Berita Utama

5 Gejala Penyakit Leukemia Penting Diketahui Sejak Dini

Penyakit leukemia merupakan penyakit yang familiar di kalangan masyarakat, akan tetapi pengetahuan masyarakat terkait gejala penyakit leukemia masih minim. Perlu kita ketahui bahwa penyakit ini merupakan pertumbuhan sel darah putih dalam tubuh yang tidak terkendali.

Penyakit ini tidak boleh dianggap bukan hal serius karena dapat membahayakan untuk kesehatan pengidap leukemia ini. Oleh karena itu masyarakat perlu untuk mengetahui gejala penyakit ini agar bisa diatasi, berikut ulasan mengenai gejala penyakit tersebut:

1. Demam dan Kelelahan

Peningkatan suhu tubuh diatas normal akan terjadi kepada penderita penyakit ini, biasanya disertai dengan badan yang terasa menggigil. Demam ini kadang dianggap hal biasa oleh penderita, sehingga tidak mendeteksi bahwa ini merupakan gejala penyakit leukemia.

Akan tetapi, demam yang dialami oleh penderita leukemia ini berbeda dengan demam biasanya, karena penderita kadang merasakan rasa lelah. Rasa lelah tersebut tiada henti meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat serta sudah beristirahat dengan cukup.

2. Berat Badan Menurun

Kuantitas berat badan penderita penyakit ini semakin lama akan semakin menurun, ini terus terjadi sehingga berat badan menjadi sangat kurang. Akan tetapi anggapan masyarakat bahwa penurunan berat badan adalah hal wajar sehingga kewaspadaan sangat minim.

Penurunan berat badan seiring dengan penurunan nafsu makan, yang dimana penderita mengkonsumsi makanan yang kurang setiap hari dengan jumlah sedikit. Oleh karena itu hal ini perlu untuk diwaspadai, karena penurunan nafsu makan tanpa sebab pasti.

3. Adanya Kelebihan Keringat yang Dialami

Keringat sering keluar sangat banyak dan tidak bisa terkontrol bahkan keringat tersebut keluar tanpa melakukan aktivitas yang berat. Hal ini biasanya terjadi ketika malam hari, sehingga sangat aneh dikarenakan malam hari cuaca dingin.

Hal ini membuat tubuh sangat mudah untuk mengalami dehidrasi apalagi penderita kurang minum air putih. Untuk mengatasi hal tersebut ketika terjadi keringat berlebihan, maka dianjurkan untuk meminum air putih lebih dari biasanya.

4. Nyeri Pada Sendi Maupun Tulang

Rasa nyeri yang sering muncul pada bagian sendi maupun tulang sering dialami oleh penderita penyakit leukemia ini. Nyeri yang dirasakan sering terjadi tanpa sebab, hal ini membuat ketidaknyamanan yang membuat segala aktivitas terhambat.

Pada hakikatnya mayoritas orang menganggap hal ini sepele, sehingga hanya mengkonsumsi obat pereda nyeri saja. Alangkah baiknya ketika merasakan hal seperti ini segera melaporkan ke dokter yang bersangkutan, supaya dapat diatasi dan diberikan solusi.

5. Adanya Bintik Merah Maupun

Memar Penderita akan mengalami munculnya ruam, bintik merah, maupun memar di bagian tubuhnya, meskipun munculnya hal ini tidak terlalu parah. Mungkin penderita akan merasakan aneh ketika kemunculan hal ini, karena kemunculannya tanpa memiliki sebab yang pasti.

Ketika sudah merasakan hal ini alangkah baiknya ketika mulai mewaspadainya dan melakukan konsultasi dengan dokter terkait. Adanya bintik merah maupun memar tanpa ada sebab yang pasti sudah merupakan tingkatan serius yang seharusnya diperiksakan.

Ketika tingkatan leukemia sudah ditahap parah, maka gejala lainnya seperti sakit kepala dan mual bahkan mempengaruhi kemampuan dalam berpikir. Hal ini disebabkan karena penyakit ini sudah masuk bahkan menyerang saraf-saraf dalam tubuh penderita leukemia ini.

Itulah beberapa ulasan terkait gejala penyakit leukemia, penyakit ini sangat perlu untuk segera dicegah maupun diobati. Penyakit ini dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh, karena pertumbuhan sel darah putih yang berlebihan.

Ketika sudah merasakan gejala diatas, alangkah baiknya menerapkan pola sehat dalam hidup seperti makan teratur, berolahraga dan mengurangi rokok. Ketika gejala yang dirasakan parah, silahkan melaporkannya ke pihak kesehatan, semoga ulasan diatas bermanfaat bagi masyarakat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button