Berita Utama

Ketahui Cara Penggunaan Tetes Mata Sesuai dengan Aturan

Ketika daerah mata terasa kering atau pun kemerahan,  dengan mengaplikasikan obat tetes mata bisa menjadi salah satu solusinya. Agar hasilnya efektif dan tidak menimbulkan keluhan lainnya yang mengganggu mata, maka perlu untuk mengetahui cara penggunaan tetes mata yang benar, berikut:

1. Utamakan Cuci Tangan

Sebelum pemakaian, cara penggunaan tetes mata, penting untuk  selalu mengutamakan kebersihan tangan demi menghindari kuman yang tak terlihat, berakibat bisa berpindah ke mata apabila tidak mencuci tangan terlebih dahulu.

Tujuannya agar tidak terjadi perpindahan bakteri atau kuman yang ada melekat di tangan yang bisa berakibat fatal untuk kesehatan mata, padahal niatnya ingin mengobati tetapi karena kebersihan tidak terjaga bisa menambah atau memperlambat kesembuhan mata.

2. Cek Botol Kemasan Tetes Mata

Sebelum diaplikasikan pastikan botol kemasan obat dalam kondisi bersegel dan steril, demi keamanan pengobatan dan kesembuhan mata. Cek tanggal kadaluarsa yang terdapat di kemasan.

Pastikan mulut keluar dari botol obat mata tetap steril dan tidak tersentuh benda apapun, termasuk tangan meskipun telah mencuci tangan menggunakan sabun.

3. Kocok Botol, Obat

Perlu dipahami juga bahwa, sekiranya sebelum membuka tutup botol obat usahakan mengocok botol obat terlebih dahulu agar kandungan obatnya tercampur rata.

Cukup mengocok botol obat sekitar 1-3 menit saja, sebelum digunakan di daerah mata, sehingga penggunaannya dapat berkhasiat dengan cepat dan tepat.

4. Berbaring atau Mendongak

Cara Penggunaan tetes mata juga dapat dilakukan dengan posisi tubuh berbaring atau pun mendongak, namun pastikan tetap dalam posisi yang membuat nyaman saat pengobatan mata.

Usahakan membuka mata lebar-lebar agar memudahkan obat mata menetes dan mengenai bola mata tepat sasaran dengan mengarahkan penglihatan mata ke atas.

5. Tarik Pelan Kantung Mata bawah

Sebelum meneteskan obat mata, cobalah untuk menarik pelan kantung mata bawah dan teteskan obat mata dengan perlahan kemudian menutup mata setelah terkena tetes mata agar tidak terasa perih atau kaku bagian mata.

Sekaligus untuk mempermudah membuka kembali mata dengan baik pada saat selesai memberikan pengobatan dengan menerapkan cara penggunaan tetes mata dengan perlahan sehingga rasa perih tidak terasa terlalu lama.

6. Tetap Tutup Mata dan Jangan Berkedip

Cara harus  dilakukan dengan hati-hati, ketika selesai meneteskan obat mata, tetap tutup mata dan usahakan tidak berkedip meskipun akan terasa sedikit perih, guna untuk membuat cairan tetes mata meresap merata ke daerah mata.

Karena bila berkedip cairan, tetes mata yang sudah masuk di daerah mata dapat membuatnya keluar dari mata terkecuali ketika mata tetap tertutup namun menetes di pinggir mata maka itu tidak jadi masalah dan cukup dibiarkan saja dahulu.

7. Bersihkan Obat yang Menetes Mengenai Daerah Wajah

Ketika telah selesai, sekitar 1-3 menit meneteskan obat mata, bersihkanlah sisa obat tetes mata yang mengenai wajah dengan tissue dengan perlahan dan segera menutup botol obat agar tidak terkontaminasi dengan kuman yang bertebaran.

Kemudian jangan lupa mencuci tangan kembali dengan menggunakan sabun, dan perlu di ingat juga bahwa apabila masih ada obat selanjutnya yang kan digunakan lagi di daerah mata, maka gunakan lah setelah 5 menit berlalu dari obat tetes pertama.

Itulah 7, cara penggunaan tetes mata yang tepat agar mata tetap terjaga kesehatannya dengan baik. Namun jika kesulitan menggunakannya, bisa meminta bantuan orang lain untuk meneteskannya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button