Berita Utama

6 Cara Cepat Sembuhkan Sariawan Tanpa Perlu Obat Dokter, Dijamin Ampuh!

Cara cepat sembuhkan sariawan bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti jeruk, madu, ataupun . Penyebab sariawan pun sangat bermacam-macam mulai dari lidah atau bagian dalam pipi yang tidak sengaja kegigit hingga infeksi.

Sebenarnya sariawan akan hilang walaupun tidak diobati, namun jika tidak tahan dengan rasa nyerinya maka harus cepat untuk ditangani. Inilah beberapa cara yang cepat untuk menyembuhkan sariawan yang mengganggu, sebagai berikut:

1. Mengoleskan Madu Pada Sariawan

Madu bisa menjadi salah satu cara cepat sembuhkan sariawan yang tengah dialami. Apalagi madu sangat familiar dan mudah ditemukan di mana saja. Madu dinilai manjur untuk mengobati sariawan yang meradang.

Hal itu dikarenakan madu memiliki sifat anti bakteri dan radang sehingga mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi rasa perih. Selain menyembuhkan sariawan, madu juga bisa melembabkan bibir yang kering.

Oleskan madu sebanyak 4 kali dalam sehari pada sariawan agar cepat membaik. Untuk memaksimalkan proses penyembuhan maka disarankan untuk menggunakan madu yang tidak dipasteurisasi (dipanaskan di suhu tinggi).

2. Menggunakan Tea Tree Oil

Cara selanjutnya adalah dengan tea tree oil. Ternyata minyak ini bisa digunakan juga untuk mengobati sariawan. Manfaat dari tea tree oil adalah bisa mempercepat proses penyembuhan serta mengendalikan pertumbuhan bakteri penyebab sariawan.

Hal itu dikarenakan adanya kandungan anti bakteri dan anti jamurnya yang sangat baik untuk mengobati sariawan. Gunakan tea tree oil sebanyak 2 kali sehari dengan menuangkan beberapa tetes ke dalam secangkir air hangat.

Setelah itu, gunakan air hangat tersebut untuk berkumur selama beberapa menit agar sariawan yang diderita cepat sembuh. Lakukan secara rutin sampai sariawan benar-benar sembuh.

3. Lidah Buaya

Jika menanam lidah buaya di pot depan rumah dan jarang untuk dipakai, maka bisa dimanfaatkan sebagai obat sariawan. Dimana lidah buaya ini memiliki kandungan yang mampu menghilangkan nyeri, menyejukkan kulit, mengurangi peradangan serta mempercepat penyembuhan.

Caranya cukup mudah, tinggal menyiapkan lidah buaya yang sudah dicuci bersih. Setelah itu, oleskan secukupnya daging lidah buaya ke area sariawan, diamkan 20 menit. Setelah itu, bilas area sariawan dengan air hangat.

4. Menggunakan Akar Manis dan Daun Saga

Biasanya daun saga digunakan untuk mengobati sakit batuk secara alami. Tidak hanya itu saja, daun saga juga bisa menyembuhkan sariawan di bibir maupun pipi bagian dalam. Selain saga, bahan lain yang digunakan adalah akar manis.

Licorice atau nama ilmiah dari akar manis sudah lama dipercaya bisa menyembuhkan sariawan. Akar manis dan daun saga memiliki antiradang, antibakteri bahkan antioksidan sehingga sering digunakan sebagai obat yang mujarab, terutama untuk sariawan.

5. Susu

Produk dari sapi ini pasti sudah sangat familiar bagi orang banyak, yaitu susu. Ternyata, kandungan Kalsium yang ada pada susu tersebut dapat membantu melawan bakteri penyebab luka.

Selain itu, kandungan lemak yang ada di susu juga terdapat anti virus yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan. Penggunaan susu dalam mengobati sariawan juga membuat penderita tidak merasakan perih.

6. Kelapa

Kelapa sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Selain air dan daging kelapanya yang bisa disantap dan dinikmati, juga bisa menyejukkan tubuh. Bahkan bagian lain dari kelapa seperti daun, batang, hingga batok dan serabutnya pun bisa dimanfaatkan.

Untuk mengobati sariawan yang meradang maka penderita harus berkumur atau minum air kelapa. Agar cepat sembuh maka harus rutin meminumnya 3-4 kali sehari. Bisa juga mencampur air kelapa dengan madu untuk menambah cepat lagi penyembuhannya.

Sekian penjelasan mengenai 6 cara cepat sembuhkan sariawan dengan bahan-bahan alami. Pastinya cukup ampuh untuk mengobati sariawan yang diderita tanpa perlu obat dokter. Bagaimana tertarik kah untuk mencoba salah satu cara tersebut?

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button