Berita Utama

Tips Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Anak Agar Cepat Sembuh 

Mengatasi radang tenggorokan pada anak sebenarnya tidak sesulit yang dikhawatirkan oleh para ibu. Radang tenggorokan memang terbilang sering dialami oleh anak-anak. Penyebabnya adalah adanya infeksi dari bakteri maupun virus. 

Umumnya, kondisi ini bisa sembuh seiring dengan perawatan dan memberikan obat. Bahkan, kondisi ini biasanya dapat sembuh dalam seminggu tanpa perlu perawatan yang medis. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan agar radang tenggorokan cepat sembuh: 

1. Berikan Anak Lebih Banyak Air dan Asupan Cairan 

Tenggorokan yang dalam kondisi radang perlu agar tetap lembab. Karena kondisi tenggorokan yang kering malah akan membuat bakteri atau kuman semakin parah. Selain itu, memberikan perasaan yang tidak nyaman dan sakit pada anak-anak. 

Karena itu, pastikan asupan cairan anak terpenuhi. Dengan cara memberikan lebih banyak air minum maupun makanan berair yang mudah ditelan. Memberikan anak lebih banyak air juga penting. Hal ini untuk menghindari dehidrasi selama sakit. 

2. Kumur dengan Air Garam 

Garam memiliki sifat antibiotik dan antibakteri yang alami. Karena itu, berkumur dengan air garam bisa mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab radang tenggorokan. Dampingi anak untuk berkumur dengan air garam. 

Cukup satu sendok teh garam untuk 120 mili liter air kumur. Lebih baik lagi, jika air yang digunakan untuk berkumur adalah air hangat. Karena garam akan lebih mudah larut pada cairan yang hangat. Namun, perhatikan agar air yang digunakan tidak terlalu panas. 

Selain itu, air hangat bisa memberikan rasa yang nyaman pada tenggorokan yang radang. Disarankan untuk berkumur dengan air garam sehari dua kali saat radang tenggorokan. Jika kondisi radang sudah cukup membaik bisa dikurangi menjadi sehari sekali. 

3. Banyak Istirahat 

Tips mengatasi radang tenggorokan pada anak berikutnya adalah memperbanyak istirahat. Kondisi radang tenggorokan bisa membuat tubuh si kecil cepat lelah dan juga tidak nyaman. Karena itu, membutuhkan banyak istirahat dan tidur. 

Selain itu, pastikan si kecil tidak berteriak atau terlalu banyak bicara selama radang tenggorokan. Karena hal tersebut akan menarik otot di leher dan membuat tenggorokan semakin sakit. Dampingi terus si kecil selama beristirahat sampai benar-benar sembuh. 

4. Makanan dan Minuman yang Hangat dan Menenangkan

Makanan dan minuman yang hangat sangat disarankan selama radang tenggorokan. Karena suhu yang hangat bisa menenangkan radang pada tenggorokan. Tidak hanya sekedar hangat saja, lebih baik untuk memberikan makanan yang menenangkan. 

Misalnya saja, sup hangat, air kaldu, air lemon hangat, air madu, dan berbagai pilihan makanan dan minuman hangat yang menangkan lainnya. Untuk pemberian air madu, lebih baik jangan dilakukan pada anak yang belum berusia 1 tahun. 

5. Berikan Paracetamol Pada Anak

Jika ingin meminum obat untuk mengatasi rasa sakit akibat radang tenggorokan. Maka, paracetamol adalah pilihan obat yang tepat. Karena obat jenis ini relatif aman untuk anak bayi sekalipun. Namun, tetap harus menyesuaikan produk yang akan dipilih. 

Paracetamol sangat efektif untuk mengurangi rasa nyeri dan juga sakit. Termasuk juga, pada radang tenggorokan. Jika si kecil sulit minum obat terdapat juga paracetamol dalam bentuk cair yang akan membuat minum obat semakin mudah. 

Itulah berbagai tips mengatasi radang tenggorokan pada anak. Memang radang tenggorokan bisa sembuh secara alami. Namun, perawatan yang sudah dijelaskan di atas, bisa membantu agar radang tenggorokan pada anak cepat sembuh dan pulih. 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button