Berita Utama

5 Cara Menghilangkan Sinusitis di Rumah secara Mandiri

Bagi yang mengalami sinusitis tetapi belum masuk tahap kronis, ada cara menghilangkan sinusitis yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah. Sinusitis merupakan istilah bagi sinus yang meradang. Pada umumnya, sinusitis dapat sembuh sendiri dalam waktu 2 hingga 3 minggu.

Lendir pada sinus berfungsi menyaring kotoran udara pernapasan, seperti partikel debu dan kuman. Pada saat melakukan tugasnya ini, sinus dapat meradang akibat bakteri, virus, atau jamur. Perhatikan 5 cara berikut untuk menghilangkan sinusitis di rumah:

1. Memperbanyak Minum Air Putih

Cara menghilangkan sinusitis paling sederhana adalah dengan banyak minum air putih. Sebagai variasi, bisa juga dengan minum jus buah. Banyaknya asupan cairan berfungsi mengencerkan lendir pada sinus. Lendir yang encer akan lebih mudah keluar dari rongga sinus.

Selain memperbanyak minum air putih, usahakan sebisa mungkin untuk tidak meminum minuman yang berkafein, seperti kopi. Alasannya adalah karena minuman berkafein cenderung mudah menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan cairan dalam tubuh mengental.

2. Membilas Hidung

Penanganan sinusitis yang satu ini dikenal dengan istilah “irigasi nasal”. Tujuan irigasi nasal sebenarnya cukup sederhana, yaitu untuk membersihkan sinus dari lendir dan kotoran menumpuk yang mengakibatkan sinus teriritasi.

Membilas hidung pada awalnya terlihat sulit dilakukan. Padahal, menghilangkan sinusitis dengan membilas hidung ini termasuk sederhana. Caranya akan lebih mudah dipahami dengan memperhatikan langkah-langkah berikut:

  • Ambil 1 sdt. garam dan larutkan dalam 1 liter air hangat.
  • Masukkan larutan ke dalam teko kecil yang ada di rumah. Pastikan teko tersebut berada dalam keadaan bersih. Sebaiknya, cuci dahulu dengan sabun cuci.
  • Setelah larutan siap dalam teko, bersandarlah ke wastafel sambil memiringkan kepala.
  • Lalu, tuang larutan garam ke salah lubang hidung. Cukup satu lubang hidung saja yang dituangi larutan.
  • Kemudian, melalui lubang hidung lainnya biarkan larutan mengalir keluar.
  • Lakukan pernapasan dengan mulut selama larutan mengalir melalui hidung.

3. Menjaga Kelembapan Udara

Ketika udara kering terlalu sering dihirup, sinus akan lebih mudah teriritasi. Sebaliknya, udara lembab dapat mengurangi keluhan sinusitis. Jadi, memasang alat pelembab udara atau humidifier dapat menjadi alternatif cara menghilangkan sinusitis di rumah.

Humidifier tidak perlu dipasang di seluruh ruangan dalam rumah. Cukup pasang satu humidifier di kamar. Atau, letakkan di ruangan yang paling sering digunakan.

4. Menghirup Uap Hangat

Cara berikutnya untuk menghilangkan gejala sinusitis adalah dengan menghirup uap hangat sebanyak 3 kali sehari. Uap hangat yang dihirup berasal dari air panas yang dimasukkan ke dalam baskom. Jangan sesekali menghirup uap dari air yang sedang didihkan.

Selain cara tadi, bisa juga gunakan kompres handuk yang sebelumnya telah direndam dengan air hangat. Letakkan kompres di sekitar hidung. Tetaplah bernapas biasa ketika menghirup uap dari kain kompres. Cara ini akan memberi sedikit kelegaan bagi jalannya pernapasan.

5. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi sebenarnya harus dilakukan setiap hari, bukan hanya ketika mengalami sinusitis. Contohnya makanan bergizi adalah sup ayam. Uap hangat ditambah protein dan antioksidan yang diperoleh dari sup ayam sangat bermanfaat meredakan gejala sinusitis.

Pastikan sup ayam mengandung bahan-bahan bergizi. Bisa juga ditambahkan rempah-rempah yang bersifat antibakteri.

Ketika terjadi sinusitis, selaput lendir pada rongga sinus mengalami pembengkakan. Akibatnya, lendir menumpuk dan secara perlahan menekan rongga sinus. Namun, dengan rutin menjaga pola hidup bersih dan mengetahui cara menghilangkan sinusitis, diharapkan sinusitis tak akan muncul lagi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button