Berita Utama

7 Ciri Ciri Penyakit Kanker Rahim Paling Umum, Wanita Wajib Tahu!

Kanker rahim menjadi salah satu penyakit yang sangat ditakuti wanita. Siapa saja memiliki kemungkinan dan risiko yang sama karena penyebabnya ada banyak. Ciri ciri penyakit kanker rahim adalah informasi dasar yang harus dipahami.

Apabila sudah tahu ciri-cirinya, maka proses pengobatan bisa segera dilakukan. Penasaran apa saja ciri-ciri dasarnya? Untuk mengetahui detailnya, simak rincian penjelasan di bawah ini secara menyeluruh tanpa ada yang terlewat:

1. Keputihan Berbau

Keputihan adalah hal yang wajar terjadi pada wanita. Namun yang tidak wajar adalah saat keputihan mengeluarkan bau yang busuk dan menyengat. Umumnya, keputihan muncul dengan warna putih, dalam jumlah wajar, dan tidak ada bau busuk.

Saat muncul keputihan dalam jumlah tidak wajar, warnanya coklat, dan disertai dengan bau busuk maka ini bisa menjadi indikasi masalah organ reproduksi. Bahkan, ciri ini bisa mengindikasikan seseorang mengidap penyakit kanker rahim.

2. Pendarahan Abnormal

Kemudian jika seorang wanita mengalami pendarahan yang tidak wajar, maka hal ini juga bisa dijadikan ciri lainnya. Saat terjadi pendarahan berkepanjangan, maka perlu segera dilakukan pengecekan karena kemungkinan besar ada masalah dengan rahim.

Bahkan hal ini juga bisa terjadi pada golongan wanita yang sudah menopause. Saat sudah menopause dan mengalami pendarahan, maka indikasinya akan sama. Pendarahan abnormal juga bisa terjadi setelah melakukan hubungan seks.

3. Nyeri Panggul

Sering nyeri panggul tidak wajar dan berkepanjangan? Maka jangan sepelekan hal ini karena nyeri panggul masuk ciri kanker rahim. Jika sakit pada tulang biasa, maka sakitnya akan hilang saat diberikan pijatan.

Namun jika muncul terus menerus dan hilang-timbul secara mendadak, maka hal ini perlu diperhatikan. Untuk nyeri panggul karena kanker rahim, maka tidak akan hilang hanya dengan diberikan pijatan karena permasalahannya ada di dalam.

4. Nyeri Saat Berhubungan Seksual

Ciri ciri penyakit kanker rahim selanjutnya adalah ada rasa nyeri saat berhubungan seksual. Jika sudah terbiasa melakukan hubungan seksual, maka nyeri tidak akan muncul. Namun jika muncul secara tidak wajar, maka hal ini bisa diperhatikan.

Biasanya, rasa nyeri ini akan diikuti dengan pendarahan. Jadi ciri ini ada kaitannya dengan ciri pada poin kedua di atas. Apabila merasakan ciri ini, maka segera lakukan pengecekan karena bisa jadi terjadi masalah di rahim.

5. Nyeri Saat Buang Air Kecil

Bukan hanya saat melakukan hubungan seksual, nyeri karena kanker rahim juga bisa muncul saat buang air kecil. Proses wajar ini seharusnya tidak menimbulkan hambatan berupa nyeri karena ini adalah fungsi normal dan alami pada tubuh.

Namun jika muncul rasa nyeri, maka hal ini patut untuk dicurigai karena bisa jadi ada permasalahan dengan rahim. Munculnya rasa nyeri dikarenakan adanya pertumbuhan sel kanker yang memberikan tekanan di bagian kandung kemih dan salurannya.

6. Sakit di Bagian Bawah Perut

Bagian tubuh lainnya juga bisa dijadikan tanda dasar. Jika bagian bawah perut sakit secara berkelanjutan, maka jangan biarkan saja dan lakukan pengecekan. Biasanya sakit ini juga tidak akan selesai hanya dengan obat biasa.

7. Keputihan Encer Setelah Menopause

Ciri yang terakhir adalah keputihan yang encer setelah menopause. Jadi jika sudah menopause dan muncul tanda keputihan encer dengan warna bening, maka jangan diam saja karena hal ini tidak wajar. Lakukan pengecekan agar diketahui permasalahannya.

Itulah penjelasan lengkap tentang ciri ciri penyakit kanker rahim yang harus diketahui. Karena sudah ada tujuh ciri di atas, maka saat merasakannya bisa segera diantisipasi. Lakukan pengecekan ke dokter agar diketahui penyebabnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button