Berita Utama

Cara Mengatasi Jantung Berdebar Kencang dan Badan Lemas yang Perlu Diketahui

Ada kalanya seseorang merasa jantungnya berdebar kencang dan disertai dengan badan yang lemas. Jika kondisi ini menyerang maka jangan panik karena cara mengatasi jantung berdebar kencang dan badan lemas sangat mudah.

Sebagai bahan acuan dan referensi, maka pada penjelasan ini akan diberikan uraian tentang cara mengatasinya. Agar lebih mudah dipahami, maka akan diklasifikasikan menjadi dua golongan cara. Berikut penjelasannya:

Cara Mengatasi Jantung Berdebar dan Lemas Mendadak

Jantung berdebar dan badan lemas bisa datang kapan saja secara mendadak. Jika hal ini terjadi, maka penanganan cepat sangat diperlukan. Karena jika dibiarkan terlalu lama, maka kondisinya bisa memburuk dan tidak nyaman.

Oleh karenanya, akan diberikan dua cara utama yang bisa dijalankan. Dengan dua cara ini, maka jantung yang berdebar bisa hilang dengan cepat tanpa perlu penanganan dokter. Jika ingin tahu caranya, lihat penjelasan berikut:

1. Lakukan Manuver Valsava

Cara yang pertama adalah dengan melakukan manuver valsava. Posisikan jari menekan hidung, kemudian tutup mulut. Lalu proses selanjutnya adalah mengeluarkan napas secara perlahan dan tidak perlu buru-buru.

Jika proses ini dilakukan, maka jantung berdebar bisa segera hilang. Tekanan darah juga bisa meningkat dengan cara ini. Selain itu, irama jantung juga akan kembali normal seperti sebelum debaran kencang terjadi.

2. Ubah Posisi Badan

Kemudian untuk cara kedua adalah dengan mengubah posisi badan. Agar debaran jantung yang kencang bisa segera hilang, maka segera ubah posisi badan menjadi tegak. Kemudian kaki luruskan dan posisikan lebih tinggi dari jantung.

Selama proses ini dilakukan, pastikan untuk mengatur napas secara perlahan agar tidak ada debaran yang berkelanjutan. Cara yang satu ini bisa memberikan solusi cepat karena tidak membutuhkan alat apapun.

Cara Mencegah Jantung Berdebar dan Lemas Jangka Panjang

Jika cara diatas hanya diperuntukkan untuk jangka pendek, maka diperlukan juga cara untuk jangka panjangnya. Cara mengatasi jantung berdebar kencang dan badan lemas untuk jangka panjang ini bisa dilakukan agar kondisinya tidak berkelanjutan.

Setidaknya ada tiga cara yang bisa dijalankan agar kondisi ini bisa selesai secara menyeluruh. Penasaran apa saja cara yang bisa diikuti? Untuk mengetahui daftar dan detailnya, simak struktur dan rincian berikut ini:

1. Jauhi Obat-Obatan Tertentu

Bisa jadi jantung berdebar kencang ini disebabkan oleh obat-obatan. Obat diet dan obat galeri adalah jenis obat yang bisa memberikan efek samping berupa debaran jantung yang kencang. Jika dikonsumsi secara berkelanjutan, maka hasilnya akan buruk.

Oleh karenanya, jauhi obat-obat tersebut agar kondisi jantung bisa kembali seperti semula dan normal. Jika sulit untuk dilakukan, maka coba kurangi dosisnya secara perlahan. Setelah itu, hilangkan kebiasaan mengkonsumsinya.

2. Istirahat dan Olahraga

Pastikan juga untuk istirahat yang cukup serta olahraga. Kondisi debaran jantung yang kencang bisa jadi dikarenakan kondisi tubuh yang kelelahan dan butuh istirahat. Oleh karenanya, pastikan dua aspek ini seimbang dan terpenuhi.

3. Periksa ke Dokter

Jika cara diatas sudah dijalankan dan debaran kencang dari jantung tidak kunjung hilang, maka direkomendasikan untuk pergi ke dokter. Dengan pengecekan menyeluruh, maka akan diketahui kondisi dan penyebab pasti dari debaran jantung yang kencang tersebut.

Daftar cara mengatasi jantung berdebar kencang dan badan lemas diatas tentunya bisa dijadikan acuan. Jalankan saja cara-caranya secara berkala dan satu-satu. Jika semua cara sudah dikombinasikan, maka kondisi ini akan teratasi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button