Berita Utama

Pencegahan Demam Berdarah 3M yang Bisa diterapkan

Angka kejadian penyakit demam berdarah setiap tahunnya terus meningkat. Untuk mengurangi hal tersebut perlu pencegahan demam berdarah 3M yang bisa diterapkan, atau yang terbaru dengan cara 3M plus. Terutama jika musim hujan, maka sangat rentan terkena demam berdarah.

3M sendiri merupakan bagian dari kampanye yang dilakukan kepada masyarakat sebagai pencegahan demam berdarah 3M yang bisa diterapkan sendiri memiliki kepanjang Menguras, menutup, dan memanfaatkan kembali.

Pencegahan DBD dengan 3M

Tentunya cara pencegahan demam berdarah 3M yang bisa diterapkan sudah dicanangkan oleh pemerintah agarĀ  bisa diterapkan oleh masyarakat. Berikut adalah berbagai upaya yang bisa dilakukan:

1. Menguras

Untuk 3M yang pertama adalah membersihkan tempat-tempat yang rawan menjadi sarang nyamuk. Seperti memberikan bak mandi, kendi, toren, drum,dengan cara dikuras. Terutama pada bak mandi yang sering digunakan.

Selain bak mandi, juga perlu diperhatikan jika di rumah terdapat vas dan akuarium atau kolam yang berisi air, pastikan untuk rutin membersihkannya.

2. Menutup

Karena nyamuk sangat rentan bersarang pada air yang tergenang. Maka selalu pastikan untuk menutup seluruh tempat-tempat penyimpanan air dan air tersebut tergenang di dalamnya.

Hal ini akan mencegah nyamuk untuk berkembang biak, karena metamorfosis dari nyamuk cukup cepat.

3. Memanfaatkan Kembali

Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang setiap benda-benda yang tidak lagi terpakai sehingga memiliki nilai fungsi yang baru. Barang bekas yang dibiarkan terbengkalai tentunya akan menjadi peluang bagi nyamuk untuk berkembang biak.

Pada awalnya, poin dari 3M selanjutnya ini adalah mengubur, namun hal tersebut ternyata dapat menimbulkan polusi pada tanah jika mengubur barang-barang tersebut. Karena itu lebih dianjurkan untuk di daur ulang.

Pencegahan DBD dengan 3M Plus

Mengingat prevalensi angka penyakit demam berdarah yang semakin meningkat. Maka dibuatlah peningkatan pencegahan demam berdarah yang sebelumnya hanya terdiri dari 3M, sekarang berganti yaitu dengan nama 3M plus.

Tentunya selain menguras, menutup, dan memanfaatkan kembali, terdapat beberapa cara lainnya yang masuk ke dalam 3M plus, yaitu sebagai berikut:

1. Menaburkan Bubuk Larvasida

Tujuannya untuk membersihkan dan membunuh penyebab demam berdarah pada tempat-tempat yang sulit untuk dijangkau, seperti tempat yang sempit dan kecil. Bubur larvasida akan membunuh nyamuk-nyamuk yang bersarang pada tempat tersebut.

2. Menggunakan Obat Nyamuk

Obat nyamuk berperan penting dalam membunuh nyamuk, pastikan nyamuk benar-benar mati karena jika tidak akan menimbulkan sifat kebal pada obat yang diberikan. Saat ini banyak sekali ditemukan obat nyamuk dengan berbagai merek dan formula dalam membunuh nyamuk.

3. Menggunakan Kelambu Saat Tidur

Kelambu cukup ampuh digunakan, terutama jika memiliki bayi di rumah. Dengan adanya kelambu, nyamuk tidak akan menggigit saat sedang tidur. Walaupun saat ini sudah jarang orang-orang menggunakan kelambu.

4. Memelihara Ikan Pemakan Jentik Nyamuk

Bagi pemilik kolam atau akuarium dengan menambahkan ikan-ikan pemangsa nyamuk, akan membantu mengurangi nyamuk bersarang di rumah. Karena ikan-ikan tersebut akan memakannya.

Contoh ikan yang bisa dipelihara yaitu ikan gupi, ikan sapu-sapu, ikan kepala timah, ikan mas dan ikan cere.

5. Menanam Tanaman Anti Nyamuk

Ternyata ada jenis yang bisa dijadikan untuk mengusir nyamuk karena agar tidak bersarang di rumah. Tanaman tersebut diantaranya, Geranium, Lavender, Marigold dan lainnya, selain mengusir nyamuk juga menambah keindahan rumah.

Demikian berbagai upaya pencegahan demam berdarah 3M yang bisa diterapkan di rumah, agar bisa terhindar dari penyakit demam berdarah serta untuk menjaga kondisi lingkungan yang aman, bersih dan nyaman untuk dihuni.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button