Berita Utama

Inilah Penyebab Mimisan Pada Anak Secara Tiba Tiba yang Patut Diwaspadai

Banyak hal yang menjadi penyebab mimisan pada anak secara tiba tiba dan biasa terjadi pada anak berusia 3-10 tahun. Anak-anak bisa mendadak mengalami mimisan dan bisa terjadi kapan saja baik saat bermain ataupun sedang istirahat.

Pembuluh darah di hidung anak-anak lebih banyak dan tipis dibanding dengan orang dewasa karenanya anak-anak lebih sering mengalami mimisan. Umumnya mimisan hanya keluar selang beberapa detik hingga menit namun tidak sampai melebihi 10 menit.

Di bawah ini terdapat 6 penyebab mimisan pada anak secara tiba tiba yang patut diwaspadai:

1. Udara Kering

Penyebab mimisan utama pada anak adalah udara kering yang bisa terjadi karena udara di dalam ruangan yang panas. Bisa juga terjadi karena iklim yang kering ataupun karena anak berada di ruangan ber-AC terlalu lama.

Udara yang kering bisa menyebabkan selaput lendir anak menjadi kering dan teriritasi sehingga menyebabkan mimisan. Pasalnya anak akan merasa gatal karena udara kering yang menghasilkan kerak di hidung sehingga menyebabkan anak menggaruk hidungnya dan mimisan.

2. Mengorek Hidung

Mengorek hidung terlalu dalam juga merupakan hal yang menjadi penyebab mimisan pada anak secara tiba-tiba. Kebiasaan ini bisa merobek pembuluh darah yang berada di dinding hidung sehingga darah keluar dari hidung.

Luka pada selaput dinding hidung akan semakin meningkat ketika kuku si kecil panjang dan tajam. Bahkan bukan cuma anak, orang tua juga bisa melukai selaput pada hidungnya dengan kukunya yang panjang.

3. Hidung Terbentur

Seringkali anak-anak bermain dan tidak berhati-hati dengan sekitarnya sehingga anak-anak sering mengalami benturan di hidung dan akhirnya mimisan. Orang dewasa saja bisa mengalami mimisan setelah hidung terbentur apalagi anak-anak yang memiliki selaput hidung yang tipis.

Ketika hidung mengalami benturan, pembuluh darah pada hidung bisa pecah sehingga hidung bisa mengeluarkan darah. Semakin banyak darah yang keluar dari hidung berarti benturannya keras dan sedikit apabila benturan tidak keras.

4. Kelelahan

Selain membuat stamina tubuh menurun, kelelahan juga bisa membuat pembuluh darah melemah ketika anak mengalami kelelahan. Oleh karenanya anak bisa saja secara tiba-tiba mengalami mimisan tanpa mengalami benturan di hidung sebelumnya.

Mimisan pada anak yang disebabkan karena kelelahan patut diwaspadai karena rentan pada anak mengalami penyakit tertentu. Selain itu orang tua seharusnya bisa menjaga buah hatinya untuk tidak terlalu banyak bermain agar tidak merasa kelelahan.

5. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri pada hidung juga dapat menyebabkan iritasi yang biasa ditandai dengan luka, kemerahan atau timbulnya kerak di hidung. Jika luka pada hidung cukup dalam dan mengenai pembuluh darah maka kemungkinan akan mengalami mimisan.

Infeksi seperti flu atau pilek pada saluran hidung juga bisa menyebabkan darah keluar dari hidung anak. Jika anak berusaha mengeluarkan ingus dari hidung dengan keras maka akan membuat hidung anak semakin iritasi.

6. Memasukkan Benda Asing di Hidung

Kerapkali anak-anak yang tidak diawasi ketika bermain membuat anak melakukan sesuatu yang berbahaya salah satunya memasukkan benda ke hidung. Benda asing yang masuk pada hidung dapat menyebabkan goresan pada selaput dinding hidung yang menyebabkan mimisan.

Benda asing yang biasa masuk ke hidung anak yaitu manik-manik, permen, maupun mainan yang berukuran kecil. Memasukkan benda pada hidung bisa membuat anak mimisan, namun hal lain yang dapat menjadi penanda yaitu hidung yang berbau.

Itulah penyebab mimisan pada anak secara tiba tiba yang wajib diwaspadai para orangtua agar selalu mengawasi anak. Penyebab-penyebab mimisan rentan dialami anak-anak karena selaput hidungnya yang tipis sehingga anak-anak lebih sering mimisan dibanding orang dewasa.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button