Berita Utama

Gejala Awal Kelenjar Getah Bening dan Cara Pengobatannya

Perlu dipahami apa yang menjadi gejala awal kelenjar getah bening. Karena penyakit kelenjar getah bening biasanya gejalanya sama dengan beberapa penyakit ringan lain.

Hal tersebut menyebabkan jika tidak diketahui secara keseluruhan, maka akan sulit menyadari bahwa gejala yang muncul adalah gejala penyakit kelenjar getah bening.

Kelenjar getah bening sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh yakni mengatur fungsi tubuh untuk melawan infeksi. Walaupun memiliki tugas sebagai penangkal infeksi namun kelenjar ini juga bisa mengalami masalah.

Terganggunya fungsi kelenjar getah bening biasanya disebabkan oleh karena infeksi virus misalnya pilek. Bisa juga karena infeksi bakteri. Gejala awal kelenjar getah bening perlu diketahui supaya tidak terlambat penanganannya.

Gejala Awal Kelenjar Getah Bening

Seperti yang sudah disebutkan diatas, kelenjar getah bening  tugasnya sebagai penangkal infeksi. Meski begitu, kelenjar getah bening bisa saja terkena infeksi oleh karena serangan virus maupun bakteri.

Adapun gejala awal jika terjadi masalah pada kelenjar getah bening yang biasanya muncul adalah sebagai berikut.

1. Muncul Benjolan

Gejala paling terlihat jika terjadi masalah pada kelenjar getah bening adalah munculnya benjolan.

Biasanya benjolan ini terdapat pada leher, ketiak, belakang kepala atau telinga, paha bagian dalam, rahang atau dagu.

2. Berat Badan Turun

Jika terjadi gangguan pada kelenjar getah bening, penurunan berat badan juga akan terjadi pada penderitanya.

Penurunan berat badan yang terjadi biasanya mencapai angka 10 persen atau lebih dalam waktu yang singkat padahal tidak sedang diet.

3. Terasa Gatal dan Muncul Ruam

Gejala selanjutnya yaitu munculnya ruam pada kulit akan terasa gatal. Hal ini disebabkan karena adanya sitokin yang dilepaskan untuk melawan infeksi atau sel kanker.

Untuk ruam biasanya akan muncul pada kulit dengan warna kemerahan atau ungu dan membentuk area yang menyerupai sisik.

4. Sakit Tenggorokan dan Hidung Meler

Ketika kelenjar getah bening terserang oleh virus flu biasanya gejala flu juga akan muncul. Gejala-gejala tersebut merupakan gejala yang mengindikasikan infeksi saluran pernapasan atas. Contohnya antara lain hidung meler dan sakit tenggorokan.

Cara Pengobatan

Biasanya jika pada kelenjar getah bening ini terjadi masalah, maka akan terasa nyeri di bagian tubuh tertentu. Sebenarnya itu masih bisa dibilang dalam kondisi yang ringan.

Biasanya nyeri tersebut muncul karena bagian tubuh tersebut terjadi pembengkakan. Nah untuk mengatasinya, cara pengobatan berikut bisa dilakukan:

  • Kompres dengan air hangat. Mengompres bagian yang terasa sakit dengan air hangat akan menimbulkan efek relaksasi, sehingga dapat meredakan nyeri.
  • Istirahat cukup. Dengan istirahat cukup maka tubuh juga akan memiliki waktu yang cukup untuk meregenerasi sel-sel. Hal tersebut akan bisa mempercepat kesembuhan penyakit yang masih tergolong ringan.
  • Minum obat analgesik. Analgesik adalah obat pereda nyeri. Jadi obat ini bisa dikonsumsi untuk membantu meringankan nyeri pada saat terjadi pembengkakan oleh karena masalah pada kelenjar getah bening. Contoh obat analgesik yang dapat dibeli dengan bebas dalam Ibuprofen, Paracetamol, asam mefenamat, dan natrium diklofenak / sodium diklofenak.

Demikianlah itu tadi penjelasan tentang pengobatan serta  gejala awal kelenjar getah bening yang perlu diketahui agar tidak terlambat penanganannya. Karena jika terlambat, kemungkinan besar yang terjadi adalah kanker kelenjar getah bening.

Oleh sebab itu jika gejala-gejala diatas mulai muncul segera saja menghubungi dokter untuk mendapatkan penegakan diagnosa yang tepat. Hal tersebut supaya pada saat masih gejala bisa tertangani dengan cepat sehingga tidak terjadi kanker.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button