Berita Utama

6 Cara Agar Badan Fit dan Tidak Mudah Lelah, Simak Dibawah Ini

Sering merasa kelelahan setiap hari bisa disebabkan oleh banyak faktor. Artikel kali ini akan memberikan cara agar badan fit dan tidak mudah lelah. Ada 6 cara yang bisa dilakukan, tapi sebelum itu ketahui dulu faktor penyebab badan sering lelah.

Biasanya faktor penyebab kelelahan bisa dikarenakan aktivitas harian yang menyibukkan. Kelelahan bisa juga menjadi pertanda munculnya penyakit di tubuh. Untuk mengatasinya bisa simak cara dibawah ini dengan seksama:

1. Konsumsi Makanan yang Bergizi

Makanan bergizi menghasilkan energi yang bisa mengatasi rasa lelah yang ada pada tubuh. Namun, perlu pemilihan yang tepat dalam menentukan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Makan bergizi bukanlah makanan yang asal kenyang saat dimakan. Namun kandungan serat, vitamin, protein dan mineral haruslah seimbang. Gizi seimbang juga merupakan upaya dalam mengatasi kelelahan.

Makan dengan gizi seimbang dan berprotein bisa meningkatkan energi tubuh. Seperti sayuran kentang, wortel, brokoli atau untuk protein dari hewan bisa ayam, telur, tahu/ Tempe.

Perbanyak untuk mengkonsumsi biji-bijian seperti kacang almond, kacang mete. Perlu diketahui bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan jangan terlalu berlebihan karena bisa menyebabkan kolesterol.

2. Menghindari Minuman Beralkohol dan Kopi

Salah satu cara agar badan fit dan tidak mudah lelah adalah sebisa mungkin menghindari makanan yang mengandung alkohol dan kafein atau kopi. Memang, sebagian orang yang meminum kopi akan mudah berkonsentrasi dan lebih fokus.

Namun, jika mengkonsumsinya secara rutin juga tidak baik buat tubuh. Apalagi menyebabkan Caffeine Withdrawal atau putus kafein, kondisi ini menyebabkan penyakit insomnia dan kurang fokus dalam bekerja.

Mengkonsumsi kopi juga membuat pusing dan kurang bertenaga. Begitu juga dengan konsumsi minuman beralkohol dampaknya jauh lebih besar dari kopi.

3. Mengelola Cairan Yang Masuk Ke Dalam Tubuh

Selain makanan tubuh juga memerlukan asupan cairan yang pas. Karena 80 persen tubuh manusia adalah cairan maka menjaga cairan tubuh agar tidak menyebabkan dehidrasi juga menjadi cara yang ampuh mengatasi kelelahan.

Minimal konsumsilah air 8 gelas dalam sehari. Bisa air putih atau jus segar, infused water dan lainnya. Namun yang paling tepat dan sehat adalah air putih.

4. Kelola Stress

Mengelola stress juga menjadi hal yang harus dilakukan jika merasa sering kelelahan. Hormon menjadi tidak stabil saat stress yang akhirnya mengirim sinyal kelelahan kepada tubuh.

Lakukan relaksasi setiap hari untuk mengurangi stress. Atau sesekali pergilah refreshing untuk menghilangkan penat. Karena rasa bahagia akan membuat bersemangat dan badan tidak mudah lelah.

5. Lakukanlah OlahRaga Rutin

Olahraga rutin bisa membuat badan berenergi dan membuat sel pada tubuh bekerja maksimal. Dengan berolahraga secara rutin minimal 20-30 selama seminggu akan membuat badan menjadi segar.

Lakukan olahraga ringan seperti berjalan, berlari atau senam. Tubuh akan memberi perubahan jika kita rutin berolahraga.

6. Tidur Cukup

Tidur yang cukup selama 8 jam juga membuat badan fit. Kekurangan tidur menyebabkan badan menjadi kurang sehat dan mudah lelah.

Kurangnya jam tidur membuat susah fokus dalam mengerjakan apapun. Kelola waktu tidur dengan baik, jika dirasa siang hari kelelahan bisa mencoba untuk tidur siang selama 20-30 menit.

Itulah 6 cara agar badan fit dan tidak mudah lelah. Kelelahan bisa juga terjadi karena sedang mengkonsumsi obat-obatan penurun darah atau sejenisnya. Jadi, pastikan kamu melakukan pola hidup sehat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button