Berita Utama

8 Manfaat Garam Himalaya Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Garam Himalaya berbeda dengan garam dapur pada umumnya, begitu pula dengan manfaat Garam Himalaya yang lebih beragam.

Garam Himalaya memiliki manfaat yang lebih banyak dibanding garam dapur umum karena memiliki kandungan natrium klorida yang paling murni hingga 98 persen.

Garam Himalaya memiliki warna merah muda karena memiliki kandungan zat besi di dalamnya yang menjadi ciri khas. Selain itu adapun kandungan nutrisi yang menawarkan berbagai macam khasiat bagi kesehatan tubuh. Berikut 8 manfaat Garam Himalaya bagi kesehatan:

1. Membuang Racun dalam tubuh

Manfaat Garam Himalaya dapat membuang racun karena mengandung mineral natrium klorida secara murni yang mampu menarik racun dari dalam tubuh. Cara pengkonsumsiannya pun cukup mudah, yaitu dengan melarutkan dalam air dan melalui suatu proses sederhana.

Isi ¼ gelas dengan Garam Himalaya dan tambahkan air dalam gelas hingga penuh lalu tutup larutan itu semalam. Pada keesokan harinya larutan garam telah jadi dan siap untuk dikonsumsi dengan air biasa dan beri campuran larutan garam satu sendok teh.

2. Melancarkan pencernaan

Saat proses pencernaan dalam mulut Garam Himalaya berperan aktif dalam membantu mengaktifkan kelenjar ludah yang melepaskan enzim amilase. Proses pencernaan dalam perut pun Garam Himalaya berperan dalam merangsang asam klorida enzim pencerna protein dan membantu pemecahan makanan.

3. Terapi Pernapasan

Terapi Pernapasan menggunakan Garam Himalaya dapat membantu masalah pernapasan dengan cara menghirup udara asin dari garam itu. Cairan garam yang panas mengeluarkan udara yang dapat digunakan terapi guna mengobati alergi dan hidung tersumbat.

4. Mencegah Naiknya Gula Darah

Kandungan yang baik dalam Garam Himalaya seperti kandungan mineral dan memperbaiki hormon membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan mengkonsumsi cairan garam ini dapat mengontrol gula darah dan mencegah gula darah naik secara tiba tiba.

5. Meremajakan kulit

Berendam dalam larutan Garam Himalaya dapat membantu meremajakan kulit karena memiliki kandungan yang baik bagi kulit. Kandungannya meliputi mineral dalam garam, kromium guna melawan jerawat, sulfur membuat kulit halus dan magnesium guna menenangkan otot.

Kandungan dalam Garam Himalaya memiliki kemampuan untuk mengangkat sel kulit yang rusak dan sudah  mati yang berfungsi menjadikan kulit terasa lebih halus dan lembut.

Dalam metode penggunaan dengan cara mengoleskan juga mampu mencegah pertumbuhan bakteri serta jamur yang ada pada kulit.

6. Kekebalan Tubuh

Dalam Garam Himalaya ada kandungan bernama antimikroba yang berfungsi penting dalam Kesehatan guna melawat penyakit infeksi. Natrium yang terkandung dalam Garam Himalaya juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan dalam tubuh.

7. Mencegah Kram Otot

Garam Himalaya memiliki kandungan yang kaya akan elektrolit, dimana kandungnya ini sangat dibutuhkan setelah berolahraga. Fungsi lainnya adalah memperlancar fungsi otot sehingga mencegah kram otot dan melancarkan komunikasi sinyal pada saraf.

8. Merangsang Gairah

Garam Himalaya memiliki kandungan selenium, magnesium, dan seng tinggi yang dapat meningkatkan gairah pada tubuh. Cara penggunaannya pun cukup sederhana dengan menguapkan larutan Garam himalaya dan dapat memberikan gairah dalam tubuh.

Berbagai manfaat Garam Himalaya bagi tubuh dan mengoptimalkan sistem tubuh seperti sistem pencernaan membuat Garam Himalaya lebih unggul dibanding garam biasa.

Namun karena metode mendapatkan Garam Himalaya cukup sulit membuat harga garam ini lebih mahal dibanding garam dapur dari lautan.

Perlu diingat juga bahwa mengkonsumsi Garam Himalaya harus sesuai takaran, karena jika kelebihan dalam mengkonsumsi akan menyebabkan beberapa risiko. Garam Himalaya memiliki kandungan natrium yang banyak yang dapat menimbulkan tekanan darah naik secara tidak normal.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button