Berita Utama

7 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami dan Cepat untuk Pertolongan Pertama

Gigi berlubang akan menimbulkan rasa sakit yang tentunya akan mengganggu aktivitas. Namun jangan khawatir karena ada cara mengobati sakit gigi berlubang secara alami dan cepat.

Terjadinya gigi berlubang pada dasarnya disebabkan karena pembusukan pada permukaan gigi tersebut. Nah jika sudah begitu biasanya akan menimbulkan rasa sakit.  Berikut beberapa cara mengobati sakit gigi berlubang secara alami dan cepat untuk pertolongan pertama.

1. Mengunyah Permen Karet

Cara pertama untuk mengurangi sakit gigi yang berlubang adalah dengan mengunyah permen karet. Tapi disini yang digunakan adalah permen karet bebas gula dengan kandungan xylitol.

Selain itu ada pula permen karet bebas gula yang memiliki kandungan senyawa kasein fosfopeptida-amorf kalsium fosfat yang juga dapat mengurangi S mutan seperti halnya xylitol. Bahkan diklaim lebih efektif.

2. Kumur dengan Air Garam

Pada saat merasakan sakit karena gigi berlubang, bisa lakukan kumur dengan air garam untuk meredakan nyeri. Air garam dapat membantu membasmi kuman penyebab infeksi dengan perannya sebagai desinfektan alami.

Peradangan pada gusi dan area mulut juga bisa diredakan dengan cara berkumur air garam. Untuk membuat larutan garam untuk berkumur sendiri hanya butuh 1/2 sendok teh garam saja yang dicampurkan pada air hangat.

3. Dikompres dengan Air Dingin atau Es

Cara mengobati sakit gigi berlubang secara alami dan cepat selanjutnya adalah mengkompres dengan air dingin atau es. Jadi bagian yang terasa sakit bisa ditempeli dengan handuk atau kain yang dibasahi dengan air dingin atau es.

Kompres dingin tersebut akan menimbulkan efek relaksasi serta meredakan peradangan yang terjadi pada area gigi yang sakit karena berlubang.

4. Menggunakan Lemon

Lemon memiliki sifat sebagai antiseptik serta antibakteri sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi. Cara penggunaannya sangat sederhana yaitu tinggal peras lemon tersebut kemudian biarkan air perasannya menyentuh gigi di bagian yang terasa sakit.

Untuk mengurangi rasa perih bisa juga dengan mengaplikasikan kapas yang sudah diberi air perasan lemon tersebut pada gigi yang terasa sakit.

5. Oles dengan Minyak Cengkeh

Salah satu kandungan yang ada pada minyak cengkeh adalah eugenol yang mampu berperan sebagai anestesi alami yang menonaktifkan saraf sementara waktu. Selain itu minyak cengkeh juga mampu berperan sebagai anti bakteri serta analgesik alami.

Namun pada saat mengoles minyak cengkeh ini akan terasa nyeri, jadi berhati-hatilah ketika melakukan cara ini untuk mengobati gigi yang terasa sakit.

6. Berkumur dengan Minyak Kelapa atau Wijen

Selain minyak cengkeh, minyak kelapa dan minyak wijen juga bisa menjadi bahan untuk pertolongan pertama sakit gigi berlubang. Caranya hanya tinggal kumur-kumur saja selama 20 menit dengan minyak kelapa atau minyak wijen ini.

Berhati-hatilah agar jangan sampai tertelan. Minyak wijen atau kelapa ini juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan gigi seperti mengurangi plak, mengurangi jumlah bakteri yang ada di mulut dan mengurangi gingivitis.

7. Jangan Makan yang Manis-manis

Inilah poin terpenting namun terkadang sulit untuk dilakukan. Gigi berlubang biasanya disebabkan karena banyak mengkonsumsi makanan manis.

Jadi pada saat sakit gigi karena gigi berlubang, makanan manis harus dihindari dulu. Hal itu bertujuan supaya gigi bisa melakukan remineralisasi sehingga gigi yang berlubang tidak bertambah parah.

Cara mengobati sakit gigi berlubang secara alami dan cepat yang sudah disebutkan diatas bisa dilakukan untuk pertolongan pertama. Namun apabila masih terasa sakit dan tidak kunjung reda, lebih baik untuk segera pergi ke dokter gigi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button