Berita Utama

Ketahui Penyebab Timbulnya Bisul dan Cara Mengobatinya

Kemunculan bisul secara tiba-tiba pasti akan sangat menjengkelkan, apalagi jika bisul muncul di daerah yang mudah bergesekan, membuat rasa perih tak dapat dihindari. Lalu apa sebenarnya penyebab timbulnya bisul? Mengapa mereka muncul tanpa tiba tiba?

Bisul (Nasal furuncles) tergolong sebagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Umumnya bakteri ini tumbuh pada kulit atau di dalam hidung manusia. Karena itulah, banyak ditemukan beberapa penyakit bisul yang muncul di dalam hidung.

Penyebab Timbulnya Bisul

Bisul yang muncul secara tiba-tiba bukanlah tanpa sebab, bisul muncul ketika bakteri mulai berkembang di dalam kulit melalui pori-pori atau luka terbuka. Hal inilah yang menyebabkan kulit ruam, kemerahan dan bernanah, berikut penyebab munculnya bisul:

1. Tidak Menjaga Kebersihan Kulit

Kulit yang tidak dijaga kebersihannya akan rentan terpapar bisul, permukaan kulit yang kotor akan memudahkan bakteri jahat berkembangbiak dengan bebas. Karena itulah sangat penting untuk menjaga kebersihan pribadi maupun lingkungan.

Kebersihan pribadi dapat dijaga dengan mandi, membersihkan permukaan kulit dengan lotion. Serta jangan lupa untuk menjaga kebersihan kulit yang terluka, karena bakteri mudah masuk melalui kulit yang terluka ataupun terkena gigitan serangga.

Sedangkan kebersihan lingkungan bisa dijaga dengan rutin membersihkan tempat tidur. Serta membersihkan lingkungan tempat tinggal yang dikhawatirkan, akan menjadi sarang serangga.

2. Memiliki Penyakit Kulit

Seseorang yang memiliki penyakit kulit bawaan seperti eksim, scabies, dan kulit berjerawat akan lebih rentan terserang bakteri. Sama seperti kulit yang terluka, kulit yang berpenyakit juga mudah dimasuki bakteri yang akan menyebabkan bisul.

Hal ini terjadi karena bakteri memasuki folikel rambut melalui kulit yang terbuka tersebut. Sehingga akan menimbulkan peradangan hingga mengeluarkan nanah, terlebih lagi pada kulit yang alergi.

3. Lemahnya Daya Tahan Tubuh

Lemahnya sistem kekebalan tubuh juga bisa menjadi penyebab timbulnya bisul. Ketika sistem kekebalan mulai melemah, tak hanya penyakit bisul namun juga penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri ataupun virus dapat menyerang tubuh dengan mudahnya.

4. Kontak Langsung dengan Penderita

Seperti yang sudah diketahui bahwa bisul menyerang manusia dengan bakterinya. Karena itulah ketika seseorang melakukan kontak kulit dengan penderita, maka akan memudahkan tertularnya penyakit bisul tersebut, apalagi bakteri sangat mudah berpindah tempat

Sehingga jika telah berkontak kulit dengan penderita alangkah baiknya, untuk segera mencuci tangan ataupun mandi dan membersihkan tubuh dengan benar. Meskipun kekebalan tubuh sedang baik namun apa salahnya menjaga kebersihan tubuh.

5. Terpapar Bahan Kimia

Bisul juga dapat muncul karena terlalu sering terpapar bahan kimia, biasanya disebabkan oleh kosmetik. Jangan sepelekan penggunaan kosmetik, karena kosmetik mengandung banyak bahan kimia dan dapat menyebabkan iritasi jika digunakan secara sembarangan.

Sebaiknya gunakan kosmetik ketika membutuhkan saja dan segera bersihkan wajah, setelah menggunakan kosmetik dengan sabun muka dan air. Serta jangan sering bergonta-ganti merk kosmetik karena sangat tidak baik untuk kesehatan wajah.

Cara Mengobati Bisul

Umumnya bisul dapat sembuh dengan sendirinya ketika nanah sudah sepenuhnya keluar. Namun agar lebih cepat proses penyembuhan bisul dapat dilakukan dengan perawatan berikut ini:

  • Kompreslah dengan air hangat selama 10 menit, lakukan paling tidak tiga kali sehari. Dengan kompres air hangat akan mengurangi rasa sakit dan dapat mendorong nanah agar cepat keluar.
  • Jika bisul memecah, bersihkan dengan air bersih dan sabun anti bakteri. Kemudian balut bekas bisul dengan kain kasa dan perban untuk menghindari infeksi.
  • Ganti perban dengan rutin, minimal 2 kali sehari.
  • Cuci tangan sebelum dan setelah mengobati bisul dengan air dan sabun.

Seperti itulah penyebab timbulnya bisul dan cara mengobatinya dengan mudah. Tetaplah jaga kesehatan dengan rajin mencuci tangan dan membersihkan tubuh.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button