Berita Utama

Ciri ciri Asma Ringan, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Penyakit asma adalah penyakit yang membuat tidak nyaman saat bernafas cenderung sesak. Ini karena saluran pernafasan menyempit dan meradang karena penyakit tersebut. Berikut ini ciri ciri asma ringan dan gejala awalnya.

Tidak bisa diketahui jelas apa penyebab penyakit ini. Tapi sebagian besar, kasus pengidap penyakit asma dikarenakan faktor keturunan. Tidak hanya itu banyak juga karena urbanisasi, lingkungan dan alergi. Simak ciri-cirinya dan gejala awalnya:

Ciri ciri Asma Ringan

Asma tergolong penyakit yang sulit disembuhkan. Ini dikarenakan faktor terjangkitnya penyakit dan lingkungan penyebabnya. Penyakit asma meski sulit sembuh namun tetap bisa dikontrol.

Asma ringan masih tergolong mudah untuk pengontrolannya. Berikut ciri-ciri asma yang tergolong ringan:

  • Sesak nafas yang tidak menyebabkan kesusahan berbicara.
  • Sesak yang tidak sampai membuat kelelahan, pusing, hingga rasa tercekat di dalam dada.
  • Saat sesak nafas terjadi hanya di waktu tertentu dan tidak sampai menimbulkan insomnia.

Itulah ciri dari penyakit asma ringan. Setelah diketahui cirinya wajib untuk mengetahui awal gejala yang ditimbulkan penyakit asma.

Gejala Awal Asma

Penyakit asma haruslah sesuai dengan diagnosis dokter. Tidak bisa sembarang dalam mendiagnosis penyakit sesak nafas sebagai asma.

Tetapi, untuk bisa mengindikasi kemungkinan mempunyai asma bisa dengan melihat gejala awalnya. Seperti apa gejala awal asma akan dijelaskan di bawah ini:

  • Batuk terus menerus dan tidak berhenti. Gejala awal asma biasanya diawali dengan batuk yang tidak kunjung berhenti. Batuk biasanya disertai dahak di tenggorokan yang susah untuk dikeluarkan.
  • Pada malam hari bernafas disertai mengi. Mengi atau sesak nafas pada malam hari menjadi awal gejala penyakit asma. Ini juga bisa menyebabkan penderita asma memiliki gangguan tidur atau insomnia.
  • Pernafasan pendek dan cepat. Gejala yang sering terlihat adalah ritme pernafasan penderita pendek-pendek dan cenderung cepat.
  • Terdapat retraksi pada leher yang disebabkan oleh otot leher dan bagian dada menegang saat bernafas.
  • Gejala awal penyakit asma adalah kuku dan bibir membiru.
  • Merasa gampang panik dan cemas karena tertekan.
  • Dada terasa sesak dan membuat tidak nyaman dan pusing. Karena kurangnya asupan oksigen menuju ke atas bagian kepala.
  • Memburuknya keadaan meski sudah menggunakan inhaler atau obat asma. Jika sudah mencoba minum obat asma, namun keadaan tidak semakin membaik sebaiknya langsung dibawa ke rumah sakit agar diperiksa.

Sudah dijelaskan apa saja gejala yang dialami penderita asma di awal. Selanjutnya, kenali penyebab asma bisa kambuh agar dapat berhati-hati.

Penyebab Asma

Yang sudah diketahui ada 3 jenis penyebab penyakit asma. Ketiga jenis ini bisa menyebabkan penderita asma mengalami kambuh. Apa saja penyebabnya, langsung saja simak di bawah ini:

  • Asma karena aktivitas berat seperti olahraga. Penderita asma akan mudah kambuh jika melakukan aktivitas seperti berlari, angkat beban, dan senam. Seorang yang mempunyai asma akan mudah capek maka hindari aktivitas luar ruangan dengan suhu kering dan dingin.
  • Asma kambuh karena lingkungan kerja. Dikarenakan adanya asap rokok, debu dalam ruangan, paparan asap kimia lainnya.
  • Asma bisa kambuh karena penderita mempunyai alergi udara.

Demikian penjelasan mengenai ciri ciri asma ringan dan beberapa gejala serta penyebab penyakit asma. Untuk informasi saja, meskipun penyakit ini susah untuk disembuhkan.

Namun, jika berhati-hati penyakit asma juga tidak mudah untuk kambuh. Jaga pola hidup sehat agar penyakit ini tidak hinggap di tubuh.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button