Berita Utama

Kenali Ciri Ciri Amandel Pada Anak Beserta Penyebabnya

Ciri ciri amandel pada anak kerap kali menjadi sebuah bahan perbincangan antara para orang tua tentang kondisi sang anak. Amandel juga kerap kali dialami oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak bahkan sampai pada orang dewasa.

Tonsil atau amandel merupakan bagian dari suatu sistem pertahanan tubuh yang bertugas untuk melawan adanya infeksi virus dan juga bakteri. Sering mengeluh pada area tenggorokan yang sakit perlu untuk diwaspadai dan kenali ciri ciri amandel dan penyebabnya.

Penjelasan Singkat Tentang Radang Amandel Pada Anak

Dikutip dari Kids Health yaitu tentang infeksi atau yang disebut sebagai radang amandel disebut juga dengan tonsillitis. Merupakan suatu virus ataupun bakteri yang menginfeksi amandel yang terjadi pada anak yang menyebabkan adanya peradangan akut.

Amandel sendiri sebenarnya merupakan kelenjar yang berfungsi filter untuk mencegah kuman atau bakteri agar tidak dapat masuk melalui saluran udara. Namun Amandel juga tidak selalu dapat melakukan tugasnya dengan baik, melainkan bisa membengkak dan meradang.

Kenali Ciri Ciri Amandel Pada Anak

Sebagai orang tua pastikan akan khawatir jika terjadi sesuatu pada anaknya, termasuk jika terjadi radang amandel pada anak. Karena memang radang amandel biasa dialami pada anak-anak, yuk kenali ciri-ciri radang amandel pada anak berikut ini:

  • Merasakan sakit pada bagian tenggorokan.
  • Perubahan yang terjadi pada amandel yaitu kemerahan dan membengkak.
  • Anak mulai demam.
  • Adanya lapisan bercak putih atau kuning yang ada pada amandel.
  • Merasakan sakit saat menelan.
  • Bau Mulut.
  • Mengalami sakit kepala.
  • Suara menjadi serak.
  • Sakit perut.
  • Terakhir leher terasa kaku.

Namun jika ciri ciri amandel pada anak di atas terjadi dan masih tidak dapat untuk menggambarkan rasa sakit yang dialaminya, tentunya tak perlu khawatir. Pasalnya ada beberapa cara untuk dapat melakukan pengecekan gejala dengan melihat tanda berikut.

  • Menolak saat makan.
  • Rewel dari hari-hari biasanya.
  • Mengeluarkan air liur yang disebabkan oleh rasa sakit pada amandel.

Jika radang amandel dialami oleh anak pada usia yang lebih tua biasanya mengalami gejala atau ciri-ciri lainnya. Ciri-cirinya yaitu mengalami rasa sakit pada kepala, telinga, dan juga merasakan sakit yang ada pada bagian perut.

Penyebab Terjadinya Radang Amandel

Amandel sendiri merupakan salah satu bagian penting yang ada dari suatu sistem kekebalan pada tubuh. Jadi tidak heran jika para orang tua khawatir jika anaknya mengalami radang amandel, Kenali penyebab terjadinya radang amandel pada anak.

1. Bakteri

Amandel berfungsi untuk menjebak adanya suatu bakteri, namun ada juga jenis suatu bakteri yang menjadi penyebab umum adanya radang amandel. Bakteri yang paling umum yaitu bakteri Streptococcus beta hemoliticus dan juga bakteri Streptococcus pyogenes.

Infeksi bakteri kemungkinan besar menyebabkan anak mengalami sakit pada tenggorokan disertai dengan adanya demam dan pembengkakan tetapi tidak mengalami pilek. Hal tersebutlah yang bisa menjadi penyebab adanya infeksi pada radang amandel.

2. Virus

Amandel yang diakibatkan oleh infeksi pada virus merupakan suatu hal yang umum terjadi, namun ada beberapa virus yang mempengaruhi amandel. Seperti influenza virus, Epstein-Barr (mono), dan juga Adenovirus virus tersebutlah yang menjadi penyebab.

Jika seorang anak mengalami adanya masalah pada kesehatan seperti batuk, pilek dengan suatu gejala yaitu hidung tersumbat, dan bersin. Kemungkinan besar adalah virus yang menjadi penyebab dari adanya radang amandel pada anak.

Itulah penjelasan mengenai ciri ciri amandel pada anak dan penyebabnya, disarankan juga untuk memastikan anak mendapatkan asupan cairan yang cukup. Namun jika anak baru pertama kali mengalami radang amandel, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button