Ikan untuk MPASI yang Murah Yaitu Ikan Bandeng

Keluarga Sehat, ada banyak ikan untuk MPASI, tapi yang sangat sehat dan murah, hanya ada sedikit, salah satunya adalah ikan bandeng. Macam-macam jenis ikan bisa kita berikan untuk MPASI anak setelah 6 bulan, termasuk bandeng. Bahkan memberikan ikan untuk anak yang MPASI sangat dianjurkan lho, Sebab pemberian ikan sejak dini bisa membantu anak terhindar dari penyakit alergi, misalnya eksim dan asma.

Kelezatan Bandeng si Ikan untuk MPASI

Bukan cuma memiliki rasa yang lezat saja, ternyata ikan bandeng juga memiliki banyak sekali manfaat untuk pertumbuhan si kecil. Apa saja?

Ikan untuk MPASI yang Mencerdaskan Otak

Manfaat pertama yang akan anak rasakan dengan rajin konsumsi ikan bandeng adalah otak yang lebih cerdas. Sebab ikan untuk MPASI yang satu ini mengandung omega 3, yang fungsinya bagus untuk memaksimalkan pertumbuhan otak anak dan mencerdaskan anak. Bagi anak yang tercukupi kebutuhan makanan dengan asam lemak omega 3-nya, maka pertumbuhan otak dan kecerdasannya akan berkembang dengan optimal.

Fungsi Saraf yang Terjaga

Karena dalam ikan bandeng terkandung vitamin B1 atau terkenal sebagai tiamin, yang merupakan vitamin dengan peranan sebagai penjaga sistem saraf. Jadi vitamin ini supaya saraf tetap berfungsi dengan baik. Juga untuk menjaga sistem pencernaan anak, Jika anak kekurangan vitamin ini, maka ia bisa beri-beri dan mengalami gangguan saraf juga,.

Kesehatan Tulang dan Gigi yang Terawat

Dengan adanya kandungan magnesium, fosfor dan kalsium pada ikan bandeng ini akan membantu memenuhi kebutuhan anak. Adapun mineral ini untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi anak yang sedang tumbuh. Bahkan juga akan menurunkan risiko anak kita mengalami rakitis serta tulang yang rusak kelak.

Bisa Jaga Daya Tahan Tubuh

Dalam ikan bandeng terdapat kandungan vitamin A, zat besi, dan protein, perannya tak lain untuk menguatkan daya tahan tubuh anak kita. Bahkan hebatnya lagi, protein manfaatnya untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Juga untuk membuat komponen imunitas yang akan melawan infeksi virus dan bakteri yang masuk dalam tubuh. Apalagi jika ikan bandeng yang diolah dengan cara presto, yang mana sisiknya tak terbuang. Dalam sisik ikan bandeng ada kandungan antioksidan serta kolagen, yang fungsinya menjaga sel tubuh anak dari radikal bebas yang merusak.

Ikan untuk MPASI yang Turunkan Kolesterol

ternyata kolesterol tidak hanya menyerang orang dewasa, bahkan anak-anak juga. Itulah kenapa anak tak boleh banyak konsumsi junk food, sebab risikonya adalah kolesterol. Supaya anak cerdas bisa mengonsumsi bandeng sejak dini, namun omega 3 yang ada dalam ikan tersebut juga bisa mengendalikan kadar kolesterol dan juga lemak yang ada dalam darah. Selain itu dengan kandungan protein yang ada dalam ikan bandeng bisa membuat anak kenyang lebih lama, akhirnya anak bisa mengurangi keinginan makan camilan junk food.

Untuk Mencegah Anemia

Adanya kandungan vitamin B12 dan juga asam folat pada ikan bandeng, fungsinya adalahmembentuk sel darah merah dalam tubuh. Jadi dengan mencukupi nutrisi ini, anemia bisa jauh dari anak-anak. Anemia pada anak bahaya karena bisa sebabkan ia letih, lesu, lemas dan juga nafsu makan pun hilang.

Banyak sekali ide ikan untuk MPASI yang bisa dicoba, dari mulai dijadikan sup, digoreng, dibuat ikan krispi dan juga bisa dipresto. Yang terpenting ikan untuk MPASi bisa dimasukkan dalam resep yang akan anak konsumsi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.