Berita Utama

Cara Menyembuhkan Diare dengan Cepat yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ada berbagai cara menyembuhkan diare dengan cepat yang bisa dilakukan. Cara-cara tersebut sifatnya sebagai pertolongan pertama sebelum memeriksakan diri ke dokter atau pelayanan kesehatan lain.

Diare adalah kondisi yang menyebabkan penderitanya akan BAB dengan frekuensi yang tidak normal atau terlalu sering. Biasanya kondisi ini terjadi karena infeksi bakteri atau virus.

Jika diare masih dalam tahap ringan, maka cara menyembuhkan diare dengan cepat berikut ini bisa coba dilakukan. Simak berikut penjelasannya:

1. Minum Cairan Oralit

Oralit sudah dikenal dari dulu sebagai obat penyembuh diare secara alami. Jadi ketika mengalami diare langsung saja buat cairan oralit untuk diminum.

Cara membuatnya sangat mudah yakni hanya tinggal campurkan garam sebanyak 1/4 sendok makan dan gula sebanyak 1 sendok makan dalam air putih 1 gelas. Ini akan membantu tubuh untuk mengembalikan energi, mineral dan juga cairan tubuh.

2. Banyak Minum Air Mineral

Salah satu akibat diare yang paling fatal jika tidak segera ditangani adalah kehilangan banyak cairan. Untuk itu bagi penderita diare, cairan yang keluar dan masuk harus seimbang.

Dimana pada saat diare pasti banyak cairan yang keluar bersamaan dengan feses. Oleh karena itu agar cairan tetap seimbang, penderita diare harus minum air mineral yang banyak.

Bisa juga mengkonsumsi cairan lain seperti jus atau minuman isotonik. Tapi hindarilah minuman yang mengandung soda, susu dan alkohol karena akan memicu diare lebih parah lagi.

3. Menambah Asupan Probiotik

Dengan menambah asupan probiotik akan membantu menyeimbangkan bakteri di usus. Hal ini akan membuat kinerja usus menjadi lebih baik dan mengurangi diare.

Selain itu probiotik juga dapat mengurangi bakteri atau virus penyebab diare yang ada di usus. Jadi ketika mengalami diare bisa konsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik. Contohnya adalah yoghurt, tempe atau kombucha.

4. Hindari Makanan Tinggi Serat

Pada saat diare sebaiknya hindari makanan yang berserat tinggi. Memang makanan yang berserat tinggi terkenal baik untuk memperlancar pencernaan. Namun pada penderita diare justru sebaliknya dan disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang rendah serat.

Makanan yang rendah serat akan membantu untuk memadatkan tinja. Jadi ini bisa menjadi solusi untuk meredakan diare. Contoh makanannya adalah seperti roti, pisang dan nasi putih.

5. Makan Makanan yang Bertekstur Lembut

Makanan dengan tekstur lembut akan lebih mudah dalam proses penyerapannya di usus. Jadi ini akan membantu kinerja usus menjadi lebih stabil. Seseorang yang menderita diare biasanya akan lemas karena banyak cairan serta mineral yang keluar akibat seringnya frekuensi BAB.

Oleh karena itu agar tidak lemas bisa konsumsi makanan yang bertekstur lembut seperti bubur atau pisang. Dalam hal ini pisang lebih direkomendasikan karena mengandung banyak potasium yang akan menghindarkan perut dari rasa mual.

6. Minum Air Rebusan Kunyit

Dalam air rebusan kunyit ternyata terkandung efek antiseptik dan antiradang. Sehingga bisa membantu memadatkan feses yang selama diare akan memiliki konsistensi cair.

Air rebusan kunyit ini cukup dikonsumsi 1 gelas saja karena jika terlalu banyak maka malah dapat memperparah diare

Demikianlah beberapa cara menyembuhkan diare dengan cepat yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama saat mengalaminya. Tapi jika diare masih belum teratasi sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Jika frekuensi BAB lebih dari 3 kali dalam sehari dan yang keluar berupa cairan, sebaiknya segera periksa ke dokter. Karena jika dibiarkan maka penderitanya akan semakin banyak kehilangan cairan dan kondisi yang lebih buruk kemungkinan terjadi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button