Berita Utama

4 Cara Mengempiskan Bisul dengan Bahan Alami yang Perlu Diketahui

Untuk mengatasi bisul yang disebabkan oleh bakteri, maka diperlukan cara mengempiskan bisul dengan mudah tanpa harus ke dokter.  Bahan yang digunakan juga terbilang alami dan bisa dapatkan dengan mudah karena biasanya sering ada di rumah.

Namun, bisul yang bisa disembuhkan dengan bahan alami ini hanyalah bisul yang tidak disebabkan karena bawaan penyakit tertentu. Misalnya bisul yang muncul akibat gaya hidup yang kurang sehat atau tertular, karena bisul juga sifatnya menular. Berikut ulasannya:

1. Mengobati Bisul dengan Air Hangat

Air hangat mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya ialah untuk mengatasi penyakit bisul secara alami. Sebab, air hangat telah lama dipercaya oleh masyarakat bisa mengurangi rasa sakit pada bisul dan membunuh kuman atau bakteri.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengobati bisul adalah memasukkan air hangat ke dalam wadah yang telah ditaruh handuk kecil. Jika tidak memiliki handuk kecil di rumah, bisa juga menggunakan kain yang mudah menyerap air.
  • Selanjutnya, rendamlah handuk dalam air hangat selama beberapa detik lalu peras hingga tak ada air yang tersisa. Kemudian tempelkan handuk pada bisul dengan pelan, lakukan cara ini berulang kali selama beberapa hari sampai bisul mengering.

2. Mengobati Bisul dengan Minyak Teh

Cara mengempiskan bisul yang selanjutnya yakni menggunakan minyak tanah. Minyak teh yang berasal dari pohonnya mengandung sifat antibakteri serta antiseptik kuat sehingga berguna untuk melawan penyakit akibat infeksi bakteri.

Namun, minyak ini tidak boleh mengenai kulit secara langsung karena bisa membuat kulit jadi terbakar. Adapun langkah yang perlu dilakukan yakni:

  • Cara yang harus dilakukan adalah campurkanlah minyak pohon teh bersama minyak zaitun ataupun kelapa. Untuk takarannya, ambilah minyak pohon teh sebanyak 5 tetes dan minyak zaitun sebanyak 1 sendok lalu campurkan dalam wadah yang sama.
  • Ambilah kapas untuk diberi minyak yang tadi telah dicampurkan. Setelah itu, oleskan kapan tersebut pada area bisul secara pelan. Lakukan cara ini sebanyak 2 sampai tiga kali sehari hingga bisul mengempis dan mengering.

3. Mengobati Bisul dengan Bubuk Kunyit

Kunyit adalah salah satu macam tanaman yang ternyata bisa memberikan banyak manfaat pada kehidupan manusia. Tidak hanya berkhasiat menjadi bumbu dapur, tetapi juga mampu menjadi obat alami penyakit termasuk bisul dengan cara menjadikannya bubuk kunyit.

  • Masukkanlah 1 sendok teh bubuk kunyit ke dalam air biasa sebelum meminumnya. Selain itu, bisa juga mencampur bubuk kunyit bersama dengan susu dan minumlah sebanyak 3 kali dalam sehari.
  • Tidak hanya digunakan dengan cara direbus lalu diminum, bubuk kunyit itu juga bisa mengobati bisul dengan cara menempelkannya. Oleskanlah bubuk kunyit yang telah ditambahkan air dan bubuk jahe pada bisul sebanyak 2 kali dalam sehari.

4. Mengobati Bisul dengan Minyak Jarak

Minyak jarak dikenal memiliki khasiat untuk menyembuhkan bisul karena mengandung senyawa yang bernama asam risinoleat dan memiliki sifat anti inflamasi. Sebab itulah, minyak jarak banyak diyakini oleh masyarakat Indonesia mampu untuk mengobati bisul dengan cepat.

  • Keluarkanlah sedikit minyak jarak tersebut lalu oleskan langsung pada bisul. Oleskan secara merata dengan sedikit memberikan tekanan.
  • Gunakanlah cara ini sebanyak 3 kali sehari hingga bisul mengempis dan berangsur hilang. Dengan begitu, tidak perlu datang ke dokter atau minum obat dari apotek.

Bisul merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan bisa diatasi dengan obat alami. Adapun cara mengempiskan bisul bisa menggunakan air hangat, minyak jarak, bubuk kunyit, dan minyak pohon teh.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button