Berita Utama

Beginilah Cara Mengatasi Susah BAB Secara Alami dengan Efektif

Susah BAB atau sembelit merupakan gangguan pencernaan yang umum, bagaimana cara mengatasi susah BAB secara alami dengan efektif? Cara mengatasinya dengan menerapkan kebiasaan pola hidup sehat, perbanyak konsumsi air putih, memperhatikan jenis makanan, dan rajin berolahraga.

Biasanya masalah sembelit dapat terjadi akibat kurangnya konsumsi makanan berserat, jarang berolahraga, dan kurangnya asupan cairan. Sembelit biasanya akan membuat perut terasa tidak nyaman, inilah cara mengatasi susah BAB secara alami dengan efektif:

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Kurang mengonsumsi banyak air putih dapat membuat pencernaan terganggu, mengakibatkan kotoran menjadi mengeras dan susah untuk dikeluarkan. Biasakan untuk mengonsumsi delapan gelas air putih dalam sehari agar tubuh cukup mendapatkan asupan cairan.

Biasanya untuk mengukur kebutuhan cairan yang dikonsumsi sudah cukup atau tidak dapat dilihat dari warna urine yang terlihat. Urine yang berwarna kuning pekat itu tandanya kurang asupan cairan, jadi pastikan tubuh memiliki asupan cairan yang cukup.

2. Konsumsi Banyak Makanan Berserat

Salah satu cara alami untuk mengatasi sembelit dengan memperbanyak konsumsi makanan yang memiliki serat. Dengan mengonsumsi makanan berserat dapat membantu menyerap air pada sisa makanan yang ada di dalam tubuh.

Seperti sayuran, buah, kacang, serta biji-bijian, dan hindari juga makanan atau minuman yang dengan kandungan gas tinggi. Minuman bersoda, susu, serta makanan yang mengandung banyak lemak atau sayuran seperti kol dan lobak.

3. Meminum Air Jahe

Pada umumnya jahe memiliki beragam manfaat dan juga dijadikan sebagai obat herbal alami, terutama untuk mengatasi sembelit. Kandungan yang terdapat pada jahe dapat membantu mempercepat proses pencernaan, baiknya air jahe dikonsumsi setelah memakan makanan berat.

Cara untuk membuat air jahe juga cukup mudah, ambilah satu ruas jahe yang tersedia. Jangan lupa untuk mengupas dan mencucinya, setelah jahe digeprek, rebus sebentar lalu airnya dapat diminum.

4. Rutin Berolahraga

Kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh diantaranya dengan berolahraga, setidaknya dalam sehari luangkan waktu untuk berolahraga. Seperti melakukan jalan kaki atau jogging selama 15 menit, atau juga bisa melakukan olahraga di rumah.

Dengan rutin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya, dapat meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus pergerakan pada usus. Jika pergerakan usus dalam tubuh lancar, kemungkinan sisa makanan dalam tubuh agar melunak dan memudahkan untuk keluar.

5. Mengonsumsi Kafein

Ketika mengonsumsi minuman yang di dalamnya terdapat kafein seperti teh, dan kopi ternyata dapat membantu melancarkan pencernaan. Kandungan yang terdapat pada kafein dapat memacu otot-otot pada pencernaan untuk berkontraksi dan membuat ingin buang air besar.

Meskipun minuman yang mengandung kafein dapat melancarkan pencernaan untuk sembelit, tidak disarankan untuk sering meminumnya. Karena kafein dapat memicu lebih sering membuang air kecil dan dapat menyebabkan dehidrasi, jangan lupa untuk konsumsi air.

Minuman yang mengandung kafein dapat dikonsumsi sebanyak 1 kali dalam sehari dengan diimbangi minum air putih yang banyak. Agar tubuh juga mendapatkan cukup cairan pada tubuh dan mengurangi terjadinya dehidrasi.

6. Jangan Sering Menahan BAB

Sering terjadi, jika menahan buang air besar itu merupakan kebiasaan yang tidak baik, terutama jika  tengah memiliki gangguan pencernaan. Ubahlah kebiasaan menunda dan menahan BAB karena tidak baik.

Demikian beberapa cara mengatasi susah BAB secara alami, mulailah untuk menerapkan kebiasaan berolahraga rutin, dan perbanyak mengkonsumsi air putih. Jangan lupa untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan berserat, untuk mencegah terjadinya sembelit.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button