana Yoga Menyeimbangkan Hormon?

Hari Yoga Internasional 2022 Yoga Membantu Menyeimbangkan Hormon yang Memainkan Peran Penting Dalam Kesuburan

Sistem endokrin Anda adalah kumpulan kelenjar yang membuat berbagai hormon, termasuk hormon seks, hormon tiroid, dan hormon adrenal, antara lain. Ketika salah satu bagian dari sistem tidak berfungsi dengan baik, itu dapat memicu reaksi berantai yang mengarah pada ketidakseimbangan hormon yang lebih besar. Keseimbangan hormonal diperlukan untuk keberhasilan pembuahan.

Mayoritas ketidakseimbangan hormon disebabkan oleh faktor gaya hidup, seperti stres. Seperti yang dikatakan sebelumnya, yoga dapat membantu Anda mengatasi stres dengan menenangkan sistem saraf Anda. Kapan pun ini terjadi, kadar kortisol Anda turun, yang mungkin membantu mengembalikan keseimbangan sistem hormonal Anda.

Yoga meningkatkan efisiensi sistem reproduksi. Organ reproduksi dan area panggul mendapat banyak manfaat dari asana dan postur yoga tertentu. Asana tertentu meningkatkan kehidupan organ-organ ini dengan meningkatkan sirkulasi darah.

Bagaimana Yoga Mengelola Hormon Stres Yang Mempengaruhi Kesuburan?

Stres menyebabkan sistem endokrin melepaskan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin. Ovulasi terganggu karena kadar LH menjadi rendah karena hal ini.
Kadar kortisol yang tinggi telah terbukti secara substansial terkait dengan keguguran.
Peningkatan tingkat implantasi juga diamati, serta penurunan kadar adrenalin.
Wanita yang mengalami stres kronis menghasilkan lebih sedikit hormon GnRH, yang mencegah ovulasi dengan memicu rantai perubahan hormonal.

Pose Yoga untuk Ketidakseimbangan Hormon pada Wanita

1.Bhujangasana (Pose Cobra): Asana ini membantu stimulasi fungsi ovarium.

2. Shalabhasana (Pose Belalang): Asana yoga untuk ketidakseimbangan hormon ini memperkuat otot punggung bagian bawah, mengencangkan otot perut, dan merangsang organ, yang membantu wanita dengan masalah rahim dan ovarium.

3. Paschimottanasana (duduk membungkuk): asana ini meningkatkan organ hipofisis dan adrenal, serta membantu produksi estrogen.

4. Ustrasana (Pose Unta): Asana yoga ini biasa digunakan untuk mengatasi ketidakseimbangan hormon dan ketidakteraturan menstruasi.

5. Prasarita Padottanasana (Wide Stance Forward Bend): Yoga asana untuk PCOS dan ketidakseimbangan hormon ini meningkatkan aliran darah ke ovarium sekaligus mengurangi stres di pinggul dan punggung bawah.

6. Ardha Chandrasana (Pose Setengah Bulan): asana ini memperkuat otot perut dan meredakan ketidaknyamanan punggung. Ini bermanfaat untuk masalah ovarium.

7. Baddha Konasana (Cobbler Pose): Yoga asana ini untuk ketidakseimbangan hormon yang dapat membantu dalam pencegahan PCOS. Ini juga membantu dalam relaksasi otot-otot panggul yang nantinya dapat membantu dalam kehamilan.

8. Janu sirsasana (Posisi kepala ke lutut): Asana ini tidak hanya meningkatkan produksi estrogen, tetapi juga merangsang timus, tiroid, ginjal, dan pankreas, serta menyeimbangkan kadar gula darah.

Kesimpulan

Yoga dapat membantu kesuburan dalam berbagai cara, mulai dari mempertahankan rasa tenang hingga mengatur hormon Anda. Jika Anda menghadapi beberapa masalah kesuburan atau sedang mencoba untuk hamil, Anda harus mencoba pose yoga ini untuk hasil yang lebih baik. Tanyakan kepada dokter Anda tentang pose yang boleh Anda lakukan.

Tahun ini, Hari Yoga Internasional diperingati dengan tema ‘Yoga for Humanity’ yang berfokus pada bagaimana yoga membantu orang dalam mencapai kesehatan holistik.

Artikel ini disumbangkan oleh Dr. Kalyani Shrimali, Konsultan Kesuburan di Nova IVF Fertility, Indore.

Leave a Reply

Your email address will not be published.