Berita Utama

Tanda Kanker Payudara Stadium Awal yang Harus Diwaspadai

Menurut WHO, penyakit kanker payudara adalah diagnosa terbanyak pada perempuan Indonesia. Untuk menghindarinya, ketahui tanda kanker payudara stadium awal yang harus diwaspadai.

Mengenal Kanker Payudara

Diagnosa medis kanker payudara umumnya ditetapkan oleh Dokter spesialis Onkologi, atau Dokter Spesialis Kanker, dan dokter yang ahli di bidang kanker. Seperti namanya, kanker ini terjadi pada jaringan payudara.

Jaringan payudara yang terkena kanker mengeluarkan lobulus yang membentuk saluran ke puting payudara. Kanker ini lebih banyak menyerang wanita, namun pada laki-laki pun diagnosa ini bisa saja ditetapkan.

Belum dipastikan penyebab dan tumbuhnya sel kanker ini, namun bagi perokok, obesitas, atau menstruasi terlalu dini bisa menjadi resiko.

Pada stadium awal, diagnosis ini sulit untuk dideteksi karena ukurannya sangat kecil. Namun ada beberapa tanda yang bisa diwaspadai agar terhindar dari penyakit ini.

Tanda-tanda Kanker Payudara Stadium Awal

Dianggap sebagai penyakit yang mematikan, kanker ini terbentuk dari sel-sel kanker yang bersarang di payudara. Semakin cepat diketahui dan ditangani, maka penyembuhannya bisa berproses lebih cepat. Berikut tanda-tandanya:

1. Benjolan Pada Payudara

Tanda kanker payudara stadium awal yang sering ditemui adalah benjolan yang ada pada payudara. Biasanya tidak ada nyeri pada benjolan ini, namun ada juga yang merasakan sakit pada diagnosa ini. 

Untuk mendeteksi hal ini, dianjurkan untuk melakukan teknik SADARI yaitu periksa payudara sendiri. Selain itu, ada juga harus melakukan pemeriksaan rutin payudara klinis atau SADANIS. Hal ini berupaya untuk mengetahui kondisi jaringan pada payudara.

Pemeriksaan klinis yang dilakukan bernama mammografi. Sementara untuk memeriksa payudara sendiri dilakukan saat mandi dengan memijat payudara secara keseluruhan.

2. Kondisi Puting Berubah

Tanda lainnya yang bisa diwaspadai adalah perubahan pada puting payudara. Kondisi pada stadium awal kanker payudara adalah puting yang masuk ke dalam. Bisa juga terlihat cairan kemerahan pada puting.

Cairan berwarna merah tentu saja menjadi sebuah hal yang tidak normal. Seharusnya cairan yang pada puting payudara adalah air susu yang berwarna putih. Hal tersebut juga umumnya hanya terjadi pada wanita dewasa yang telah melahirkan.

Hal tersebut perlu diwaspadai, karena anomali sekecil apapun bisa berpengaruh besar kepada badan. Jika hal ini terjadi segeralah berkonsultasi untuk mengetahui penyebabnya.

3. Kulit Payudara Berubah

Perubahan pada kulit payudara terjadi pada beberapa penderita dengan kanker payudara tipe yang langka. Hal ini biasanya hanya dianggap sebagai infeksi yang umum terjadi, namun ini bisa menjadi salah satu tanda pada kanker payudara.

Terjadinya perubahan pada payudara tersebut adalah kulit yang iritasi. Muncul kemerahan dan penebalan pada kulit, kemudian ada lekukan pada jaringan dan juga tekstur kulit. Kondisi kulit terlihat seperti kulit jeruk.

Jika hal ini terjadi tanpa diketahui penyebabnya, maka berkonsultasilah kepada dokter. Hal ini guna menanggulangi sebaran kanker payudara yang meningkat di Negara Indonesia

4. Terdapat Benjol pada Ketiak

Bisa terlihat adanya benjol pada ketiak karena jaringan pada payudara meluas. Perluasan tersebut melebar ke ketiak dan bawah lengan. 

Hal ini adalah tanda umum yang bisa diwaspadai sejak awal. Jika tanda ini muncul, maka bisa melakukan pemeriksaan dan berkonsultasi dengan dokter segera.

Demikian tanda kanker payudara stadium awal yang harus diwaspadai. Untuk menghindari kondisi ini, perhatikan perubahan yang ada pada payudara. Utamakan untuk mempedulikan tubuh yang sehat dan juga bugar.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button